Beginilah 4 Tipe Cara Asuh Orang Tua Yang Wajib di Ketahui

August 2, 2016

Pada masa sekarang ini mengasuh anak bukanlah menjadi sebuah perintah terhadap anak saja tetapi ada beberapa cara yang dilakukan dalam mendukung perkembangan anak menghadapi persaingan kehidupan. Berdasarkan riset yang English Fist ada sekitar empat tipe cara asuh orang tua yang berbeda-beda. Dari keempat tipe asuh tersebut memang tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar karena dalam tujuan membantu anak dalam berkembang dari pihak orang tua sendiri memiliki caranya tersendiri karena setiap anak harus dilakukan pendekatan secara kekeluargaan. Gaya mendidik tersebut juga akan menyeimbangkan karakter sehingga membentuk pribadinya nanti. Berikut ini adalah 4 tipe cara asuh orang tua tersebut.

4 tipe orang tua

4 tipe orang tua

  1. Ambitious Commander
    Gaya asuh yang pertama sudah jelas dari namanya yaitu secara tujuan baik dari visi dan misi anak cenderung berasal dari orang tua. Disinilah letak dominan orang tua dalam setiap pengambilan keputusan untuk mendorong anak tersebut mendapatkan dasar atau keahlian tertentu. Biasanya terdapat perintah doktrin dimana anak harus lebih unggul dari semua aktivitas yang dia lakukan sehingga terlihat sangat kompetitif sekali di sekolah maupun di luar sekolah. Keberhasilan dalam pencapaian tertentu harus terlihat pada anak-anak yang sedang berkompetisi.
  2. Silent Achiever
    Pada gaya asuh satu ini lebih cenderung memberikan lingkungan terhadap anak secara kondusif sehingga menuntunnya dalam perkembangan yang sehat dan tanpa tekanan. Orang tua pada tipe ini lebih cenderung mencari apa yang terbaik yang bisa didapatkan oleh anak tanpa harus mengajaknya untuk berkompetisi. Dari cara ini terlihat sangat membangun sikap dalam mencari minat belajar anak yang tinggi. Dalam pencapaiannya nanti memang tergantung dari anak yang ingin berkembang karena orang tua hanya memberikan ruang untuk berkembang tersebut.
  3. Short-Term Worrier
    Gaya asuh satu ini memang lebih unik dari gaya asuh yang lainnya karena pada pengajarannya diberikan ruang yang bebas untuk perkembangan anak ditambah lagi akan menyediakan pengalaman untuk merasakan jatuh pada anak sehingga perkembangannya akan mempengaruhi emosi pada anak. Pada orang tua ini lebih cenderung membandingkan anak orang lain sebagai tolak ukur dalam peningkatan pembelajaran walau terkadang akan membuat khawatir dirinya sendiri ketika anak mereka tertinggal dari anak orang lain.
  4. Happy-Go Lucky
    Pengasuhan jenis ini memang memberikan kebebasan pada perkembangan anak sehingga terjalin suatu kepercayaan yang sangat besar terhadap anak tersebut. Pada dasarnya gaya asuh ini tidak memberikan rasa khawatir terhadap perkembangan anak mereka hanya membebaskan setiap tantangan yang ada untuk dihadapi anak tersebut sendiri. Dalam hal ini memang orang tua suka dalam membangun hubungan yang kuat sehingga apa yang sedang dialami bisa menjadi bahan cerita dengan orang tuanya. Peran orang tua hanya ingin membantu dan mendukung setiap kebahagiaan dan kenyamanan yang anak butuhkan. Memang anak tidak akan merasa tertekan karena pengaruh orang tua tetapi pada dasarnya nanti anak yang akan lebih tambah dewasa dalam menentukan keputusan dalam hidupnya.
Baca Juga  Penyebab Utama Obesitas Ternyata Karena Ini

Dari sekian banyak tipe cara asuk orang tua terhadap anaknya memang berbeda-beda dan memiliki karakteristiknya sendiri. Untuk perkembangan anak memang orang tua yang lebih paham dan dekat dengan anaknya sehingga jika ada tipe tersebut tidak akan terlihat mana yang benar dan mana yang salah. Dalam era kompetitif seperti sekarang ini memang menjadi tantangan bagi orang tua dan anak dalam menghadapinya tersebut.

Related to: Beginilah 4 Tipe Cara Asuh Orang Tua Yang Wajib di Ketahui