Cara Hilangkan Kram Menstruasi dengan Bantuan Minyak

July 18, 2016

Jika Anda adalah seorang wanita, tentu sangat mengetahui bagaimana rasa sakit yang ditimbulkan saat menjelang datangnya menstruasi. Bahkan Anda tidak mampu untuk melakukan apapun dan lebih banyak merintih menahan rasa sakit tersebut. Sudah melakukan ini dan itu mulai dari meringkuk di tempat tidur, tidur terlentang, berdiri atau hal lainnya apapun itu tetap tidak meredakan kram. Oleh karena itu, Anda pun memilih mengkonsumsi obat-obatan kimia yang dijual di pasaran guna meredakan rasa kram tersebut.

images

Sebuah hasil penelitian yang baru-baru ini diterbitkan oleh Scholara Penelitian Perpustakaan menunjukkan, bahwa dengan mengkonsumsi extra virgin olive secara rutin ternyata lebih efektif dalam meredakan gejala utama dysmenorrhea atau jenis sakit yang paling umum ditimbulkan oleh kram menstruasi dibandingkan dengan mengkonsumsi ibuprofen.

Untuk melakukan penelitian ini, peneliti mengumpulkan 60 wanita dan membaginya menjadi dua kelompok mulai dari usia 17-30 tahun. Mereka yang menderita kram menstruasi dalam level sedang dengan skor persepsi rasa sakit rata-rata yaitu 6,7 dari skala 1 hingga 10. Lalu masing-masing kelompok tersebut menerima intervensi nyeri. Kelompok yang pertama mengambil minyak zaitun extra virgin sebanyak 25 ml atau sekitar 5 sendok teh setiap hari selama 2 bulan, dimulai sejak 2 minggu sebelum siklus menstruasi mereka. Sedangkan kelompok yang kedua diberikan ibuprofen sebanyak 400 mg sebanyak tiga kali dalam sehari selama 3 hari pertama menstruasi.

Baca Juga  Macam Metode Pengobatan Kanker Otak

Hasil penelitian dari kelompok pertama memiliki skor nyeri rata-rata 2,4 dalam satu bulan, dan bulan kedua rata-rata 2,4. Sedangkan hasil penlitian dari kelompok kedua yang mengkonsumsi ibuprofen memiliki skor nyeri 4,7 di bulan pertama, dan 2,4 pada bulan kedua. Dengan demikian, maka terbukti dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin akan membuat rasa sakit mereka terus menurun ke level yang lebih besar dibandingkan mengkonsum ibuprofen.

Mungkin dalam benak Anda bertanya, bagaimana cara kerja caira berwarna emas ini?

Ternyata, di dalam minyak zaitun terdapat kandungan senyawa polyphenol yang ampuh.

“Sekitar 10 tahun lalu, para peneliti melihat bahwa minyak zaitun dapat meniru aksi ibuprofen karena oleocanthal polyphenol bersifat sebagai anti-inflamasi,” tutur Elena Paravantes, RDN, konsultan diet Mediterenia dan pendiri blog Olive Tomato.

Tidak hanya itu saja, bahkan pada penelitian sebelumnya sudah menunjukkan bahwa oleocanthal dapat membantu menekan produksi molekul inflamasi yang biasa disebut prostaglandin, sedangkan tidak pada ibuprofen. Selain itu, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa kemampuan dari extra virgin olive oil adalah untuk melawan peradangan memiliki efek kumulatif, yang berarti semakin Anda rutin mengkonsumsi minyak zaitun, maka semakin besar potensi unuk menghilangkan rasa sakit menstruasi. Disarankan untuk mulai mengkonsumsinya secara teratur sebelum Anda mulai merasakan nyeri sebelum menstruasi datang.

Baca Juga  15 Obat Sakit Gigi Berlubang Tradisional Berikut Dengan Caranya

Untuk mengatasinya, Anda dapat mencoba minyak zaitun sebagai campuran untuk salad, sop, tumisan dalam masakan Anda.

 

Tags:

Related to: Cara Hilangkan Kram Menstruasi dengan Bantuan Minyak