Berbagai Manfaat Buah Rambutan Dan Strawberry Untuk Kesehatan

November 21, 2016

Pada buah rambutan terdapat kandungan zat yang mendatangkan banyak manfaat bagi manusia. Buah rambutan kaya akan karbohidrat. Karbohidrat yang terdapat pada buah rambutan terletak pada daging buah rambutan yang kenyal dan manis. Buah rambutan juga memiliki banyak kandungan protein. Protein tersebut berada pada daging buah rambutan. Protein yang terkandung di dalam buah rambutan dapat dicerna lebih cepat oleh tubuh dibandingkan dengan kandungan protein hewani seperti daging ayam. Protein ini berfungsi untuk menghasilkan sel-sel dan jaringan guna untuk menggantikan jaringan yang sudah mati. Selanjutnya, buah rambutan memiliki banyak kandungan mineral penting yang diserap dari dalam tanah yaitu seperti zat besi, zinc, kalsium, fosfor, magnesium, niacin, antosianin dan potasium. Selain itu, buah rambutan juga memiliki kandungan vitamin A dan C. Kedua vitamin tersebut adalah vitamin yang larut di dalam air. Buah rambutan juga kaya akan serat yang berfungai untuk melancarkan sistem pencernaan.

13 Manfaat Buah Rambutan

buah rambutan

Manfaat buah rambutan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa buah rambutan memiliki banyak khasiat bagi manusia. Pada pembahasan berikut ini akan dijelaskan mengenai 13 manfaat buah rambutan untuk manusia.

 Buah rambutan sebagai pendukung program diet

Khusus bagi Anda yang sedang melakukan program diet, sebaiknya libatkan buah rambutan. Buah rambutan kaya akan kandungan protein dan karbohidrat dengan jumlah kalori yang tidak terlalu tinggi. Dengan kadar kandungan kalori tersebut, buah rambutan dapat Anda jadikan solusi sebagai pengganti makanan berat selama program diet.

Buah rambutan menjaga kesehatan ginjal

Salah satu kandungan yang terdapat di dalam buah rambutan yang dapat menyehatkan ginjal yaitu kandungan air yang terdapat di dalam buah rambutan cukup tinggi. Di dalam 1 kg buah rambutan, minimal terdapat 1,5-2 gelas air dan ini setelah diserap oleh tubuh. Tidak hanya itu saja, buah rambutan merupakan buah yang memiliki fungsi sebagai detoksifikasi. Detoksifikasi buah rambutan menyasar organ ginjal, hal ini dikarenakan metabolisme kandungan air di dalam tubuh yang pastinya akan berakhir pada organ vital tersebut. Selain itu, proses dari detoksifikasi buah rambutan juga dibantu oleh kandungan fosfor yang terbilang cukup tinggi.

Buah rambutan dapat menjaga kesehatan kandungan

Untuk para ibu hamil tidak usah khawatir ketika mengkonsumsi buah rambutan, karena buah rambutan tetap aman untuk tubuh selama tidak dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan vitamin A yang terdapat di dalam buah rambutan mampu menambah stamina serta pembentukan sel darah merah untuk ibu hamil. Dengan demikian, para ibu hamil dapat terhindar dari resiko anemia. Saat sedang hamil biasanya sering mengalami letih, lelah dan lunglai saat kandungannya sudah mulai membesar.

Buah rambutan penyembuh hipertensi

Hipertensi memiliki hubungan yang erat dengan tekanan darah di dalam jantung. Buah rambutan memiliki kandungan magnesium dan potasium yang dapat menstabilkan peredaran darah dari dalam bilik dan juga serambi jantung sebelum memompanya ke seluruh tubuh. Jadi, jika Anda atau ada anggota keluarga yang mengidap hipertensi, sering-seringlah mengkonsumsi buah rambutan.

Buah rambutan sebagai anti diare

Mungkin hal ini berbeda dengan asumsi dasar dari sebagian perawat atau suster yang biasanya ‘mengkambinghitamkan’ buah rambutan sebagai penyebab sakit diare. Anggapan tersebut tentu keliru! Buah rambutan justru dapat melancarkan sistem pencernaan. Jadi, jika ada seorang anak yang sering BAB setelah mengkonsumsi buah rambutan, itu bukanlah penyakit! Hal tersebut merupakan respon dari tubuh sebagai bagian dari metode pengobatan buah rambutan. Buah yang satu ini sangat bagus dalam menjaga kesehatan usus 12 jari dan mampu menetralisirkan lambung dari kadar lemak yang terbilang cukup tinggi.

