Berikut ini 6 macam Ciri-ciri dan tanda awal Kehamilan

February 16, 2016

Ciri-ciri awal kehamilan bisa berbeda-beda pada masing-masing orang. Tapi secara umum, orang yang sedang hamil muda atau baru hamil bisa dilihat dan dirasakan. Terkadang para wanita bertanya-tanya, apakah mual dan muntah yang terjadi merupakan tanda awal kehamilan? Memang rasa mual dan muntah bisa menjadi pertanda awal Anda sedang hamil, tapi itu saja tidak cukup. Ada baiknya, Anda juga mengetahui bagaimana ciri-ciri awal kehamilan.

Mengetahui pertanda awal kehamilan sangat penting. Sebab kehamilan merupakan anugrah dari Tuhan agar bisa kita jaga dengan sebaik mungkin. Karenanya, kita harus sejak dini mengetahui terjadinya kehamilan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti terjadi keguguran ketika janin belum kuat. Pada dasarnya, pertanda awal kehamilan juga bisa diketahui oleh orang lain atau orang yang terdekat. Namun seharusnya Anda juga bisa memastikan dengan mengetahui segala macam tandanya.

Tanda awal kehamilan

Ciri-Ciri Awal Kehamilan

Sejak terjadinya pembuahan di dalam rahim kurang lebih 6 hingga 12, c alon janin akan menempel pada dinding rahim. Pada awal menempel janin inilah yang bisa menyebabkan terjadinya bercak kemerahan atau menyebabkan pendarahan, terkadang juga dapat menyebabkan perut kram. Memang tidak semua orang mengalami bercak saat awal kehamilan, namun adanya bercak ini bisa menjadi pertanda bahwa orang tersebut sedang hamil.

Baca Juga  Cara Mengurangi Nyeri Saat Kontraksi dalam Persalinan

Berhenti menstruasi

Ini sudah pasti terjadi, jika Anda sedang hamil maka siklus menstruasi akan berhenti selama kehamilan. Sebab ketika sel telur berhasil dibuahi, maka otomatis tidak diluruhkan seperti saat tidak hamil. Terlambat/berhentinya menstruasi bisa menjadi pertanda awal kehamilan, jika ini sudah terjadi biasanya kita akan memeriksakannya ke dokter atau bidan.

Payudara terasa lebih lembut

Gejala awal kehamilan juga bisa dilihat dari payudara yang terasa lebih lembut. Payudara akan lebih sensitive ketika dipegang maupun diremas, Anda juga akan merasakan teksturnya lebih lembut dari biasanya. Perubahan yang terjadi pada payudara ini terjadi sejak awal kehamilan yaitu mulai dari 7 hingga 14 hari sejak pembuahan.

Lebih mudah lelah

Saat mulai hamil, Anda akan merasakan tenaga yang lebih kecil dari biasanya. Meskipun Anda hanya beraktifitas seperti biasa, namun rasa capek seringkali terasa sehingga Anda sering kelelahan.

Terjadi mual pada pagi hari

Mual saat hamil atau biasa disebut morning sickness memang sudah umum terjadi pada orang hamil. Mual dan mutah ketika pagi hari akan sangat sering terjadi pada minggu ke 2 hingga minggu ke 8 kehamilan. Karena intensitas mual dan muntah yang terlalu sering, terkadang hal ini bisa cukup menganggu. Solusinya Anda bisa konsultasikan ke bidan atau dokter saat Anda memeriksakan kehamilan.

Baca Juga  Tips Cantik dan Sehat saat Hamil

Punggung terasa sakit

Tanda awal kehamilan selanjutnya yaitu berupa punggung yang mendadak terasa sakit. Namun hal tersebut tidak bisa menjadi cirri apakah Anda seang hamil atau tidak. Jika punggung terasa sakit dan dibarengi dengan pertanda lain, bisa dipastikan Anda sedang hamil.

Sering buang air kecil

Hal sepele seperti buang air kecl juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda tengah hamil. Namun jika kehamilan benar terjadi, frekuensi buang air kecil Anda bisa sangat sering. Biasanya ini mulai terjadi pada 6 sampai 8 minggu kehamilan.

Ciri awal kehamilan tersebut bisa Anda pahami. Jika ada beberapa pada tanda-tanda kehamilan tersebut terjadi pada Anda, sebaiknya periksakan pada bidan atau dokter untuk bisa berkonsultasi.

Tags: , ,

Related to: Berikut ini 6 macam Ciri-ciri dan tanda awal Kehamilan