Cara Ampuh Untuk Mengatasi Insomina Secara Alami

December 26, 2015

Mengatasi insomina secara alami – Susah tidur disebut juga dengan insomnia yang banyak dialami orang masyarakat pada umumnya. Kondisi yang seperti ini bila dibiarkan terus-terusan bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda.

mengatasi insomina secara alami

mengatasi insomina secara alami

Orang yang sering stress kemungkinan besar bisa terkena insomnia. Selain itu, penyebab insomnia paling banyak ialah dikarenakn adanya suatu jenis penyakit yang sedang menyerang,

atau insomnia yang disebabkan oleh masalah psikologis. Untuk Pengobatan insomnia secara medis dapat dilakukan dengan beberapa jenis terapi, seperti  dengan terapi kognitif. Daripada itu, insomnia juga dapat diatasi dengan cara alami yang sudah terbukti efektif.

Berikut ini ini cara mengatasi insomina secara alami yang bisa anda coba

Hindari Kafein
Menghindari kafein, khususnya yang terkandung yang ada dalam kopi sangat efektif   mengatasi rasa kantuk Maka hindarilah agar susah tidur yang dialami bisa teratasi.

Selain pada kopi, kafein ternyata juga terkandung dalam teh, cokelat dan minuman soda. Cobalah sebisa mungkin menghindari kafein.

Jangan Menonton TV dan Online Sebelum Tidur
Dengan menonton TV atau juga mengakses internet untuk online membuat kerja otak bisa menjadi lebih aktif. Bekerjanya otak membuat rasa kantuk akan hilang sehinggabisa berakibat susah tidur.Untuk itu tinggalkan kebiasan tersebut agar anda bisa tidur dengan nyeyak

Rajin Olahraga
Olahraga ialah aktifitas yang bisa membuat fisik kita bergerak secara keseluruhan, yang tentu saja dapat membuat kita merasa lelah. bila rutin berolahraga, maka fisik kita akan terbiasa dengan kondisi dimana kita membutuhkan waktu untuk beristirahat dan tidur.

Baca Juga  Manfaat Tidur Cukup Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

(Baca Juga : Manfaat Olahraga Yang Luar biasa untuk tubuh anda )

Dengan begitu anda harus rajin Olahraga agar tubuh menjadi lelah dan akhrinya butuh istriahat dan tidur dengan lelap.

Mengatur Pola Makan
Cara mengatasi insomnia secara alami lainnya ialah dengan mengatur pola makan yang baik. Langkah pertama di mulai jangan makan berat 3-4 jam sebelum tidur.

Karena bisa menurunkan relaksasi pikiran Anda. Langkah kedua ialah dengan konsumsi makanan yang mengandung triptofan seperti ayam, pisang, ikan dan makanan lainnya.

Pada tubuh, triptofan akan diubah menjadi senyawa serotonin yang bisa membuat relaks dan mengantuk. Langkah ketiga yaitu dengan minum susu yang tidak terlalu manis sebelum tidur anda.

(Baca Juga : 6 Makanan Yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Mata dan Terhindar Dari Penyakit )

Kandungan karbohidrat pada susu bisa membantu proses masuknya triptofan ke dalam otak. bila anda bisa mengatur pola makan ini dengan baik maka otomatis insomnia anda akan hilang

Melakukan Teknik Relaksasi
Melakukan teknik relaksasi sudah terbukti efektif sebagai cara mengatasi insomnia yang dikarenakan oleh faktor psikologis.

Contoh relaksasi yang dapat anda coba untuk mengatasi susah tidur ialah dengan cara duduk dengan kedua kaki disilangkan, lalu sambil mata tertutup tariklah napas yang dalam dengan melibatkan otot dada, perut punggung bawah dan tulang iga.

Baca Juga  Cara Mencegah Obesitas Dengan Makan Secara Teratur

(Baca Juga : 12 Makanan Enak Dapat Mengatasi Penderita Insomnia)

Setelah itu ambillah napas yang lebih dalam setiap kali penarikan napas. Ambillah napas melalui hidung dan buang udara sisa melalui mulut anda.

Teknik relaksasi ini memang sederhana, namun bila anda melakukan cara ini secara rutin, maka akan membantu anda mendapatkan kualitas tidur yang baik sehingga terhindar dari insomnia.

Membuat Jadwal Tidur
Mengatur jadwal tidur menjadi salah satu solusi cara mengatasi insomnia secara cepat. Dengan punya jadwal tidur maka bisa membuat anda lebih disiplin dengan waktu kapan tidur anda.

bila jadwal tidur anda sudah tiba, tinggalkan segala aktfitias anda dan beranjak untuk tidur. Kunci keberhasilan dari cara mengatasi insomnia ini ialah pada kedisiplinan anda dengan jadwal tidur yang sudah anda buat.

Cahaya Matahari Pagi
Cahaya matarahi pagi dikenal bermanfaat membantu proses pertumbuhan tulang. Akan tetapi ternyata dalam sebuah penelitian mengungkapkan fakta bahwa sinar matahari pagi juga bermanfaat untuk mengatasi insomnia.

Seseorang yang terkena sinar matahari alami setiap harinya akan punyai siklus tidur yang lebih baik. Untuk anda yang jarang terkena terpapar sinar matahari pagi dikarenakan

(Baca Juga : Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Secara Alami )

lebih sering bekerja dan sering berdiam diri dalam ruangan, cara mengatasi insomnia dengan memanfaatkan cahaya matahari pagi ini boleh anda coba.

Tags: , ,

Related to: Cara Ampuh Untuk Mengatasi Insomina Secara Alami