Berbagai Macam Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

January 31, 2016

Manfaat donor darah selain berguna demi keberlangsungan hidup orang banyak, ternyata memiliki manfaat yang lainnya, khususnya bagi mereka pendonor darah. Palang Merah Indonesia (PMI) selaku badan atau organisasi nasional yang bertanggung jawab atas pelaksanaan donor darah di Indonesia, memberikan pernyataan bahwa setiap tetes darah yang didonorkan, akan dapat membantu tiga orang sekaligus. Selain itu, PMI juga mengklaim bahwa seseorang yang rajin mendonorkan darahnya minimal 3 bulan 1 kali, akan jauh lebih sehat ketimbang mereka yang tidak atau belum menjadi pendonor.

Manfaat donor darah tubuh

Manfaat Donor Darah

Banyak isu yang merebak dimasyarakat akan kegiatan donor darah tersebut, seperti akan kekurangan darah, pingsan, ataupun yang lainnya. Namun pada kenyataannya, hal ini sangatlah tidak benar karena kegiatan mendonorkan darah akan memberikan efek positif bagi para pendonornya. Manfaat donor darah tubuh sangat beragam dan berbeda antara tiap-tiap individu. Tetapi, ada manfaat yang hampir semua pendonor merasakannya, yaitu seperti tubuh menjadi bugar, menjadi lebih fresh, dan tentunya lebih bersemangat. Hal ini merupakan imbas dari keadaan psikologis seorang pendonor yang merasa bangga bisa menyelamatkan nyawa sesama manusia.

Baca Juga  Resep Mendapatkan Manfaat Kunyit Putih Untuk Kanker

Manfaat donor darah bagi kesehatan

Apabila berbicara tubuh, maka tidak sah apabila belum membicarakan kesehatan. Manfaat donor darah bagi kesehatan bisa dilihat dari kondisi tubuh yang semakin merasa bugar. Prinsipnya pada saat dilakukan pendonoran, maka volume darah dalam tubuh akan berkurang. Tetapi hal itu hanya dalam waktu beberapa menit saja. Setelah itu, tubuh akan kembali memproduksi darah baru sebagai pengganti darah yang diambil. Dengan kata lain, darah baru akan lebih bersih, lebih sehat ketimbang darah yang lama. Secara tidak langsung tubuh akan lebih sehat dari sebelumnya.

Manfaat donor darah bagi wanita

Dalam kegiatan sosial seperti donor darah, tentunya bisa dilakukan oleh siapa saja, baik laki-lai ataupun wanita. Manfaat donor darah bagi wanita sebenarnya tidak ada perbedaan dengan manfaat yang dirasakan oleh laki-laki. Namun, ada satu keistimewaan bagi wanita yang mendonorkan darahnya ialah pada saat wanita tersebut mengalami datang bulan atau menstruasi, maka rasa sakit yang begitu menyiksa akan sedikit berkurang walaupun pada hari pertama menstruasi. Hal ini dikarenakan dinding rahim telah mendapatkan pasokan darah baru, yang lebih bersih dan lebih sehat, serta mudah untuk meluluh.

Baca Juga  Berbagai Manfaat Daun Jambu Biji
Manfaat donor darah untuk kecantikan

Dan manfaat donor darah untuk kecantikan para wanita ialah sebagai langkah untuk menurunkan berat badan secara cepat tetapi dengan cara yang sangat aman. Masalah proporsi tubuh wanita memang terkenal sangat over protective, sehingga bagi para wanita yang memiliki masalah dengan berat badan, dan telah melakukan berbagai macam cara seperti diet tetapi hasil yang diinginkan belum juga terpenuhi, maka dengan melakukan kegiatan donor darah, badan yang ideal akan terasa dengan hitungan waktu yang sangat cepat dan tentunya aman untuk dilakukan.

Tags: , , , ,

Related to: Berbagai Macam Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan