Berikut ini Adalah Agar ASI Lancar dan Sehat Dengan Menerapkan Pola Makan Ini

August 12, 2016

Nutrisi yang terbaik untuk bayi adalah ASI yang sehat dan sempurna tetapi hal ini bisa menjadi masalah ketika produksi ASI tidak lancar. Ada beberapa hal dalam pola makan sehat yang dapat dilakukan untuk membantu sang ibu memproduksi lebih banyak ASI yang baik untuk bayinya. Keluarnya ASI yang tidak sesuai memang bukan disebabkan karena struktur payudara sang ibu karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Pengaruh stres dan asupan yang tidak sesuai akan membuat keluarnya ASI menjadi tidak lancar.

Dalam memperingati Pekan Menyusui Sedunia maka terdapat tips yang harus dijalankan agar bisa mendapatkan ASI yang dibutuhkan oleh bayi. Bagi ibu hanya melakukan beberapa cara saja yang tidak sulit karena hanya memperbaiki gizi yang tepat agar bisa membentuk struktur ASI yang sempurna.

ASI (air susu Ibu)

Ilustrasi Ibu menyusui

Menambah Asupan Kalori

Pada tahap laktasi sebaiknya menambahkan sekitar 500 Kkal dengan pemberian kalori yang tepat. Tentunya dengan pemilihan jenis makanannya harus lebih bergizi, makanan yang mengandung protein hewani atau nabati, zat besi, vitamin, dan kalsium dapat melancarkan produksi asi tersebut. Bagi ibu yang memiliki masalah pada produksi ASInya bisa mencoba hal ini karena dalam beberapa hari akan bisa meningkatkan produksinya.

Baca Juga  Apa Yang Terjadi ASI Tidak Keluar Setelah Melahirkan Berikut Penjelasannya

Makanan Tinggi Protein

Protein yang berasal dari biji-bijian, kacang, sereal, buah, sayur, dan makanan lain bisa digunakan juga untuk sebagai pola makan yang sesuai. Inilah mengapa saat menyusui tiba disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan tersebut.

Menghindari Minuman Karbonasi

Minuman berkarbonasi dan beralkohol memang tidak baik untuk ibu menyusui karena bisa mempengaruhi fisik serta hasil produksi ASInya. Minuman tersebut bisa diganti dengan beberapa alternatif lain seperti jus yang segar, memperbanyak minum air putih, kelapa muda, dan air jeruk yang dapat meningkatkan absorpsi zat besi dalam tubuh. Beberapa minum tersebut juga dapat menghidrasi tubuh secara cukup setiap harinya.

Sayuran Hijau

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sayur hijau sangat baik dalam memberikan gizi yang seimbang guna membentuk ASI yang sempurna pada ibu. Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kantuk, dan selada juga memiliki banyak antioksidan dan bahan lain yang berguna memenuhi gizi dari bayi. Selain memberikan manfaat kepada bayi, konsumsi sayuran hijau ini juga dapat memberikan nutrisi yang seimbang untuk ibunya sehingga produksi ASI akan meningkat dengan cukup.

Baca Juga  Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Muda

Buah Segar

Pemilihan buah segar dibandingkan dengan buah kering memang lebih tepat karena lebih banyak memberikan nutrisi yang cukup untuk ibu dan bayinya. Pada buah mengandung banyak sekali vitamin dan zat gizi yang baik untuk pertumbuhan bayi tersebut. Ibu bisa mulai mengonsumsi dua gelas jus setiap harinya atau langsung mengonsumsi buah seperti jeruk, strawberry, pisang, dan apel.

Lemak yang Sehat

Ada juga bahan makanan lain yang mengandung lemak yang sehat karena fungsi dari lemak tersebut akan menyerap vitamin A, D, E, dan K. Namun yang wajib diperhatikan adalah tidak semua lemak bisa dikonsumsi secara sehat,hanya lemak yang berasal dari nabati yang bisa diambil dari minyak zaitun, alpukat, dan masih banyak lagi. Ibu bisa mengonsumsinya sebagai bahan masakan atau salad yang enak.

Untuk dapat melancarkan produksi ASI memang membutuhkan cara khusus dalam pola makanan sehat mengingat fungsi ASI sangat penting untuk pertumbuhan bayi. Pemberian ASI yang tepat akan semakin membuat perkembangan dari bayi tersebut semakin sehat. Berikan nutrisi yang sesuai bagi ibu dan bayinya.

Tags:

Related to: Berikut ini Adalah Agar ASI Lancar dan Sehat Dengan Menerapkan Pola Makan Ini