Berikut ini 5 Pertolongan Pertama Terkena Serangan Jantung

August 13, 2016

Sebuah fakta mencengangkan diungkap oleh para ahli kesehatan. Penyebab kematian terbesar di dunia saat ini dimiliki oleh penyakit serangan jantung. Penyakit yang kini semakin tak kenal usia ini menjadi momok terbesar bagi masyarakat dunia. Pola hidup yang tak sehat adalah sebab utama dari penyakit ini. Pola hidup serba instanlah yang menjadi penyebab dari banyaknya orang yang terkena serangan jantung, bahkan di usia yang masih sangat muda.

Menurut dokter spesialis jantung di Rumah Sakit Jantung Diagram Cinere, dr Jeffrey Wirlanta, sebenarnya penyakit jantung sangat mudah untuk diatasi. Bahkan cara mengatasinya pun tergolong sederhana dan sepele. Namun karena hanya sedikit saja orang yang tahu maka tingkat kematian akibat serangan jantung pun semakin tinggi. Berikut ini adalah 5 pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi serangan jantung.

serangan jantung

ilustrasi serangan jantung

Pukul dada sekuat tenaga

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan oleh penderita serangan jantung adalah memukul bagian dada sekuat tenaga. Bagian dada yang dipukul adalah bagian tengah atau tulang dada dengan menggunakan bagian bantalan tangan. Jangan memukul di bagian kiri atau kanan. Pukulan di dada ini diharapkan bisa menghentikan generator cadangan yang tengah aktif karena efek dari serangan jantung ini. Dengan berhentinya generator cadangan maka diharap generator utamalah yang akan berfungsi seperti semula sehingga pasien akan terhindar dari kematian.

Baca Juga  Ternyata Inilah Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Jantung

Batuk sekuat tenaga

Jika anda tengah terserang serangan jantung maka hal yang bisa anda lakukan berikutnya adalah dengan batuk sekencang-kencangnya sekuat tenaga anda. Hal yang kelihatan sederhana ini sejatinya sangatlah penting karena bisa menghentikan gangguan irama jantung yang akan menjadi penyebab kematian para penderita serangan jantung hanya dalam hitungan detik.

Mengontrol faktor resiko serangan jantung

Serangan jantung biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yang ada di dalam diri setiap manusia. Mengontrol faktor-faktor seperti kadar kolesterol, tekanan darah, gula darah, berat badan dan lain sebagainya akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Dengan begini serangan jantung pun dapat dihindarkan. Lakukan pengecekan secara rutin agar setiap kemungkinan dapat dicegah sedini mungkin.

Perbaiki pola hidup anda

Hal terpenting berikutnya adalah untuk memperbaiki pola hidup anda sedini mungkin. Jika anda tak pernah olahraga maka anda harus mulai membiasakan diri untuk berolahraga setiap pagi secara teratur. Jika biasanya anda makan junk food maka segera hentikan kebiasaan ini dan gantilah dengan makanan sehat yang banyak mengandung serat pangan seperti sayuran hijau dan juga buah-buahan. Dan yang paling penting adalah kurangi konsumsi gula, garam dan juga lemak karena hal inilah yang akan memperburuk kondisi kesehatan anda.

Baca Juga  Waspadalah Ciri Penyakit Jantung Jangan Anggap Sepele Sebelum Terlambat

Berhenti mengkonsumsi alkohol dan merokok

Langkah berikutnya adalah anda harus berhenti mengkonsumsi alkohol dan juga rokok. Perokok aktif memiliki resiko serangan jantung yang sangat tinggi. Anda harus membiasakan diri untuk berhenti mengkonsumsi dua hal ini. Karena rokok dan alkohol adalah katalis bagi perubahan kolesterol jahat di dalam tubuh menjadi lebih buruk lagi. Kolesterol jahat yang telah berubah ini akan menjadi semakin lengket dan semakin mudah untuk menempel pada dinding pembuluh darah yang akan menjadi penyebab serangan jantung.

Setelah mengetahui apa saja yang bisa anda lakukan untuk menghidari serangan jantung semoga anda bisa menjalankan semua tips ini demi kesehatan anda. Mulai sekarang biasakanlah pola hidup sehat agar anda terhindar dari penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Tags: ,

Related to: Berikut ini 5 Pertolongan Pertama Terkena Serangan Jantung