BPJS Palsu Polisi Tangkap Pelaku di Cimahi Jawa Barat

August 2, 2016

Lagi, Jajaran Polres Cimahi menangkap satu tersangka kasus pemalsuan kartu BPJS Kesehatan.

Kali ini pelaku berinisial US yang ditangkap di kediamannya di Desa Kertajaya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada Rabu, 27/7/2016 kemarin.

1230362IMG-20160728-121800780x390

Upaya penangkapan US kembali menambah daftar tersangka kasus pemalsuan kartu BPJS menjadi dua orang, karena sebelumnya pada hari senin polisi telah menangkap Ana Sumarna di kediamannya di Kelurahan Cimahi, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi Jawa Barat.

Komplotan ini tergabung dalam sebuah lembaga swadaya masyarakat Rumah Peduli Dhuafa (RPD) yang berlokasi di Jalan Sangkuriang no 108 Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

Dari penjelasan Kapolres Cimahi Ajun Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi menjelaskan, US memiliki peran sebagai koordinator yayasan RPD untuk wilayah Bandung Barat.

“Peran tersangka baru ialah coordinator di daerah Bandung Barat yang memiliki tugas untuk menawarkan BPJS palsu ke masyarakat,” ucap Ade ketika ditemui di Markas Polres Cimahi, pada hari Kamis, 28/7/2016.

Baca Juga  Fakta Anak Anak Berusia 2 Hingga 10 Tahun Rawan Kekurangan Gizi

Ade menjelaskan, kepada para korban, pelaku menjanjikan dapat membuat kartu BPJS yang akan berlaku seumur hidup tanpa harus membayar premi setiap bulannya.

“Modus yang digunakan sama, yaitu mereka menawarkan pertama kartu BPJS, lalu para tersangka melakukan pendaftaran secara online di website BPJS,” ungkapnya.

Dia menambahkan, ada kemungkinan bertambahnya tersangka mengingat jaringan komplotan ini telah beroperasi di beberapa wilayah di Bandung Barat dan Kota Cimahi. Menurutnya sekarang ini polisi masih mencari jejak rekan tersangka lainnya.

“Ada beberapa yang membantu tersangka, sedang kita lakukan pendalaman terhadap tersangka seperti apa dan pertanggungjawaban pidananya seperti apa,” jelasnya.

Tags:

Related to: BPJS Palsu Polisi Tangkap Pelaku di Cimahi Jawa Barat