Berpotensi Terkena Diabetes Lebih Banyak Ternyata Ibu Rumah Tangga

August 3, 2016

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang tidak menular namun jika dibiarkan akan berdampak yang buruk bagi kesehatan pengidapnya. Di Indonesia sendiri setiap tahunnya angka pengidap penyakit diabetes terus meningkat. Hal ini diperkuat karena adanya perkembangan teknologi yang sudah semakin maju sehingga gerakan sehari-hari lebih berkurang.

Ibu rumah tangga

Ilustrasi Ibu rumah tangga

Menurut tim ahli di Indonesia, sebagian perempuan di Indonesia yang tidak bekerja beresiko mengidap penyakit diabetes tipe 2 karena hanya sedikit pekerjaan yang mereka kerjakan. Apalagi wanita yang berada di rumah setiap hari yang memiliki aktivitas tidak terlalu banyak, tentu pembakaran kalori dan gula sangat sedikit sekali.

Pada wanita juga memiliki kecenderungan hormonal yang mempengaruhi tingkat resiko diabetes tersebut semakin tinggi. Maka dari itu tim ahli tersebut menghimbau kepada masyarakat agar lebih aktif dalam menjaga kesehatan tubuh karena satu kesalahan yang fatal bisa berakibat hal yang tidak diinginkan. Pada kasus hormonal tersebut banyak terjadi ada wanita yang sudah menginjak masa menopause karena produksi hormon estrogen yang semula melindungi pembuluh darah akan berkurang sehingga penyakit seperti diabetes akan mudah terjangkit secara cepat.

Untuk mencegah penyakit tersebut memang disarankan untuk lebih aktif dalam memberikan pembakaran yang lebih banyak. Bisa dengan lari kecil pagi hari atau menggunakan treadmill. Dari pernyataan tersebut memang sangat menggemparkan karena penyakit diabetes bukanlah penyakit yang bisa disepelekan karena pada jangka panjangnya akan berpengaruh pada kesehatan apalagi bisa berakibat fatal.

Baca Juga  Beginilah Fakta Mengejutkan Tentang Diabetes di Indonesia

Diabetes ini merupakan penumpukan gula yang berlebih pada darah sehingga ketika terjadi luka akan cukup lama dalam menutupnya. Dari berbagai seminar tentang permasalahan diabetes yang sering dihadapi juga sangat perlu karena sebagai bentuk kepedulian untuk mencegah penyakit tersebut untuk datang. Beberapa masalah kesehatan yang diakibatkan oleh diabetes ini adalah komplikasi sampai serangan jantung dadakan.

Tentu setiap orang tidak ingin mengalami hal tersebut, itulah mengapa jika Anda termasuk dari ibu rumah tangga tersebut untuk memberikan aktivitas yang lebih sebagai bentuk kesehataan diri Anda. Kasus diabetes itu sendiri sudah sangat tinggi karena setidaknya ada banyak orang yang meninggal akibat pengaruh dari komplikasi. Selain menambah aktivitas, Anda juga bisa mengatur pola makanan yang akan Anda makan karena asupan merupakan salah satu dari penyebab timbulnya diabetes.

Jika Anda mengalami diabetes yang masih tinggi sebaiknya segera pergi untuk berobat atau mulai mengatur pola hidup sehat Anda. Jika terlambat saja dalam penanganannya akan lebih sulit lagi untuk menyembuhkan Anda. Pakar ahli dari program PDCI, DR. Dr. Em Yunir, SP.PD-KEMD mengatakan bahwa peluang besar tersebut bisa mengincar siapa saja yang memiliki aktivitas yang kurang sehingga tidak hanya ibu rumah tangga saja yang berpotensi mudah terkena penyakit tersebut.

Baca Juga  Program Dokter Kecil Mahir Gizi 2016 Resmi Dibuka

Dari sini Anda bisa mulai untuk menentukan pola hidup yang sehat karena dengan pola yang sehat akan menambah umur semakin panjang untuk kehidupan selanjutnya. Beberapa cara alternatif sudah bisa Anda gunakan seperti olahraga yang cukup, menghindari tidur terlalu lama, mengurangi porsi makanan bergula, dan masih banyak lagi. Beberapa sayur dan buah bisa membantu Anda dalam mendapatkan tubuh yang sehat.

Mungkin dari Anda tidak bisa melakukannya secara rutin tetapi lebih baik mencoba dengan sulit dan mendapatkan hasil yang diinginkan dibandingkan hanya berdiam diri saja di rumah tanpa ada usaha untuk merubah hidup sehat.

Tags:

Related to: Berpotensi Terkena Diabetes Lebih Banyak Ternyata Ibu Rumah Tangga