Cara Membuat Jus Kulit Manggis Yang Kaya Manfaat Bagi Tubuh

November 21, 2016

Kulit manggis memang sudah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi, masih banyak orang yang belum paham mengenai cara penolahannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah membuat jus julit manggis.

Cara membuat jus kulit manggis juga tergolong sangat mudah. Anda pun tidak harus membayar mahal untuk membeli ektrak kulit manggis yang banyak tersedia di pasaran. Cukup dengan membuatnya sendiri di rumah.

Manggis atau yang memiliki nama latin Garcinia mangostana adalah buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Sayangnya, keberadaan buah tersebut sangat bergantung musim sepertilayaknya buah durian dan rambutan. Tapi meski begitu, hampir semua bagian buahnya memiliki banyak manfaat, terutama bagi kesehatan.

Jika anda memakan manggis, jangan terburu-buru untuk membuang kulit manggis. Karena, kulit manggis ditakini memiliki senyawa aktif yang lebih baik dan lebih banyak dibandingkan buahnya.

Cara Membuat Jus Kulit Manggis Yang Benar

cara-membuat-jus-kulit-manggis

Lalu, bagaimana cara membuat jus kulit manggis? Cara membuat jus kulit manggis yang benar sangatlah mudah. Anda cukup menyiapkan beberapa bahan serta peralatan yang dibutuhkan seperti berikut ini:

– Buah manggis secukupnya. Untuk 1 orang gunakan 2 sampai 4 buah manggis.

– Air matang.

– Madu untuk mengurangi rasa sepat dan pahit.

Baca Juga  20 Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

– Gula rendah kalori atau gula aren bila suka.

– Blender.

Langkah-langkah membuat jus kulit manggis:

1. Bersihkan bagian luar dan dalam kulit manggis dengan air bersih yang mengalir agar kotoran yang melekat pada kulit manggis menghilang. Bersihkan kulit yang berwarna hitam serta getah yang berwarna kuning karena dapat membuat rasa pahit.

2. Jika sudah bersih, selanjutnya rebus kulit manggis dengan air secukupnya. Langkah ini dinilai mampu mengurangi rasa pahit dan sepat pada jus kulit manggis. Kemudian tiriskan kulit manggis tersebut. Satu hal yang perlu anda perhatikan. Jangan membuang air rebusan kulit manggis. Karena air rebusan tersebut juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jika tidak ingin memakainya langsung, simpan dalam lemari es. Atau bisa juga sebagai campuran dalam pembuatan jus nantinya.

3. Masukkan kulit manggis yang sudah direbus ke dalam blender. Tambahkan bahan-bahan lain seperti gula rendah kalori atau gula aren, madu, dan air secukupnya. Kemudian blender.

4. Jus kulit manggis siap untuk dikonsumsi.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mengkonsumsi jus kulit manggis tersebut. Yang pertama, minumlah jus kulit manggis sesaat setelah anda makan. Jangan meminumnya pada saat perut kosong atau belum terisi makanan. Yang kedua, pada permulaan atau pada saat pertama mengkonsumsi jus kulit manggis anda akan merasa mual. Hal ini karena anda belum terbiasa meminumnya. Bila sudah terbiasa, maka rasa mual itu akan hilang dengan sedirinya.

Baca Juga  Manfaat Buah Sirsak Dalam Mengobati Berbagai Penyakit

Nah, itulah sedikit informasi yang perlu anda ketahui dalam mengkonsumsi jus kulit manggis. Mengkonsumsi jus kulit manggis memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh diantaranya mampu mencegah kanker, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolestrol, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan.

Untuk itu, gunakan cara membuat jus kulit manggis agar anda dapat membuat jus yang kaya manfaat ini di rumah. Selamat hidup sehat dengan jus kulit manggis.

Tags: , , , , , , , , ,

Related to: Cara Membuat Jus Kulit Manggis Yang Kaya Manfaat Bagi Tubuh