Berikut ini Adalah Makanan Yang Membuat Sumber Sakit Kepala

August 5, 2016

Makanan Yang Membuat Sakit Kepala – Sakit kepala memang sudah biasa dialami beberapa orang namun tahukah anda bahwa sakit kepala bisa bersumber dari apa yang anda makan sehari-hari? Beberapa makanan mengandung zat khusus yang jika dikonsumsi berlebih akan menimbulkan sakit kepala. Banyak orang yang tidak tahu akan hal ini karena makanan dianggap sepele jika sudah melengkapi gizi harian. Tanpa disadari jika mengkonsumsi makanan yang berlebihan dari bahan di bawah ini bisa memicu sakit kepala yang tidak tertahankan. Langsung saja lihat apa saja yang menjadi bahan makana tersebut.

Makana yang membuat sakit kepala

Ilustrasi Sakit Kepala

Keju

Segala jenis olahan keju seperti cheddar, blue cheese, camembert, dan swiss cheese memang dianggap sebagai bahan makanan yang lezat ditambah lagi dengan nilai gizinya akan membantu anda mendapatkan nutrisi yang seimbang. Namun pada keju tersebut memiliki kandungan asam amino tyramine yang bisa berdampak pada sakit kepala. Riset ini sudah diteliti oleh ahli diet Tory Tedrow di Migrain Checked.

Dari perkataan Tedrow tersebut mengatakan bahwa tubuh tidak ada masalah ketika mengolah asam amino tyramine tersebut tetapi jika pada kondisi tubuh kekurangan enzim yang digunakan untuk mencerna asam tersebut bisa berdampak sebaliknya. Asam akan terbawa oleh darah sehingga tekanan darah akan meningkat. Hal ini yang akan memicu terjadinya sakit kepala.

Baca Juga  Gatal Pada Bayi Berikut ini Cara Mengatasinya

Buah Kering

Menurut Athena Kostidis, MD seorang ahli syarat dari Loyola University mengatakan bahwa buah kering lebih banyak mengandung tyramine dibandingkan dengan buah segar. Buah ini akan memicu hal yang sama seperti efek dari keju yang nantinya akan membuat penggunanya menjadi sakit kepala. Beberapa buah yang mengandung banyak zat ini adalah pisang, alpukat, kismis, dan pepaya. Athena juga mengatakan bahwa jika seseorang mengalami sakit kepala sebaiknya segera menghindari buah kering apalagi buah yang mengandung banyak zat tyramine.

Minum Kopi

Bahan makanan selanjutnya yaitu dari minuman kopi yang mengandung banyak kafein. Pada beberapa orang mungkin akan lebih memilih mengurangi rasa sakit kepala dengan kopi. Cara tersebut memang benar karena kopi dapat menghilangkan sakit kepala namun jika anda kelebihan kafein akan menyebabkan sakit kepala yang berlebih. Sebaiknya pada pagi hari minum kopi secukupnya dan pada malam hari lebih baik menghindari kopi untuk alasan kesehatan. Menurut Robert daroff, MD profesor dari Case Western Reserve School of Medicine mengatakan bahwa kafein yang dikonsumsi terlalu banyak malah akan memicu sakit kepala.

Baca Juga  Bocah Obesitas Asal Palembang Saat Ini Sedang Koma

Daging Olahan

Pada daging olahan ternyata juga dapat memicu sakit kepala jika memakannya dengan jumlah yang terlalu banyak. Beberapa daging yang banyak mempengaruhi seperti olahan daging kaleng, daging yang diawetkan, dan masih banyak lagi. Zat yang terdapat dalam daging olahan tersebut seperti nitrit dan nitrat yang berguna sebagai pengawet daging akan berdampak melebarkan pembuluh darah sehingga memicu sakit kepala. Hal ini memang tidak terjadi pada semua orang mengingat daya tahan tubuh tiap orang berbeda-beda.

Dari banyak bahan makanan tesebut memang mudah sekali untuk dijumpai sehari-hari sehingga banyak orang yang tidak sadar jika bahan tersebutlah yang akan berdampak pada sakit kepalanya. Masih banyak bahan makanan lain seperti es krim dan cokelat jika dimakan dalam jumlah yang banyak bisa memicu sakit kepala. Hal sederhana juga bisa anda lakukan untuk menanggulangi sakit kepala yang berlebih seperti minum teh atau pergi ke suatu daerah yang masih alami suasananya.

Tags: ,

Related to: Berikut ini Adalah Makanan Yang Membuat Sumber Sakit Kepala