Buah rambutan anti radang

Biasanya masalah peradangan berawal dari kurang optimalnya organ pencernaan dalam melakukan penyerapan, terutan pada lambung dan usus. Nah, di dalam hal ini, kandungan flavonoid yang terdapat di dalam buah rambutan mampu mempercepat proses penghancuran lemak dan kolesterol yang berada pada dinding lambung dan usus. Jika lambung dan usus sudah disterilkan, maka masalah peradangan akan hilang dengan sendirinya.

Buah rambutan penyembuh kolesterol

Kolesterol jahat merupakan momok menakutkan bagi tubuh. Keberadaan koleterol jahat mampu merusak komponen darah, sel juga jaringan tertentu. Hadirnya kolesterol karena disebabkan oleh metabolisme lemak yang kurang sempurna di dalam lambung. Nah, di sini buah rambutan dapat membantu proses pencernaan lemak menjadi lebih cepat dari biasanya.

Buah rambutan dapat menyehatkan kulit

Buah rambutan memiliki kandungan vitamin A yang dapat memberikan nutrisi untuk sel-sel kulit. Terutama bagi mereka yang mengalami masalah kulit bersisik sangat dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi buah rambutan.

Buah rambutan untum menyehatkan mata

Manfaat buah rambutan selain dapat menyehatkan kulit, tetapi juga dalat menjaga kesehatan mata. Hal ini karena buah rambutan memiliki kandungan vitamin A. Bagi penderita rabun dekat, rabun jauh dan katarak, buah rambutan mampu membantu membersihkan bagian belakang dari kornea jika dikonsumsi pada kadar tertentu.

Baca Juga  Manfaat Buah Kiwi Yang Luar Biasa

Buah rambutan dapat menyembuhkan sariawan

Tejadinya sariawan karena tubuh kekurangan vitamin C. Dan, buah rambutan merupakan salah satu solusi dalam mengatasi sariawan. Karena buah rambutan kaya akan kandungan vitamin C.

Buah rambutan sebagai pencegah kanker

Tidak hanya penyakit ringan saja yang dapat disembuhkan oleh buah rambutan, penyakit berat seperti kanker pun mampu disembuhkan dengan buah rambutan. Hal ini dikarenakan buah rambutan memiliki kandungan Niacin dan Zinc yang dapat mengikat lebih banyak oksigen di dalam darah. Oksigen ini sangat diperlukan dalam proses penyembuhan sel-sel serta jaringan yang diserang oleh kanker. Kandungan vitamin C yang dimiliki buah rambutan mampu menjaga daya tahan tubuh dan mempertahankan jaringan yang belum terserang kanker agar tetap dalam keadaan normal dan sehat.

Buah rambutan dapat menyembuhkan kencing manis

Seiring dengan kemampuannya dalam membersihkan ginjal, buah rambutan juga dapat mencegah dan dapat mengobati penyakit kencing manis. Penyebab awal kencing manis yaitu terjadinya gangguan pada kandungan kemih dalam menyaring darah yang dipenuhi oleh gula. Manfaat buah rambutan dalam hal ini dapat membersihkan cairan limbah juga campuran darah pada dinding ginjal sebelum dikumpulkan di dalam kandung kemih. Untuk mengobati penyakit kencing manis, gunakanlan biji buah rambutan. Siapkan beberapa biji buah rambutan, kemudian diseduh seperti minum teh.

Daun rambutan sebagai obat untuk rambut yang beruban

Untuk para anak muda yang sudah beruban, sebaiknya menerapkan pengobatan dengan daun rambutan.

  • Siapkan beberapa helai daun rambutan, lalu ditumbuk sampai halus.
  • Kemudian diaduk dengan menggunakan air hangat secukupnya.
  • Setelah itu dibalurkan ke seluruh kulit kepala, diamkan selama 20 hingga 30 menit.
  • Lakukan metode pengobatan ini secara teratur sebanyak 1×2 hari selama beberapa minggu.

Sudah banyak orang yang mencoba metode ini dan mereka berhasil menghitamkan kembali rambut yang sudah beruban.

