Berbagai Manfaat Bawang Merah Bagi Manusia

January 26, 2016

Manfaat bawah merah dalam kehidupan manusia memang sangat banyak ragam dan jenis sesuai dengan penggunaannya. Salah satu tanaman umbi-umbian yang memiliki nama latin Allium ascalonicum L di Indonesia terkenal sebagai salah satu bahan pelengkap masakan. Bawang merah biasanya digunakan dalam bumbu-bumbu masakan yang langsung dihaluskan bersama bahan yang lainnya atau juga bisa langsung digoreng. Goreng bawang merah yang paling mudah ditemui biasanya digunakan sebagai pewangi sekaligus penambah rasa bagi telur ceplok ataupun telor dadar. Tapi, tahukah bahwa manfaat dari bawah merah tidak hanya sebagai bumbu atau pelengkap masakan saja.

 manfaat bawang merah untuk kesehatan

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa manfaat bawang merah untuk kesehatan sangatlah beragam. Salah satu contoh mudahnya saja ialah digunakan sebagai penghilang masuk angin. Bawang merah yang dicampur dengan minyak goreng merupakan obat paling ampuh dalam menghilangkan masuk angin. Selain itu juga bawang merah dapat menyembuhkan penyakit sembelit. Hal ini dikarenakan bawang merah sangat baik untuk sistem pencernaan. Selain kedua penyakit diatas, masih banyak jenis penyakit lainnya yang bisa disembuhkan oleh bawang merah.

Baca Juga  Mengungkap Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat bawang merah untuk kecantikan

Selain berguna untuk kesehatan, manfaat bawang merah untuk kecantikan juga sangat baik. Masalah penuaan adalah masalah besar yang sangat ditakuti oleh semua perempuan. Lipatan kulit diarea mata, pipi, dan dahi merupakan efek penuaan usia yang sulit untuk ditolak. Namun dengan sering mengkonsumsi bawang merah yang kaya akan anti-aging, akan mampu memperlambat proses penuaan tersebut. Anti-aging pada bawang merah mampu untuk memproduksi kolagen yang pada prinsipnya secara alami akan terhenti pada seseorang yang sudah berusia diatas 40 tahun.

Manfaat bawang merah untuk wajah

Manfaat bawang merah yang berikutnya ialah untuk kesehatan wajah. Penyakit wajah yang terlepas dari usia seperti jerawat ataupun panu bisa saja dialami apabila kulit wajah tidak dirawat dengan benar. Manfaat bawang merah untuk wajah yang pertama ialah sebagai bahan untuk menghilangkan bekas jerawat. Dengan kandungan anti oksidan yang tinggi, bawang merah mampu untuk meregenerasi sel kulit baru dengan cepat. Anti oksidan juga akan berguna untuk menjaga pH kulit agar terhindar dari bakteri. Dengan tidak adanya bakteri pada permukaan kulit wajah, maka wajah akan terbebas dari penyakit jerawat.

Baca Juga  3 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami Lengkap
Manfaat bawang merah untuk bayi

Selain bermanfaat untuk usia dewasa, ternyata bawang merah juga sangat bermanfaat untuk bayi. Seperti yang diketahui bahwa bayi masih sangat rentan untuk terserang penyakit, karena daya tahan ubuh terhadap serangan penyakit belum cukup kuat. Sehingga, pemberian bawang merah dengan takaran yang sudah ditentukan untuk bayi, maka bayi akan terbebas dari berbagai macam penyakit. Manfaat bawang merah untuk bayi yang paling hebat ialah sebagai pelancar peredaran darah bayi itu sendiri. Hal ini dikarenakan bawang merah mempunyai senyawa zat anti kolesterol.

Tags: , , , , , , ,

Related to: Berbagai Manfaat Bawang Merah Bagi Manusia