Berbagai 6 Manfaat Kunyit Untuk Mencegah Penyakit Berbahaya

February 16, 2016

Kunyit adalah salah satu rempah yang cukup banyak di Indonesia, bahkan banyak yang menjadikannya sebagai herbal tradisional. Dan kunyit tidak hanya untuk masakkannamun juga bermanfaat untuk kesehatan.

Dan yang sering diketahui oleh masyarakat bahwa kunyit serign digunakan untuk ibu menyusui, ibu hamil dan sebagainya. Selain itu manfaat lain yaitu untuk membersihkan wajah atau menghilangkan flek hitam yang ada pada kulit.

Apa saja kandungan zat pada kunyit? Terdapat beberapa kandungan zat pada kunyit yaitu seperti:

1. Zat warna kurkuminoid
yaitu senyawa diarilheptanoid sekitar 3 – 4 % yang terdiri dari dihidrokurkumin, curcumin, desmetoksikuurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.

2. Mineral
mangan, magnesium besi, kalsium, kalium, natrium, timbale, kobalt, seng, bismuth dan alumunium.

3. Minyak atsiri
terdapat kandungan minyak atsiri sebanyak 2-5% terdiri dari seskuiterpen dan fenilpropana turmeron (alpha turmeron, aril-turmeron, dan beta turmeron), atlanton, kurlon kurkumol, seskuifellandren, bisabolen, aril kurkumen, zingiberin dan humulen.

4. Zat lain
Fruktosa, glukosa, arabinosa, dammar, pati dan tannin

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Sudah banyak yang mengetahui manfaat kunyit bagi kesehatan, karena kandungan nutrisi sehat yang dibutuhkan tubuh manusia.

1. Anti Inflamasi (peradangan)
Terdapat kandungan minyak volatile yang terdapat dalam kunyit yang menunjukkan aktifitas anti-inflamasi yang cukup signifikan.

Baca Juga  Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan

Warna kuning pada kunyit disebut curcumin dan itu dianggap agen farmakologis utama pada kunyit. Hal ini telah terbukti sebanding dengan obat hydrocortisone dan fenibutazon sebagai anti inflamasi seperti Motrin.

2. Rheumatoid Arthritis (peradangan sendi krnonis)
Telah adanya studi klinis yang membuktikan kurkumin pada kunyit juga memberikan efek antioksidan yang sangat kuat.

Dan sebagai antioksidan kurkumin mampu menetralisir radikal bebas, serta bahan kimia yang dapat merusak sel-sel sehat dan membrane sel. Ini sangat penting salah satunya adalah radang sendi.

3. Pencegahan kanker
Antioksidan yang terdapat pada kurkumin memungkinkan untuk melindungi sel-sel usus besar dari radikal bebas yang masuk ke DNA.

Ini bermanfaat bagi usus besar karena pergantian selnya cukup pesat sekitar tiga hari. Karena hal ini mutasi DNA pada sel usus dapat menyebabkan pembentukan sel kanker jauh lebih cepat. Curcumin juga mampu membantu menghancurkan sel-se kanker.

4. Meningkatkan Antioksidan
Kandungan curcumin adalah salah satu antioksidan yang kuat serta dapat menetralkan radikal bebas, itu dikarenakan struktur kimianya yang dimilikinya.

Disamping itu kurkumin dapat meningkatkan aktivitas enzim antioksidan di dalam tubuh. Dengan seperti ini, curcumin dapat memberikan perlawanan / dapat membunuh radikal bebas.

5. Meningkatkan Fungsi Hati
Terdapat penelitian yang telah dilakukan dengan objek studi pada tikus yang dilakukan untuk mengevaluasi efek pada kunit terhadap kemampuan hati untuk mendetoksifikasi xenobiotik (beracun) bahan kimia,

Baca Juga  Fakta Manfaat Jamu Kunyit Asam Bagi Pria Dan Wanita

dua kadar enzim detoksifikasi pada hati sangatlah penting (glutathione-S-transferase dan UDP glucuronyl transferase).

hasilnya terjadi peningkatakan dua enzim tersebut yang diberi makan kunyit kepada tikus dibandingkan dengan yang tidak diberi kunyit. Jadi kunyit dapar meningkatkan system detoksifikasi selain sifat anti-oksidan nya.

6. Mengurangi Resiko Leukimia
Dari hasil penelitian mengenai leukemia yang diadakan di London, memberikan bukti bahwa dengan mengkonsumsi makanan dibumbui dengan kunyit dapat mengurangi resiko terkena leukemia.

Yaitu Prof. Moolky Nagabhushan dari Loyola University Medical Centre, Chicago. Yang telah hampir 20 tahun mendalami studi ini. Melalui studinya ia mengatakan curcumin dalam kunyit dapat:

  • Menghambat radiasi kerusakan pada kromosom
  • Menghambat mutagenisitas hidrokarbon aromatic polisiklik (PAH) yaitu bahan kimia karsinogenik yang diciptakan melalui pembakaran bahan bakar berbasis karbon termasuk asap rokok.
  • Mencegah terbentuknya amina heterosiklik berbahaya, serta senyawa nitroso, senyawa itu terdapat pada makanan olahan tertentu, seperti misalkan produk daging olahan yang terdapat nitrosamine.
  • Mampu menghambat peningkatan sel leukemia dalam sel.

Itulah beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan, cara menggunakannya yaitu dengan memakannya atau mencampurkan dengan masakan lain. Semoga artikel ini membantu

Tags: , ,

Related to: Berbagai 6 Manfaat Kunyit Untuk Mencegah Penyakit Berbahaya