Beberapa Cara Untuk Mencegah Uban Tumbuh Di Usia Muda

August 8, 2016

Cara Untuk Mencegah Uban Tumbuh Di Usia Muda – Rambut putih dan rambut abu-abu atau uban biasanya terjadi pada orang yang sudah tua. Namun , tak sedikit remaja yang mengalami tumbuhnya uban.

(Baca Juga : Ramuan Obat Penumbuh Rambut )

Bahakn frenkuensinya meninngkata pada tingkat yang mengkhawatirkan. Dengan begitu uban tidak lagi memandang faktor, mulai dari laki-laki, remaja hingga anak-anak pun dapat beresiko rambut beruban lebih dini.

Portrait of man

Portrait of man

Premature hair gray atau beruban pada usia muda sebenarnya ialah sebuah proses, dimana sel rambut tidak menghasilkan warna lagi. Uban ini bukanlah penyakit , dikarenakan prosesnya yang alami.

Hal ini karena sintestis jumlah pigmen yang normal mengalami penuruan cepat. Itulah mengapa rambut mereka berubah menjadi putih atau keabu-abuan.

Rambut putih dikenal sebagai tanda menuju usia yang tua. Dengan begitu bagi anda yang beruban di usia muda tentu membuat risih ataupun takut.

belum dipastikan kenapa bisa tumbuh uban di usia muda. Namun faktor dari keturunan dipercaya sebagai faktor terbesar timbulnya uban pada usia muda.
Kebanyakan orang awa, merasa kaget terhadap perubahan fisik rambut yang tak sama dengan orang lain.

Namun tak perlu khawatir, ada beberapa Cara Untuk Mencegah Uban Tumbuh Di Usia Muda. Berikut caranya simaklah . . .

1. Memahami bahwa uban tidak dikarenakan oleh stress

Baca Juga  Penyebab Dan Cara Menghilangkan Rambut Beruban

Kesalampahaman pada masyarakat bahwa uban diakibatkan oleh stress.

Streest action

Streest action

Hal itu tidak ada landasan ilmiahnya sama sekali.Sebaliknya rambut yang beruban dikarenakan oleh sel warna akar rambut berhenti memproduksi pigmen,

misalnya melanin yang berfungsi memberi warna rambut. Namun fakta ini tak menafikan begitu besarnya efek negatif dari stress bagi kesehatan.

2. Periksa potensi munculnya uban

Dalam kondisi tertentu,seseorang yang mengalami perubahan warna rambut jadi putih secara prematur dikarenakan oleh suatu kondisi yang didasari oleh genetik atau autoimun.

Uban pada rambut

Uban pada rambut

Kondisi lainnya, tumbuh uban diusia dini dapat disebabkan penyakit dan kelainan, seperti anemia dan kelainan tiroid atau vitiligo.

Untuk itu bila anda mengalami tumbuh uban di usia dini atau kondisi seperti yang disebutkan. Disarankan anda untuk melakukan konsultasi pada dokter.

3. Konsumsi makanan bergizi

Mencegah timbulnya uban pada usia dini selanjutnya yang bisa anda coba lakukan setiap hari ialah dengan konsisten mengkonsumsi makanan serta minuman yang bernutiris tinggi.

Makanan Bergizi

Ilustrasi Makanan Bergizi

Dengan begitu rambut anda akan mendapatkan nutrisi yang cukup dan dapat mencegah rambut memutih. Dan pastikan makanan yang anda konsumsi kandungan lemaknya rendah.

(Baca Juga : 6 Makanan Yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Mata dan terhindar Dari Penyakit )

Ada banyak yang bisa anda konsumsi mulai dari sayur-sayuran, buah-buahan sampai biji-bijian. Jangan lupa mengkonsumsi air putih yang cukup supaya rambut terhidrasi.

Baca Juga  Penyakit Uci uci - Yuk ketahui Lebih Jauh tentang Penyakit Uci uci

4. Hindarilah produk rambut yang tidak berkualitas
Produk perawatan kesehatan terutama untuk rambut harus di pilih dengan sangat teliti. Bila salah, bukannya mendapatkan produk yang bagus.

(Baca Juga : 10 Makanan Membuat Kulit Bebas Jerawat )

Malah anda hanya mendapat obat perusak yang banyak zat kimia seperti sulfat, fosfat, amonia dan klorin. Diman zat tersebut dapat menyebabkan melemahnya akar rambut lalu menjadi uban.

Untuk itu anda dapat memilih produk herbal karena lebih aman.

5. Memijat kepala

Dengan memijat kepala secara teratur, aliran darah yang berada di bawah kulit kepala dapat terasang . Hal itu dapat membuat rambut anda tumbuh menjadi sehat dan tak beruban di usia muda.

Memijat Kepala

Terapi Memijat Kepala

Anda juga bisa menggunakan beberapa jenis minyak,seperti minyak almond dan minyak kelapa untuk memijat kepala anda. Cara ini juga bisa menjaga lembapan akar rambut anda.

Memiliki uban pada usia muda tentu dapat menhilangkan rasa percaya diri anda. Dengan begitu anda dapat mempraktekan cara di atas sebagai solusinya.

Anda juga disarankan jangan terlalu sering keramas karena dapat manjadikan rambut kepala menjadi kering dan kusam. Demikian artikel Cara Untuk Mencegah Uban Tumbuh Di Usia Muda , semoga bermanfaat . . .

Tags: , , ,

Related to: Beberapa Cara Untuk Mencegah Uban Tumbuh Di Usia Muda