Beginilah Cara Diagnosis Penyakit Kanker Ginjal

April 7, 2016

Kanker ginjal adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh adanya tumor pada kandungan kemih. Kanker ginjal umumnya lebih sering dialami oleh pria  dibandingkan dengan wanita, perbandingannya sekitar 2:1. Tumor jinak yang tumbuh di ginjal tidak memiliki gejala apapun, kecuali jika yang tumbuh di ginjal adalah tumor ganas, maka akan timbul gejala.

Kanker ginjal memiliki gejala yang tidak umum, seperti kencing yang merupakan gejala klinis non system, tubuh menjadi demam tanpa sebab atau alasan apapun, itu merupakan gejala awal dari kanker ginjal. Dan, jika Anda mengalami gejala tessebut, sebaiknya segera ke dokter untuk mendapatkan diganosa yang tepat, serta mengetahui penyebabnya.

Diagnosis Penyakit Kanker Ginjal

Pada umumnya, pihak medis atau rumah sakit akan melakukan langkah-langkah berikut ini untuk melakukan diagnosis kanker ginjal.

1.    Melakukan Pemeriksaan Umum.
Dalam hal ini, yang rutin dilakukan dalam pemeriksaan adalah pemeriksaan urine, melakukan pemeriksaan darah karena jumlah sel darah merah yang berbeda-beda, tetapi urine dalam keadaan yang normal, melakukan tes dari fungsi ginjal, dan pemeriksaan harus dijalani dengan teliti juga lebih lanjut agar dapat menghindari keterlambatan dalam melakukan pengobatan.

2.    Melakukan Pemeriksaan X-Ray.
Penyakit Kanker Ginjal

Dalam pemeriksaan X-Ray dibagi beberapa jenis pemeriksaan yang berdasarkan dari bagian yang diperiksa. Pemeriksaan X-Ray adalah metode yang sangat penting dalam melakukan pemeriksaan tumor ginjal, karena menggunakan peralatan teknlogi yang terus diperbarui, sehingga hasil akurasi dalam pemeriksaan pun semakin meningkat secara signifikan.

Baca Juga  Penyakit AIDS/HIV, Penyebaran, Tes Infeksi dan Penangananya
  • KUB atau Plain Film : merupakan X-Ray film dengan nilai kecil, untuk diagnosis kanker ginjal dengan peran terbatas. Biasanya bayangan ginjal pasien pada lesi film dapat terlihat saat mengalami pembesaran yang tidak teratur, psoas shadow menjadi blur, dengan atau tanpa benjolan sekitar 10% dari tumor ginjal.
  • IVP : Urografi Intravena atau Urografi Retrograd merupakan metode yang paling dasar dalam melakukan diagnosis kanker ginjal.
  • Perut Aorta atau Arteriografi Ginjal merupakan alat yang penting untuk melakukan diagnosis tumor ginjal sejak dini dan diagnosis kualitatif.
  • IVC Angiography : Pada thrombus vena karsinoma terdapat 5%-15% tumbuh sel tumor ginjal, sehingga dalam system kandungan kemih dapat ditemukan arteriografi kontras tumor ginjal yang menyebabkan pelat badan kaku.

3.    Pemeriksaan CT-Scan.
Penyakit Kanker Ginjal

Pemeriksaan CT-Scan merupakan yang utama digunakan dalam melakukan diagnosis tumor ginjal, pemeriksaan ini tidak memberikan pengaruh rasa sakit pada pasien, kista atau tumor yang terdapat pada ginjal menjadi terlihat dengan jelas untuk diidentifikasi, sehingga dapat memiliki tingkat akurasi yang tinggi dalam hasil pemeriksaan.

4.    Pemeriksaan MRI.
Dalam pemeriksaan ini, tumor dan kista yang ada di ginjal dapat terlihat dengan jelas, sehingga mudah untuk teridentifikasi. Jika pada ginjal terdapat benjolan yang terasa saat diraba, sebaiknya melakukan pemeriksaam MRI.

Baca Juga  Langkah - langkah mengobati penyakit jantung secara alami

5.    Pemeriksaan USG.
Merupakan pilihan pertama untuk melakukan pemeriksaan kanker ginjal. Dengan melakukan pemeriksaan ini, antara massa padat dan kista ginjal dapat dibedakan dengan akurat, dapat menunjukkan berbagai kanker ginjal, kanker yang jauh atau tidak berdekatan dengan organ lainnya, seperti hati dan limpam metastasis, sehingga dapat membantu untuk membedakan stadium klinis kanker ginjal. Ketika mendapatkan gejala yang mencurigakan pada seluruh bagian tubuh, maka dapat melakukan pemeriksaan USG.

6.    Pemeriksaan Radionuklida.
Pada pemeriksaan fungsi organ, dapat memahami  pemeriksaan radionuklida merupakan nilai yang penting. Karena pemeriksaan ini dapat digunakan sebagai teknik pencitraan organ, menunjukkan morfologi organ. Pemeriksaan ini lebih sesuai dilakukan oleh pasien yang tidak dapat melakukan pemeriksaan X-Ray.

Seperti yang dihimbau oleh Modern Cancer Hospital Guangzhou, hasil diagnosis yang jelas dalam pemeriksaan, dapat membantu dokter untuk menentukan jenis pengobatan yang tapat dan sesuai untuk pasien. Oleh sebab itu, jika menemukan gejala yang dicurigai, segeralah melakukan pemeriksaan medis untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, agar dapat segera ditangani dengan pengobatan yang tepat pula.

Tags: ,

Related to: Beginilah Cara Diagnosis Penyakit Kanker Ginjal