Beginilah Fakta Mengejutkan Tentang Diabetes di Indonesia

August 17, 2016

Diabetes melitus merupakan penyakit serius yang sering mengancam banyak nyawa. Penderitanya sendiri sudah ada ratusan bahkan jutaan orang saat ini sehingga WHO pun sampai mengakui jika penyakit satu ini memang mengerikan. WHO memberitakan bahwa kurang lebih ada sekitar 422 juta penduduk dunia yang sedang mengidap penyakit ini dan mengakibatkan setidaknya 3.7 orang meninggal dunia setiap tahunnya. Pada bagian Asia Tenggara dinilai memiliki tingkat diabetes yang tinggi karena hampir seperempat dari jumlah tersebut berasal dari Asia Tenggara.

Diabetes di Indonesia

Profesor Nila Moeloek sebagai Menteri Kesehatan mengatakan bahwa di Indonesia penyakit ini juga menjadi ancaman utama masyarakat karena dari lingkungan perkotaan sampai pedesaan pun banyak ditemui orang yang mengidap penyakit diabetes melitus. Dari data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2013 lalu menyebutkan perbedaan pengidap diabetes di kota dan di desa sangat rendah, hanya berkisar tidak sampai 1 persen. Berikut ini akan memberikan informasi terkait kondisi dan pengidap penyakit diabetes melitus saat ini di Indonesia.

Jumlah Pengidap Lebih Dari 9 Juta Orang

Dari Riset (Riskesdas) 2013 setidaknya ada prevalensi pengidap di Indonesia mencapai 6.9 persen sehingga jika ada 250 juta penduduk maka sekitar 9.1 juta penduduk mengidap penyakit satu ini. Diabetes disebabkan karena pola makan yang tidak teratur dan sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis. Pola makan ini akan membawa angka pengidapnya semakin tinggi setiap tahunnya.

Baca Juga  Kenali Bahaya dan Manfaat Sehat Mengkonsumsi Stroberi

Nomor 3 Sebagai Penyakit Mematikan

Pada penderita diabetes lebih mudah terkena komplikasi pada organ tubuh dalamnya sehingga lebih cepat untuk mendatangkan kematian. Peringkat penyakit ini memang pada urutan nomor 3 setelah penyakit stroke dan penyakit jantung. Sederet penyakit mematikan tersebut memang tidak bisa dihindari karena memang bisa mengancam siapa saja yang terkena ancamannya.

Kesadaran yang Belum Tinggi

Angka pengidap penyakit diabetes melitus ini semakin tinggi setiap tahunnya karena juga diakibatkan dari kurangnya kesadaran dan kewaspadaan yang tinggi terhadap penyakit ini. Banyak orang yang masih bersikap biasa saja dalam menghadapi penyakit ini karena tidak ada gejala yang ditimbulkan yang lainnya. dari survei yang disebutkan oleh Kemenkes mengatakan bahwa 2 dari 3 orang pengidap penyakit ini tidak tahu jika dirinya serang terserang penyakit diabetes ini dan tidak melakukan upaya dalam pengobatannya.

Penyakit Paling Ditakuti

Survei dari Sun Life Asia Health Index pada 2015 lalu mengatakan bahwa penyakit diabetes di Indonesia merupakan penyakit yang paling ditakuti. Tingkat yang lebih tinggi dari jantung dan gangguan pernapasan. Dari survei ini memang terlihat pada persentase 37 persen dari diabetes, jantung 31 persen, dan lainnya. Untuk itu perlu kewaspadaan yang tinggi terhadap penyakit ini karena bisa berdampak kematian bagi pengidapnya.

Baca Juga  IDI Menolak Imunisasi Sebelum Adanya Garansi Keamanan Apa Komentar Menkes?

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan wajib untuk diwaspadai. Tentunya dengan menghindari penyebab diabetes melitus akan membantu dalam menanggulangi angka pengidap yang semakin tinggi setiap tahunnya. Beberapa cara yang bisa dilakukan dari berolahraga dan makan makanan yang sehat akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh.

Tidak hanya menyerang pada usia lanjut saja tetapi pada usia muda juga banyak yang terserang penyakit ini. salah satu penyakit mengerikan yang tidak kenal siapa yang dijangkitinya. Beberapa upaya dari pemerintah juga sering dilakukan pada konferensi atau penyuluhan tentang penyakit diabetes. Dengan menghindarinya akan bisa hidup lebih lama dan lebih bermakna.

Tags:

Related to: Beginilah Fakta Mengejutkan Tentang Diabetes di Indonesia