Bersin di Pagi Hari Karena Alergi atau Penyebab Lainnya

Bersin di Pagi Hari Karena Alergi atau Penyebab Lainnya

January 6, 2017

Bagi sebagian orang, bersin di pagi hari kadang menjadi sebuah rutinitas dalam mengawali hari, lalu bagaimana jika bersin tersebut dilakukan lebih dari lima kali? Tentu ada hal tidak beres yang sedang terjadi. Menurut ilmu kedokteran sendiri ada banyak penyebab yang dapat membuat seseorang bersin di pagi hari sampai lebih dari tiga kali, bisa karena bakteri yang masuk, debu, kuman, dan pengaruh lainnya. Secara alami tubuh akan melakukan penjagaan diri dengan menolak benda asing yang masuk ke dalam tubuh melalui bersin tersebut.

Beberapa bagian tubuh manusia juga sudah dirancang lengkap dengan antibodinya sehingga akan bekerja langsung jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan masuk. Maka dari itu bentuk penolakan pada pagi hari ini adalah bersin lebih dari 3 kali sampai 5 kali lebih. Kadang beberapa orang mengalami masalah alergi di mana terlalu sensitif terhadap bahan tertentu misalkan asap rokok, bulu hewan, polen, dan polusi. Hal ini akan diturunkan dari generasi ke generasi yang akan membuat generasi selanjutnya semakin riskan terhadap masalah gangguan yang sama.

Penyebab Bersin di Pagi Hari Karena Alergi

bersin di pagi hari

Zat alergi tersebut akan masuk melalui hidung yang kemudian akan menghasilkan peradangan kecil pada hidung bagian dalam yang akan berdampak pada efek bersin-bersin, hidung gatal, dan ingus yang berlebihan. Jika dibiarkan akan berdampak buruk karena pengaruhnya akan menyerang peradangan di tenggorokkan juga. Dampak terburuk terjadinya peradangan tersebut adalah sesak nafas yang berlebihan yang bisa menimbulkan kematian jika sudah tidak tertolong. Bagi seseorang yang mengidap penyakit asma memang bisa terjadi hal seperti ini, misalkan menghirup zat alergi kemudian akan langsung berkontraksi pada peradangan tenggorokkan hingga sesak napas.

Kadang alergi ini disebabkan tidak dari kuman atau bakteri namun kutu debu atau masalah kebersihan lingkungan tempat Anda bersin. Yang perlu diwaspadai adalah kutu debu yang ukurannya sangat kecil sekali dan jika terhirup akan menimbulkan dampak yang berbahaya. Kutu debu ini banyak ditemukan pada kasur yang usang, gorden, dan beberapa perabotan lain yang jarang dibersihkan. Itulah mengapa sangat penting sekali menjaga kebersihan rumah dan peralatan untuk tidur agar tidak mudah terserang masalah alergi tersebut.

bersin di pagi hari

Untuk mengatasi bersin pada pagi hari yang berlebihan cukup sederhana yaitu dengan menjemur bantal dan guling pada terik matahari, sering rajin mengganti sarung bantal, dan rutin membersihkan bagian kamar dan ruangan di rumah. Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner atau AC dengan filter HPAA yang bisa berguna mengurangi jumlah alergen yang ada di udara dan perabot rumah. Selain itu bisa memberikan desinfektan pada perabot dan tempat tidur agar tidak dijadikan sebagai sarang kutu atau tungau tersebut.

Bersin pagi hari memang wajar namun jika dilakukan secara berulang tetap harus waspada. Pada kenyataannya di sekitar kita ada banyak sekali faktor alergen yang dapat membuat alergi pada tubuh beberapa individu. Dengan rajin membersihkan lingkungan rumah Anda sendiri juga akan membantu mendapatkan lingkungan yang sehat dan kondusif. Biasanya bersin pada pagi hari juga bisa menjadi pertanda datangnya penyakit yang masuk ke dalam tubuh manusia, entah dari flu atau batuk yang menyerang.

Itulah beberapa informasi yang bisa didapatkan dari bersin di pagi hari dan penyebabnya. Langkah antisipasi terhadap hal yang tidak diinginkan memang perlu dilakukan agar terhindar dari masalah penyakit yang menyerang. Tidak hanya berguna bagi Anda sendiri namun juga bisa berguna bagi orang lain, semoga bisa bermanfaat.

 

Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
Tags:

Related to: Bersin di Pagi Hari Karena Alergi atau Penyebab Lainnya