Di balik rasa buahnya yang manis dan kenyal, ternyata buah rambutan memiliki banyak manfaat seperti yang telah diuraikan di atas. Semoga artikel mengenai 13 manfaat buah rambutan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda dalam mengenal buah rambutan dengan segala khasiatnya yang bagus untuk kesehatan.

Buah strawberry atau biasa disebut dalam bahasa Indonesia yaitu buah stroberi adalah salah satu jenis buah yang dapat dikatakan tidak terlalu sering juga mudah untuk kita temui di supermarket maupun di pasar tradisional. Hal ini disebabkan karena buah strawberry tidak mudah untuk hidup dan berkembang di tempat yang sembarangan, tetapi umumnya hanya dapat tumbuh dengan subur di daerah dataran tinggi dan memiliki suhu yang sejuk. Warna dan bentuk buah strawberry yang lucu, cantik dan mania dengan warna merahnya yang merona membuat buah ini memiliki tampilan fisik yang menarik, sehingga sering digunakan sebagai garnish atau pemanis pada berbagai anekan makanan atau minuman penutup.

Manfaat Buah Strawberry

Buah Strawberry

Manfaat Buah Strawberry

Buah strawberry memiliki rasa yang segar, asam dan manis yang sangat unik. Buah strawberry tidak hanya dikonsumsi secara lsngsung saja, buah strawberry juga sering diolah menjadi sirup, es krim, selai, permen bahkan menjadi bagian dari obat-obatan. Buah strawberry memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi di antaranya yaitu A, B, C, B2, B3, B5 , B6, E, K, sodium, kalsium, magnesium, zat besi, potasium, seng, asam folat, antioksidan, dan beta karoten.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin yanf terdapat di dalam buah strawberry membuat buah ini sangat efektif untuk melakukan pencegahan dan mengatasi berbagai penyakit juga dapat membantu memelihara kecantikan kulit Anda.

Berikut ini adalah uraian singkat mengenai 7 manfaat buah strawberry bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Mengatasi gangguan sistem pencernaan

Terjadinya gangguan sistem pencernaan karena mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan kalori, karbohidrat, lemak, dan minyak yang lambat laun sistem pencernaan Anda menjadi terbebani, sehingga menjadi penyebab timbulnya berbagai gangguan kesehatan. Buah strawberry memiliki kandungan serat yang tinggi yang berfungsi untuk mengatasi gangguan pada sistem pencernaan, membuat buang air besar menjadi lancar dan dapat menurunkan kadar gula darah.

Meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah strawberry menjadikannya sebagai antioksidan yang alami juga yang efektif dalam meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubub Anda. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa semua jenis penyakit disebabkan karena menurunnya sistem imunitas dan kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, menjaga sistem kekebalan tubuh itu sangat Anda.

Melindungi kesehatan mata

Kekurangan vitamin dan nutrisi yang berfungsi sebagai pelindung dari radikal bebas adalah penyebab terjadinya gangguan kesehatan mata yang sering terjadi, terutama karena usia yang bertambah membuat setiap orang membutuhkan flavonoid, vitamin C, dan antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas yang merupakan penyebab terjadinya gangguan pada fungsi mata, katarak, dan degenerasi makula.

Baca Juga  Manfaat Buah Naga Merah Dan Putih Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita

Anti kanker dan anti inflamasi

Gabungan antara senyawa kimia seperti vitamin C, folat, fenol, dan flavonoid ternyata dapat menghasilkan sifat anti kanker dan anti inflamasi yang sangat efektif dalam menghambat pembentukan sel-sel kanker juga dapat melawan enzim COX (Cyclooxygenase) yang merupakan penyebab terjadinya inflamasi atau masalah peradangan.

Mencegah gangguan fungsi jantung

Jantung adalah salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh manusia, jika fungsi jantung mengalami gangguan, maka ada beberapa jenis penyakit kronis yang sedang mengancam kesehatan manusia. Buah strawberry memiliki kandungan serat, vitamin C, folat, dan flavonoud (antioksidan) juga rendanya kalori serta lemak sehingga membuat buah ini menjadi sangat efektif dalam mengurangi kolesterol jahat pada darah juga dapat memperkuat otot-otot jantung, sehingga fungsi jantung pun menjadi lebih maksimal.

Meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan nutrisi yang tersimpan di dalam strawberry sepertu kalium, magnesium, dan vitamin K sehingga membuat buah strawberry berfungsi untuk menjaga struktur dan kesehatan tulang.

