Berbagai Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Kulit Wajah

November 21, 2016

Memiliki kulit yang sehat dan juga indah adalah dambaan bagi setiap wanita karena dapat membantu menambah kepercayaan diri dan menarik perhatian lawan jenis.

Maka dari itu tak heran jika wanita selalu memperhatikan yang namanya kesehatan kulit dan melakukan berbagai macam perawatan.

Tetapi untuk mendapatkan kulit yang bersih dan juga sehat sebaiknya menggunakan perawatan yang maksimal dangan cara yang benar.

Tak sedikit juga para wanita menggunakan perawatan kulit dengan cara yang ekstrim seperti menggunakan bahan-bahan kimia atau dengan melakukan operasi, tetapi semua itu pasti akan menimbulkan efek samping bagi kulit ke depannya.

Dianjurkan untuk para wanita yang ingin merawat kulit untuk mendapatkan kulit yang sehat dan juga bersih menggunakan bahan-bahan alami karena selain bahan-bahannya yang mudah di dapat, efek samping yang diberikan juga hampir tidak ada.

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kesehatan kulit adalah dengan buah jeruk. Buah jeruk adalah buah yang sering dikonsumsi oleh kebanyakan orang dan sangat digemari, selain itu dengan kita mengkonsumsi buah jeruk kita juga bisa memenuhi vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh.

Maka dari itu dengan mengkonsumsi buah jeruk sangat baik bagi kesehatan tubuh. Ternyata buah jeruk juga bisa merawat kesehatan kulit mulai dari menghaluskan kulit sampai dengan mengatasi kulit berminyak. Dibawah ini adalah manfaat buah jeruk untuk perawatan kulit.

5 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Kulit

Manfaat Buah Jeruk untuk Perawatan Kulit

Manfaat Buah Jeruk untuk Perawatan Kulit

1. Dapat Membersihkan Kulit
Dengan menggunakan buah jeruk secara rutin dan teratur maka dapat membuat kulit kita lebih bersih seperti menghilangkan semua kotoran yang menempel, membantu menghilangkan bekas jerawat yang sulit hilang.

Untuk penggunaannya cukup dengan potong-potong buah jeruk atau bisa dengan dihaluskan menggunakan blender dan buang bijinya, setelah itu jeruk yang sudah halus tadi oleskan ke bagian kulit seperti kulit wajah dan biarkan selama 30 menit setelah itu bisa dibilas dengan air dingin.

2. Membantu untuk Mengecilkan Pori-pori
Merawat kesehatan wajah tidak hanya menggunakan buah jeruk saja tetapi bisa menggunakan kulit jeruk. Ternyata kulit jeruk sangat ampuh untuk membantu mengecilkan pori-pori dengan cara memotong kecil-kecil kulit jeruk dan direndam pada air panas semalaman, kemudian gunakan air tadi untuk membasuh atau mencuci muka saat pagi hari.

3. Membantu Menghaluskan Kulit
Menggunakan air perasan jeruk juga bisa untuk merawat kesehatan kulit dan membuat kulit lebih halus. Caranya mudah cukup dengan peras jeruk sampai mengeluarkan airnya,

Baca Juga  Khasiat Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet dan Kecantikan

kemudian teteskan beberapa tetes air jeruk tadi ke sepotong kapas yang sudah dicelupkan kedalam air dan gunakan untuk mengoleskan ke bagian wajah dan leher. Tunggu beberapa menit setelah itu baru dibeilas dengan air dingin.

4. Dapat Menghaluskan Kulit Kaki dan Tangan
Dengan kita menggunakan jeruk untuk bagian kulit kaki dan tangan maka jeruk tadi bermanfaat sebagai exfoliator kulit mati dibagian kaki dan tangan.

Cukup mudah hanya dengan mengusapkan kulit jeruk dengan cara sedikit ditekan, biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air.

5. Mengatasi Kulit Berminyak
Buah jeruk memang sangat bermanfaat untuk menghilangkan minyak diwajah. Caranya cukup dengan menghaluskan jeruk sampai menjadi halus dan masukkan ke dalam kain halus,

kemudian gunakan kain halus tadi untuk diusapkan kebagian wajah sambil berbaring. Tunggu selama 10 menit sampai mengering lalu gunakan air hangat untuk membersihkan sisa-sisanya.

