Berjuta Manfaat Daun Sirih Untuk Tubuh

February 1, 2016

Manfaat daun sirih sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sirih merupakan tanaman yang bisa tumbuh dimana saja, baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Ada dua jenis sirih yang ada yaitu daun sirih merah dan juga daun sirih hijau. Kedua jenis daun sirih ini mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Sudah dari dulu masyarakat Indonesia menggunakan daun sirih sebagai bahan obat tradisional berbagai macam penyakit. Penelitian terakhir menyebutkan bahwa daun sirih baik sirih merah maupun sirih hijau memang mempunyai kandungan yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Gambar daun sirih

Manfaat daun sirih untuk kesehatan sangatlah banyak. Kandungan dalam daun sirih sudah diketahui sejak lama bisa menyembuhkan segala macam penyakit dan juga bisa menghilangkan bakteri jahat pada tubuh. Daun sirih mengandung antibiotik dan juga antiseptik yang sangat tinggi, bahkan dapat membunuh bakteri. Namun perlu diperhatikan, air rebusan daun sirih sangat tidak baik jika dikonsumsi setiap hari. Dalam tubuh terdapat dua bakteri yaitu bakteri baik dan juga bakteri jahat. Air rebusan sirih mengandung antiseptik dan juga antibiotik yang dapat membunuh kedua bakteri, jika bakteri baik dalam tubuh hilang, maka sistem kekebalan tubuh juga akan menurun. Maka dari itu, air rebusan daun sirih hanya baik digunakan untuk obat luar saja.

Baca Juga  Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Mata, Tubuh Dan Kecantikan

Untuk pengobatan luar, daun sirih dapat dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai macam gangguan kesehatan, salah satunya yaitu dapat mengatasi bau badan dan juga bau mulut yang membandel. Berkumur dengan menggunakan air rebusan daun sirih dapat membuat mulut Anda lebih segar dan terhindar dari bau mulut. Selain itu juga dapat digunakan untuk menyembuhkan gusi yang bengkak dan juga mengatasi berbagai gangguan kesehatan yang terjadi di mulut. Bahkan, daun sirih juga dapat digunakan sebagai obat mimisan bagi anak kecil ataupun orang dewasa.

Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita

Selain manfaat yang seperti dijelaskan diatas, kandungan daun sirih juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh wanita. Manfaat daun sirih bagi wanita salah satunya yaitu mengatasi keputihan. Keputihan sering terjadi pada wanita ketika akan haid dan sesudah haid, bahkan ada yang berlangsung sangat lama. Untuk mengatasi keputihan ini, Anda para wanita dapat menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan organ intim. Selain dapat mengatasi keputihan, daun sirih juga dapat membantu organ intim wanita tetap keset dan juga bebas dari bau yang tidak sedap.

Baca Juga  Manfaat Buah Kiwi Yang Luar Biasa

Manfaat Daun Sirih Untuk Jerawat

Masih adalagi manfaat daun sirih yaitu dapat mengobati jerawat. Manfaat daun sirih untuk jerawat ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu meminum air rebusan daun sirih dan juga menjadikan air rebusan daun sirih sebagai air cuci muka. Untuk menghilangkan jerawat disarankan, menggunakan cara yang kedua yaitu menggunakan air rebusan daun sirih untuk cuci muka saja. Jika ingin meminumnya jangan terlalu sering.

Tags: , , ,

Related to: Berjuta Manfaat Daun Sirih Untuk Tubuh