Berikut, 8 Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan Salah Satunya Untuk Asam urat

November 21, 2016

Buah mengkudu adalah salah satu buah yang berasal dari Asia Tenggara. Bentuk buah mengkudu yaitu berbintik dan agak lonjong, selain itu buah mengkudu memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Hasil penelitian para pakar mengatakan, bahwa buah mengkudu dapat dijadikan sebagai obat kanker serta kanker prostat. Biasanya, buah mengkudi diolah menjadi rujak atau jus. Namun, terdapat beberapa orang yang tidak menyukai buah ini, termasuk aromanya. Meskipun bauh mengkudu baunya tidak sedap, tetapi memiliki banyak manfaat. Di seluruh dunia terdapat 80 jenis buah mengkudu, namun hanya ada 20 jenis buah mengkudu yang dapat dikonsumsi, dan sisanya mengandung racun jika dikonsumsi oleh tubuh akan berdampak buruk.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan
Manfaat mengkudu

Selanjutnya yang akan dibahas adalah manfaat buah mengkudu. Apa saja manfaatnya? Birikut penjelasannya.

1)   Dapat menyembuhkan penyakit kuning

Gejala awal dari penyakit kuning adalah kulit keriput, badan menguning, badan lemas, dan berat badan menurun. Para penelit menyatakan, bahwa buah mengkudu dapat menyembuhkan penyakit kuning. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Sediakan 2 buah mengkudu yang telah matang.
  • Lalu buah mengkudu dihaluskan dan diperas.
  • Berikan tambahan madu pada perasan mengkudu.
  • Kemudian aduk hingga rata.
  • Minum sebanyak 3 kali dalam sehari.

2)   Dapat menghaluskan kulit yang bersisik

Bagi wanita yang ingin memiliki kulit yang halus, bersih serta lembab, gunakan buah mengkudu sebagai obat alami. Berikut caranya :

  • Sediakan 2 buah mengkudu, lalu kupas kulitnya .
  • Kemudian buah mengkudu dipotong secara besar.
  • Lalu daging buah mengkudu dioleskan pada bagian kulit yang bersisik atau kering.
  • Biarkan selama kurang lebih 10 menit.
  • Setelah itu bilas bagian yang diolesi daging buah mengkudu menggunakan air hangat.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan metode ini secara teratur.
Baca Juga  Berbagai Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Kulit Wajah

3)   Dapat menyembuhkan sakit ambeien

Daun serta buah mengkudu memiliki banyak manfaat juga khasiat, salah satunya untuk mengobati penyakit ambeien. Berikut cara membuatnya :

  • Buah dan daun mengkudu direbus dengan 2 gelas air.
  • Setelah direbus, sisakan air rebusan 1 gelas saja.
  • Lalu minum air rebusan tersebut dengan teratur.
  • Selain itu, buah mengkudu juga dapat meredakan penyakit ambeien karena buah mengkudu memiliki kandungan serat sehinggga dapat memperlancar sistem pencernaan dan terbebas dari masalah sembelit.

4)   Dapat Mengobati Infeksi

Buah mengkudu memiliki kandungan zat antibakteri. Kandungan zat tersebut dapat melawan bakteri yang terdapat di dalam tubuh serta melindungi tubuh dari masalah dan gangguan infeksi. Selain dapat membunuh bakteri yang mengendap di dalam tubuh, zat antibakteri juga dapat mengontrol bakteri yang berada di dalam tubuh.

5)   Sebagai obat asam urat

Jangan sepelekan penyakit asam urat, karena penyakit asam urat dapat menimbulkan penyakit besar seperti kanker, stroke, jantung dll. Gejala awal dari asam urat adalah kesemutan, terasa kram saat malam hari, kaki terasa dingin, dll. Untuk mengobati asam urat, gunakanlah buah mengkudu. Karena di dalam buah mengkudu terdapat kandungan zat iridoid yang sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat.

6)   Dapat meredakan sakit batuk

Virus dan bakteri yang ada di sekitar kita adalah penyebab terjadinya batuk. Menggunakan buah mengkudu sebagai obat batuk merupakan langkah yang tepat, karena di dalam buah mengkudu terdapat zat antibakteri yang dapat menghilangkan rasa gatal di tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Berikut cara menggunakannya :

  • Sediakan 2 buah mengkudu, lalu direbus.
  • Berikan campuran setengah daun poko atau daun bujanggut.
  • Kemudian direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih.
  • Sisakan hanya 1 gelas saja.
  • Kemudian ambil airnya saja dan minum sebangak 2 kali dalam sehari.
  • Efek awal menggunakan metode ini, rasa gatal pada tenggorokan akan hilang, dengan pemakaian yang rutin batuk pun akan menghilang.
Baca Juga  Manfaat Pare Bagi Kesehatan dan Untuk Diabetes

7)   Sebagai obat penyakit bronkitis

Kandungan antibakteri yang dimiliki buah mengkudu dapat mencegah masuknya bakteri ke dalam paru-paru dan dapat membunuh bakteri yang berada di dalam paru-paru. Dengan mengkonsumsi buah mengkudu secara teratur, maka bakteri akan menghilang dan penyakit bronkitis pun akan sembuh.

8)   Dapat membuat tulang jadi kuat

Di dalam mengkudu terdapat zat asetil, morindone, asam kapril, dan metil yang mampu menguatkan dan membiat tulang menjadi lebih padat juga berisi. Jika tulang padat dan kuat, tentu Anda akan terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis, pengeroposan tulang, dan masih banyak lagi.

Dari banyaknya manfaat buah mengkudu untuk kesehatan, ternyat ibu hamil dan ibu menyusui tidak dianjurkan mengkonsumsi atau menggunkan buah mengkudu. Karena hingga saat ini belum dibuktikan buah mengkudu boleh dikonsumsi wanita hamil dan menyusui. Sebagai pencegahan, maka wanita hamil dan menyusui tidak dianjurkan mengkonsumsi buah mengkudu. Demikianlah penjelasan mengenai manfaat buah mengkudu semoga bermanfaat.

Tags: , , ,

Related to: Berikut, 8 Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan Salah Satunya Untuk Asam urat