Berbagai Manfaat Binahong untuk Tubuh

January 26, 2016

Binahong memiliki nama ilmiah Basella sp. Bagian tumbuhan yang memiliki banyak manfaatnya untuk tubuh yaitu bagian daun binahong. Di Indonesia, daun binahong sudah sejak zaman dahulu terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan. Binahong termasuk dalam tumbuhan yang dapat merambat. Tempat hidup tumbuhan ini ada pada daerah dataran tinggi dan daerah dengan dataran yang rendah. Manfaat binahong banyak digunakan untuk berbagai macam obat herbal yang banyak terdapat dipasaran.

Manfaat Binahong Untuk Kulit

Manfaat Binahong

Manfaat binahong untuk kulit wajah yaitu untuk mengatasi jerawat yang muncul di wajah Anda. Kandungan zat di dalam daun binahong dapat secara efektif membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Cara menggunakan daun binahong untuk mengatasi jerawat yaitu dengan mengoleskan daun binahong yang sudah dihaluskan secara teratur. Penggunaan yang teratur akan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Selain itu, daun binahong akan membuat kulit menjadi halus dan cerah.

Manfaat Binahong Bagi Kesehatan

Manfaat binahong bagi kesehatan juga tidak bisa dipungkiri lagi. Manfaat untuk kesehatan sangatlah beragam. Salah satu manfaat daun binahong untuk kesehatan yaitu mengobati maag. Penyakit ini terjadi karena lambung memproduksi asam lambung yang berlebih. Dengan mengkonsumsi daun binahong, maka asam lambung Anda akan menjadi normal kembali. Selain itu, daun binahong juga bermanfaat untuk antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas pada tubuh Anda. Dengan kandungan antioksidan, maka akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang berbahaya.

Baca Juga  Rahasia Cantik Dengan Manfaat Kunyit Asam

Manfaat Binahong untuk asam urat

Ternyata, daun binahong juga dapat mengatasi asam urat pada tubuh Anda. Asam urat adalah penyakit yang menyerang pada bagian persendian tubuh Anda. Penderita asam urat akan merasakan nyeri yang sangat hebat pada bagian persendian. Hal ini pastinya membuat Anda tidak merasa nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dalam keadaan asam urat yang sudah parah, maka akan terjadi pembengkakan pada sendi. Selain itu juga akan terjadi peradangan pada bagian sendi. Binahong dapat secara aktif mengatasi asam urat pada sendi tubuh Anda. Kandungan zat pada daun binahong akan menetralisir kandungan asam urat yang tinggi pada persendian. Manfaat binahong untuk asam urat dapat dengan mudah Anda dapatkan dengan mengkonsumsi rebusan daun binahong secara rutin.

Binahong juga bermanfaat untuk mengatasi kolesterol jahat pada tubuh Anda. Daun binahong akan menetralisir kandungan kolesterol jahat yang terdapat pada pembuluh darah. Kolesterol pada pembuluh darah akan mengakibatkan adanya plak pada pembuluh darah. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Adanya penyumbatan ini akan mengakibatkan aliran darah menuju jantung menjadi terhambat. Pastinya hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kolesterol tinggi yang dibiarkan saja dapat memicu penyakit lain seperti jantung dan stroke.  Manfaat binahong untuk kolesterol juga sangat mudah untuk Anda dapatkan. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun binahong, Anda bisa membuat kolesterol jahat Anda akan hilang dari tubuh Anda.

Baca Juga  Cara Menghaluskan Kulit Wajah Dengan Masker Daun Pepaya

 

Tags: , , , , , , ,

Related to: Berbagai Manfaat Binahong untuk Tubuh