Berikut ini adalah 8 Cara Mengatasi Bibir Pecah dan Kering Dengan Alami

August 2, 2016

Selain menggunakan lip balm untuk membantu bibir agar tetap lembab, saat ini sudah ada banyak bahan-bahan alami yang biasa digunakan sebagai perawatan rumahan untuk merawat bibir yang kering dan juga pecah. Berikut ini adalah cara alami untuk mengatasi bibir yang kering dan pecah yang dapat Anda lakukan di rumah.

bibir pecah pecah dan kering

1. Madu
Madu adalah cairan kental yang diperoleh dari lebah dan memiliki banyak manfaat. Orang yang rutin mengkonsumsi madu lebih tahan terhadap serangan penyakit, karena madu memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Madu memiliki sifat juga cara kerja yang lebih baik dibandingkan dengan lip balm, dan ini adalah bahan alami yang sangat direkomendasikan. Cara menggunakannya, Anda cukup melapisi bibir dengan madu di malam hari saat menjelang tidur. Jika di pagi hari masih lengket, maka bersihkan. Lakukan cara ini berulang kali hingga masalah terkait dapat berhasil diatasi.

2. Minyak Samin
Minyak samin di India biasa disebut Kashmiri, yaitu mentega cair yang terbuat dari lemak hewani seperti sapi, kambing, unta, dan kerbau yang sudah dimurnikan. Minua samin diproduksi secara massal di negara-negara benua India. Biasanya minyak samin ini digunakan sebagai minyak goreng. Penggunaan minyam samin di Indonesia dapat kita lihat pada soto betawi, sop kambing, nasi kebuli, dan pembuatan martabak.
Cara menggunakan minyak samin dalam mengatasi bibir kering dan pecah sama dengan menggunkan madu. Teteskan minyak samin pada kapas atau pada cotton bud, kemudian dioleskan ke bibir sebelum tidur. Lama kelamaan bibir Anda akan menjadi halus dan lembut tanpa menggunakan make up.

3. Kantong Teh Hijau
Di dalam teh hijau terdapat kandungan antioksidan yang tinggi dan memiliki kemampuan 100 kali lebih kuat dibandingkan vitamin C dalam melindungi tubuh dari serangan sel-sel kanker yang dapat tumbuh sewaktu-waktu.

Berkaitan dengan tips mengatasi bibir kering, ternyata kantung teh hijau ini dapat meningkatkan kadar kelembaban pada bibir. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu tempelkan kantung teh hijau pada bibir selama 5 menit. Lakukan tips ini lebih sering setiap hari untuk mengatasi bibir yang kering dan juga pecah.

Baca Juga  Bocah Obesitas Asal Palembang Saat Ini Sedang Koma

4. Jus Lemon
Buah yang satu ini sangat terkenal juga menjadi salah satu bahan favorit yang digunakan dalam mengatasi dan mencegah permasalahan kulit karena lemon kaya akan kandungan vitami C. Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah Anda dapat membuatnya menjadi nus lemon. Dengan menggunakannya secara rutin, kulit akan menjadi lebih halus dan lembut.
Cara Pemakaiannya :

  • Sediakan mangkuk berukuran kecil.
  • Tuangkankan 1 sdt susu bubuk dan beberapa jus lemon.
  • Kemudian diaduk hingga membentuk pasta
  • Lalu taruh di dalam lemari es selama 1 jam.
  • Setelah 1 jam, keluarkan dari lemari es dan terapkan pada bibir sebelum tidur, lakukan cara ini selama tiga bari.
  • Apabila pada hari ketiga sudah tidak lagi terlihat bibir yang kering, itu berarti perawatan yang Anda lakukan berhasil.
  •  Namun jika belum berhasil, maka lanjutkan kembali perawatan tersebut sampai memperoleh hasil terbaik.

5. Air Bunga Mawar dan Gliserin
Larutan bunga mawar serta gliserin adalah kombinasi bahan alami yang dapat membuat kulit menjadi tampak lebih bersinar. Anda bisa mencoba cara ini dengan mengoleskannya secara teratur campuran tersebut pada kulit. Sedangkan untuk merawat bibir yang kering dan pecah-pecah, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Sediakan mangkuk berukuran kecil.
  • Tuangkan air bunga mawar dan gliserin masing-masing sebanyak 1 sendok.
  • Aduklah, dan gunakan ini untuk memoles bibir dan seluruh wajah Anda sebelum menjelang tidur.
  • Setelah digunakan selama semalaman, kemudian bersihkan.
  • Hanya dalam waktu yang singkat, Anda akan melihat sebuah kejutan yaitu berupa kulit wajah dan bibir yang lebih tampak sempurna dari yang sebelumnya.
Baca Juga  Gatal Pada Bayi Berikut ini Cara Mengatasinya

6. Minyak Jojoba
Penduduk Amerika adalah yang pertama kali menemukan khasiat dari minyak jojoba. Minyak jojoba memiliki kandungan antioksidan alami, vitamin E, vitamin B, serta nutrisi yang lainnya yang dapat membantu menyembuhkan luka. Penggunaan minyak jojoba sejauh ini terbukti cukup efektif dalam mengatasi masalah jerawat tanpa mengurangi kelembaban kulit, justru meningkatkan kelembaban kulit.
Cara menggunakannya, Anda dapat mengambil beberapa tetes minyak jojoba lalu dioleskan pada bagian bibir yang kering atau ke seluruh permukaa  bibir agar merata. Kemudian didiamkan selama 15 menit. Jika sudah, lalu bersihkan minyak jojoba dan biarkan mengering dengan sendirinya. Untuk mempercepat pemulihan, gunakanlah cara ini dengan rutin.

7. Timun
Timun memiliki banyak manfaat, seperti dapat mengatasi masalah mata panda. Tidak hanya itu saja, sayuran yang berwarna hijau ini juga dapat digunakan untuk mengompres bibir yang kering dan yang pecah-pecah.
Cara menggunakannya yaitu tumbuk timun sampai halus, lalu dibalurkan pada bibir, kemudian biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas menggunakan air biasa. Lakukanlah cara ini sebanyak dua kali dalam sehari hingga hasilnya terlihat.

8. Scrub Gula
Selain itu, Anda juga bisa menggunakan gula sebagai scrub untuk mengatasi masalah bibir yang kering. Anda cukup mencampurkan gula sebanyak 1/2 sendok teh dengan minyak zaitun sebanyak 2 tetes. Kemudian biarkan selama 5 menit hingga mengering sebelum dicuci dengan menggunaka air biasa. Agar kelembaban kulit menjadi bertambah, Anda bisa menggunakan lip balm supaya bibir Anda menjadi lebih lembut dari sebelumnya.
Demikianlah penjelasan mengenai cara alami dalam mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah. Semoga bisa Anda aplikasikan di rumah.

Tags:

Related to: Berikut ini adalah 8 Cara Mengatasi Bibir Pecah dan Kering Dengan Alami