Buah Penurun Kolesterol Paling Cepat

November 21, 2016

Buah Penurun Kolesterol Paling Cepat  – Sekarang ini banyak sekali orang yang menderita kolesterol atau lebih tepatnya memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi.

Perlu anda ketahui, kadar kolesterol yang melebihi batas normal sangat tidak baik bagi kesehatan karena dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah arteri.

Ketika pembuluh darah tersebut tersumbat maka yang akan terjadi adalah serangan jantung tiba-tiba ataupun stroke.

(Baca Juga : buah Penurun Kolesterol ini sudah terbukti menurunkan kolesterol berdasarkan penelitian )

Oleh karena itu, jika anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi segeralah mengkonsumsi buah yang dapat menurunkan kolesterol. Berikut adalah kedua buah penurun kolesterol yang paling efektif.

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis memang tidak terlalu banyak di konsumsi secara langsung. Biasanya jeruk nipis banyak digunakan untuk campuran minuman hangat maupun dingin dan juga sebagai campuran dalam makanan atau dalam masakan.

jeruk nipis

jeruk nipis

 

jeruk nipis lemon

jeruk nipis lemon

Di dalam jeruk nipis banyak sekali mengandung senyawa flavonid. Senyawa tersebut adalah senyawa yang berkhasiat untuk menghambat produksi kolesterol LDL.

Jika produksi LDL dapat dihambat maka otomatis resiko serangan jantung dapat dikurangi. Senyawa tersebut tidak hanya ditemukan di dalam jeruk nipis tetapi buah-buah lain juga banyak mengandung senyawa tersebut antara lain adalah kedelai, delima, teh, brokoli, tomat, serta bawang bombai dan bawang merah.

Jeruk nipis bisa di konsumsi setiap hari tanpa mengkhawatirkan membuat lambung jadi perih. Untuk mengkonsumsi jeruk nipis cukup dengan 1-2 buah jeruk nipis untuk 1 hari.

Baca Juga  Inilah Manfaat Vaksin Anti Kanker Serviks Yang Wajib Diketahui

Caranya mudah untuk mengkonsumsi jeruk nipis cukup dengan mengiris tipis jeruk nipis tadi setelah itu masukan ke dalam gelas atau botol sebanyak 2-3 irisan jeruk nipis. Tuangkan air panas kedalam gelas.

Tunggu hingga 30 menit hingga tidak terlalu panas, lalu minum air jeruk nipis tersebut sampai habis. Untuk mengkonsumsinya di anjurkan untuk diminum setiap hari yaitu dua kali dalam sehari saat pagi sebelum aktifitas dan sore saat mau istirahat untuk hasil yang maksimal.

(Baca Juga : Tumbuhan Obat Tradisional Kolesterol Tinggi Daun Salam )

  1. Jambu merah

Dari sekian banyak jenis jenis jambu yang ada tetapi jambu yang bisa menurunkan kadar kolesterol adalah jambu merah.

Kita sering melihat di kehidupan sehari-hari jambu merah salah satu buah yang mudah untuk diolah salah satu olahan jambu merah adalah dengan di jus.

Jus Jambu Merah

Jus Jambu Merah

Khasiat jambu merah tidak hanya berguna untuk menurunkan kadar kelosterol tetapi juga berkhasiat untuk asupan yang baik untuk penderita demam berdarah karena jika mengkonsumsi jambu merah atau jus jambu merah dapat menambah sel darah merah yang hilang.

Banyak sekali khasiat yang terdapat di dalam jambu merah. Seperti bahsan yang kita bahas di atas salah satu khasiat jambu merah adalah menurunkan kadar kolesterol karena di dalam jambu merah mengandung banyak vitamin dan senyawa baik seperti senyawa flavonoid.

Baca Juga  Manfaat Buah Pinang Bagi Kesehatan Pria Dan Wanita

Vitamin yang terkandung di dalam jambu merah adalah vitamin C dan E. Di dalam jambu merah juga terkandung karotenoid dan selenium.

Penelitian mengatakan bahwa senyawa flavonoid atau yang disebut dengan antioksidan flavonoid dapat menurunkan trigliserida dan juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Banyak penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi jus jambu merah secara rutin selama 2 bulan dengan dosis yang terukur mampu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 52,64% dari total kadar kolesterol dan dapat menurunkan 82,23% LDL.

Jadi, pada dasarnya khasiat jambu merah sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh dan khasiat jambu merah tidak kalah dengan 3,6 mg simyastatin per kg bobot tubuh.

(Baca Juga : 9 manfaat jambu biji merah yang jarang diketahui )

Jambu merah memang banyak mengandung senyawa-senyawa yang baik untuk tubuh jika di konsumsinya, jambu merah juga banyak mengandung senyawa likopen tetapi kandungan likopen dalam jambu merah tidak sebanyak kandungan likopen didalam buah tomat.

Tags: , , , ,

Related to: Buah Penurun Kolesterol Paling Cepat