Cara Ampuh Mengobati Kapalan Secara Alami Dengan Obat Tradisional

February 15, 2016

Terdapat masalah pada kulit yang sering dialami oleh setiap orang yaitu kapalan atau bahasa lainnya yaitu Calluses. Untuk dapat mengatasi masalah penyakit ini kita dapat mengobatinya dengan secara alami dan tradisional.

Jika kita melihat bagian kulit pada kaki yang menebal, itulah kapalan. Selain pada bagian kulit kaki, bagian lainnya seperti telapak tangan dan jari-jari juga sering mengalami kapalan.

Kapalan sebetulnya bukan penyakit yang berbahaya, namun kapalan seringkali mengganggu seseorang dari segi penampilan.

Cara Ampuh Mengobati Kapalan Secara Alami Dengan Obat Tradisional

Cara Ampuh Mengobati Kapalan Secara Alami Dengan Obat Tradisional

Hal itu dapat membuat diri anda kurang percaya diri. Kapalan dapat diobati dengan beberapa cara, jika anda menginginkan kulit anda kembali seperti semula.

Cara Mengobati Kapalan Secara Alami dan Tradisional

Sebelum kita membahas mengenai cara mengobati kapalan, ada baiknya kita mengetahui penyebab munculnya penyakit kapalan ini. Penyebab terjadinya kapalan karena terjadinya gesekan yang berlebih, hal itulah yang menyebabkan kulit mengeras dan menebal.

Gesekan yang dimaksud dapat berupa gesekan karena menggunakan sepatu yang terlalu sempit, atau menggunakan sepatu berhak tinggi atau mungkin aktifitas yang terlalu berlebih sehingga menimbulkan tekanan pada kaki anda.

Kapalan memang bukan merupakan penyakit yang berbahaya, namun kapalan jika dibiarkan akan menyebabkan rasa sakit dan infeksi pada kulit anda.

Baca Juga  10 Makanan Penurun Kolesterol Untuk Menjaga Kesehatan

Anda dapat mencegah terjadinya kapalan dengan menggunakan kaos kaki ketika bersepatu, mengenakan sepatu yang lebih nyaman, serta jangan lupa memakai bantalan pada sepatu anda.

Cara Ampuh Mengobati Kapalan Secara Alami dan Tradisional

Bagaimakah cara mengobati kapalan secara tradisiona, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkapnya.

1. Cengkeh dan Lemon

Kombinasi antara cengkeh dan lemon dapat menjadi obat alami untuk mengikis kulit kapalan. Cara yang digunakan sangatlah mudah yaitu dengan mencampur air lemon dan cengkeh dalam waktu sekitar 15 menit.

Setelah itu keluarkan daun cengkehnya dan gunakanlah airnya untuk mengolesi bagian kulit yang kapalan. Anda dapat melakukannya beberapa kali dalam sehari.

2. Bawang Putih dan Cuka

Ramuan penyebuh kapalan lainnya adalah racikan antara bawang putih dan cuka dengan cara mencampurnya menggunakan air.

Tempatkan campuran bawang putih dan cuka pada wadah yang berisi air, kemudian tempatkan ke tempat yang tersorot sinar matahari, kemudian anda guankan cairan tersebut pada kulit kapalan anda sebelum tidur. Itu akan mengikis kapalan anda secara perlahan-lahan.

3. Vitamin A atau Vitamin E

Penyakit kapalan dapat dikikis dengan menggunakan vitamin A atau vitamin E. Oleskan vitamin A atau vitamin E kepada kulit yang kapalan kemudian diamkan jika perlu biarkan dan gunakan kaos kaki. Vitamin itu dapat melunakkan kulit kapalan menjadai terkikis dan hilang.

Baca Juga  Obat Tipes Tradisional Mengunakan 5 Bahan Alami

4. Lemon

Lemon dapat digunakan untuk menghilangkan kapalan, selain airnya yang dapat digunakan, kulit lemon pun dapat juga diguanakan dengan cara mengoleskan dan membiarkan beberapa saat pada kulit kapalan. Jika anda khawatir akan jatuh, anda dapat balutnya dengan menggunakan plester.

5. Baking Soda

Ternyata baking soda mampu membantu menghilangkan kapalan pada kulit. Cara yang dilakukan cukup mudah, yaitu dengan mencampur air hangat dengan baking soda, kemudian anda dapat gunakan untuk merendam kaki anda selama kurang lebih 15 menit. Hal itu akan mengikis kulit anda yang kapalan sehingga dapat mengikisnya hingga hilang.

Itulah beberapa cara dan ramuan alami yang dapat diguanakan untuk mengatasi kapalan pada kulit. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Tags: , , ,

Related to: Cara Ampuh Mengobati Kapalan Secara Alami Dengan Obat Tradisional