Berbagai Makanan Berprotein yang Menyehatkan

November 20, 2016

Makanan Protein – Sudah kita ketahui bahwa protein adalah salah satu gizi yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh dan juga menjadi salah satu zat nutrisi yang berguna untuk membuat masa otot. Selain itu protein juga berguna untuk mengatur zat-zat yang ada di dalam tubuh dan menghasilkan hormon-hormon yang berfungsi penting bagi pencernaan. Oleh sebab itu setiap orang harus mengetahui betapa pentingnya protein dalam kesehariannya. Berikut ini daftar makanan yang berprotein tinggi.

Macam macam Makanan Kaya Protein Tinggi

Berbagai Makanan Protein yang Menyehatkan

Telur

Telur dari dulu sudah dijadikan bahan makanan hewani yang kaya dengan kandungan protein selain itu kandungan protein pada telur memiliki kualitas yang sangat tinggi karena mengandung asam amino esensial yang telah mencukupi kebutuhan protein harian yakni pada putih telur berjumlah 3,6 gram dan 2,7 pada kuning telurnya.

Berbagai olahan daging hewan dan ikan.

Makanan berprotein tinggi berikutnya adalah daging tidak ada salahnya jika sekali-kali kita mengonsumsi daging sapi atau kambing dan bisa juga dengan daging ikan karena kandungan makanan protein dalam daging juga cukup tinggi dan sangat di butuhkan dalam masa pertumbuhan anak-anak dalam 100gram daging sapi terdapat kandungan protein sebesar 27 gram sedangkan pada daging kambing terdapat 36 gram per 100 gramnya selain protein daging juga menjadi sumber vitamin B12, selenium, fosfor yang sangat baik untuk kesehatan. Sama dengan daging hewan daging dari ikan pun cukup tinggi protein untuk di konsumsi.

Baca Juga  Tanaman Herbal Penurun Kolesterol Sebagai Alternatif Obat Kolesterol

Olahan dari Kacang Kedelai

Olahan yang terbuat dari kacang kedelai yang sering kita jumpai adalah susu kedelai, dalam segelas susu kedelai terdapat kandungan protein yang sangat tinggi yakni sekitar 29  gram. Selain itu kacang kedelai juga menghasilkan zat phytochemical, saponin dan juga samphyct yang berguna untuk mencegah terjadinya penyakit jantung dan osteoporosis, selain susu olahan kacang kedelai adalah tempe dan tahu yang juga makanan protein tinggi

Kacang-Kacangan

Kacang Kacangan intended for ucwords]

Bahan makanan selanjutnya yang mengandung protein tinggi adalah kacang-kacangan akan tetapi dari berbagai jenis kacang-kacang, kacang almond menjadi pilihan terbaik, itu dikarenakan memiliki kandungan berprotein yang cukup tinggi dalam 100 gram kacang almond terdapat kandungan protein sebesar 21,22 gram, tidak hanya protein kacang almond juga kaya akan vitamin E, vitamin B, serat, mineral, tembaga, mangan, kalium dan kalsium semua kandungan nutrisi ini sangat menyehatkan bagi tubuh terutama kesehatan jantung.

Jenis biji-bijian

Dari berbagai jenis biji-bijian yang dapat dimakan, Biji bunga matahari atau sering disebut dengan kuaci ini juga sangat penting untuk memenuhi kandungan protein harian karena dalam 100 gram biji matahari mengandung protein sebesar 20,78 gram, selain kaya akan protein kuaci juga mengandung karbohidrat dan vitamin lainnya, biji bunga matahari juga sering menjadi bahan makanan dalam program diet.

Baca Juga  Tanaman Penurun Darah Tinggi Inilah Obat Herbal Penderita Darah Tinggi

Penyakit yang ditimbulkan karena kekurangan protein

Marasmus, Penyakit yang ditimbulkan karena kekurangan makanan protein biasanya ditemukan pada bayi. Penyakit ini biasanya terlihat seperti kekurangan gizi atau gizi buruk dikarenakan turunnya berat badan secara drastis yang sangat berbeda dengan berat badan bayi normal pada umumnya. Selain itu ada gejala lain yang timbul seperti diare, kulit keriput, hingga nafsu makan yang menurun.

Cahexia, Jika seseorang mengalami kekurangan protein dapat memicu serangan penyakit cahexia yang dapat mengurangi penurunan berat badan yang berlebih, gagal ginjal, kanker bahkan bisa sampai kematian. Ciri paling mencolok jika terkena penyakit ini adalah menipisnya otot rangka dan kerap mengalami kelelahan meskipun melakukan kegiatan yang terbilang ringan.

Edema, adalah penyakit yang bisa juga disebut dengan retansi air yaitu penyakit kekurangan protein yang sering diderita manusia, penyakit ini mengakibatkan dalam darah tidak terdapat protein maka dapat menyebabkan tekanan darah rendah sehingga mudah lelah, pusing, lemas dan malas beraktivitas.

Nah demikian ulasan tentang makanan protein yang bisa bermanfaat. Dalam memilih sumber bahan makan yang banyak mengandung protein untuk kesehatan tubuh memang sangat penting sekali karena makanan yang mengandung protein sangat berguna untuk pembentukan sel tubuh yang sudah rusak. Selain itu protein juga bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan pada anak-anak dan berguna sebagai pencegah beberapa penyakit.

Tags: , ,

Related to: Berbagai Makanan Berprotein yang Menyehatkan