Manfaat Jeruk Nipis Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis

Masalah wajah yang paling banyak dialami oleh kebanyakan orang adalah jerawat. Jerawat bagi kebanyakan orang merupakan masalah wajah yang sulit diatasi karena jerawat selalu datang kembali dan sulit untuk mengatasinya.

Banyak cara yang dilakukan semua orang untuk mengatasi jerawat yang membandel bahkan sampai menggunakan bahan kosmetik yang harganya sangat mahal.

Selain jerawat yang sulit dihilangkan, bekas jerawat yang ada diwajah juga membekas dan sulit untuk menghilangkannya. Bekas jerawat yang timbul diwajah membuat penampilan menjadi tidak percaya diri karena flek hitam yang ditimbulkan dari bekas jerawat tadi.

Sebaiknya gunakan saja bahan alami untuk mengatasi masalah dari bekas jerawat yang sulit hilang karena jika menggunakan kosmetik yang banyak menggunakan bahan kimia ditakutkan malah dapat merusak kulit wajah.

Salah satu bahan alami yang bisa mengatasi bekas jerawat yang sulit hilang adalah dengan jeruk nipis. Manfaat Jeruk nipis memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan karena di dalam jeruk nipis terkandung vitamin C yang lebih banyak dari pada jenis jeruk lainnya.

Kandungan vitamin C di jeruk nipis ini dapat menjadi antioksidan bagi kulit wajah dan dapat mengatasi beberapa masalah yang timbul diwajah seperti bekas jerawat yang sulit hilang.

Selain itu di dalam jeruk nipis juga terkandung asam amino, asam sitrun, glikosida, asam sitrat, dan vitamin B1 yang bisa menjadi nutrisi yang baik bagi kesehatan dan juga bagi kecantikan tubuh.

Baca Juga  Manfaat kesehatan, Fakta Nutrisi & Penggunaan bawang putih

Dengan menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi bekas jerawat yang sulit hilang secara teratur dan rutin maka bisa dengan cepat dan efektif untuk menghilangkan noda diwajah dan membuat kulit wajah lebih lembap.

Cara Penggunaan Jeruk Nipis
Penggunaan jeruk nipis untuk masalah kecantikan sangat mudah tetapi perlu hati-hati karena jika air perasan dari jeruk nipis tadi masuk kedalam mata maka akan membuat mata menjadi perih dan berbahaya bagi mata. Caranya sangat mudah dan bisa dipraktekkan dirumah.

  • Cuci bersih jeruk nipis dengan air mengalir sebanyak 2-3 buah hingga bersih, setelah dicuci bersih potong atau iris jeruk nipis tadi menjadi beberapa bagian.
  • Peras jeruk nipis yang sudah dipotong tadi sampai mengeluarkan air sarinya dan tampung diwadah atau gelas.
  • Dari air perasan tadi bisa dijadikan dua cara penggunaannya yaitu dengan cara diminum dan dengan cara digunakan sebagai masker wajah. Jika dikonsumsi dengan cara diminum cukup dengan tambahkan perasan jeruk nipis tadi dengan sedikit air dan diminum sehari dua kali. Jika penggunaannya dengan digunakan sebagai masker wajah cukup dengan campurkan air perasan jeruk nipis tadi dengan sedikit madu dan oleskan campuran tadi diwajah saat sebelum tidur dan biarkan semalaman, tetapi sebelum menggunakan masker wajah tadi bersihkan dulu wajah menggunakan sabun muka agar kotoran yang menempel bisa hilang dan jangan sampai mengenai mata saat menggoleskan di bagian wajah.
  • Setelah masker itu dibiarkan semalaman maka pagi hari saat bangun tidur langsung bersihkan dengan air dingin agar pori-pori diwajah dapat terbuka.

Dari cara penggunaan jeruk nipis tadi untuk mengatasi bekas jerawat yang sulit hilang dapat dilakukan dirumah tetapi alangkah baiknya jika mencegah jerawat itu datang dengan mengatur pola makan agar makanan yang kita makan tidak dapat menimbulkan jerawat diwajah.

Selain itu selalu bersihkan wajah setelah beraktivitas diluar ruangan agar kotoran yang menempel diwajah bisa hilang saat dicuci.

Tags: , , , , ,

Related to: Berbagai Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Kulit Wajah