Memelihara kesehatan otak

Jaringan serta syaraf otak kerap kali mengalami kelemahan seiring pertambahan usia seseorang, sehingga fungsi otak akan terganggu bila tidak dijaga. Antioksidan, vitamin C, dan yodium yang terdapat dalam kandungan strawbeery berfungsi untuk memelihara kesehatan otak.

Manfaat Buah Strawberry Bagi Kecantikan

Setelah Anda mengetahui tentang 7 manfaat buah strawberry bagi kesehatan, pada pembahasan selanjutnya Anda akan mengetahui tentang 7 manfaat buah strawberry bagi kecantikan, berikut uraiannya untuk Anda.

Membersihkan Kulit

Ekstrak dari buah strawberry dapat Anda gunakan sebagai scrub alami untuk membersihkan kulit Anda dengan optimal karena kandungan antioksidan, vitamin C, exfoliant dan asam salisilat yang ada di dalam buah strawberry.

Mengangkat sel-sel kulit mati

Karena kadungan vitamin C, asam salisilat, exfoliant, dan antioksidan yang dimiliki strawberry, sehingga buah ini sangat baik untuk dijadikan sebagai masker wajah yang berfungai untuk mempertahankan keremajaan kulit serta mengangkat sel-sel kulit yang mati.

Membuat Kulit lebih cerah

Selain untuk membersihkan dan meremajakan kulit, kandungan vitamin dan nutris yang terdapat pada buah strawberry juga dapat melindungi kulit terhadap polusi serta paparan sinar ultraviolet, sehingg membuat kulit menjadi terlihat lebih cerah dan putih merona.

Mengatasi jerawat

Buah strawberry memiliki kandungan vitamin C, sehingga membuatnya mampu memproduksi kolagen dalam tubuh dengan alami, di mana kolagen sendiri memiliki peranan yang sangat penting untuk tubuh dalam memperbaiki kulit yang rusak, termasuk masalah jerawat.

Mengencangkan kulit

Manfaat buah strawberry selanjutnya dapat melawan radikan bebas dan racun (toxin), hal ini disebabkan karena buah strawberry memiliki kandungan antioksidan sehingga membuat kulit menjadi halus, kencang serta mencegah kerutan.

Memelihara kesehatan rambut

Manfaat buah strawberry tidak hanya untuk kulit saja, tetapi juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan rambut karena kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat di dalam buah strawberry, membuat buah ini mampu membuat rambut menjadi lebih bersinar dan mengkilap alami.

Mengatasi kulit pecah-pecah pada kaki

Bagi Anda yang mengalami masalah kulit pecah-pecah pada telapak kaki, maka Anda dapat menggunakan buah strawberry sebagai scrub untuk digosokkan lada telapak kaki Anda untuk melepaskan sel-sel kulit yang mati dan kasar yang terdapat pada kaki. Caranya yaitu cukup cuci kaki Anda hingga bersih menggunakan air dingin, kemudian oleskan krim kaki yang terbuat dari buah strawberry yang sudah dibuat menjadi pasta dengan campuran gandum serta tetes gliserin.

Meskipun buah strawberry memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, tetapi sebaiknya buah straberry yang Anda konsumsi dan gunakan yaitu buah strawberry versi organik, hal ini disebabkan karena Dirty Dozen yang setiap tahun mengeluarkan daftar buah dan sayur yang memiliki kandungan pestisida tertinggi, dan ternyata buah strawberry termasuk salah satu buah dengan resiko kandungan pestisida yang tinggi. Selain itu, ada yang perlu Anda pahami yaitu makanan yang memiliki kandungan pestisida dapat memberikan dampak yang kurang baik pada fungsi ginjal.

Buah strawberry memiliki banyak khasiat yang baik kesehatan serta kecantikan manusia, baik dikonsumsi secara langsung maupun diolah terlebih dahulu. Namun sebaiknya segala sesuatu tersebut dikonsumsi atau digunakan secara berlebihan, walaupun mengkonsumsinya sedikit tetapi rutin dan teratur itu lebih baik. Menggunakan cara alami dalam menjaga kesehatan dan kecantikan tidak memiliki efek samping apapun, selain itu juga dapat membuat Anda menjadi hemat.

Semoga penjelasan di atas mengenai manfaat buah strawberry dapat bermanfaat untuk Anda.

Tags: , ,

Related to: Berbagai Manfaat Buah Rambutan Dan Strawberry Untuk Kesehatan