Cara Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

January 25, 2015

Ibu hamil sangat rentan terkena anemia, terlebih pada trimester pertama. Sebab pada awal kehamilan, banyak sel darah merah yang digunakan dalam pembentukan janin. Untuk Anda yang memiliki riwayat terserang anemia, pada kondisi hamil hal ini sangat besar kemungkinan terjadi.

Cara Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Berdasarkan survey, 7 dari 10 wanita hamil mengalami anemia. Baik yang memiliki penyakit sebelum mereka hamil ataupun baru terjadi ketika memasuki masa kehamilan. Peningkatan gejala anemia terjadi ketika memasuki trimester kedua kehamilan. Biasanya hal ini disebabkan akibat pola makan yang tidak seimbang pada trimester sebelumnya. Ini wajar terjadi sebab pada masa awal kehamilan biasanya terjadi penurunan nafsu makan atau akibat morning sicknes sehingga seringkali Ibu hamil menolak makan. Padahal, pada awal kehamilan, asupan zat besi sangat dibutuhkan untuk perkembangan pembentukan janin. Untuk Anda yang mengalami kehamilan berulang(hamil lagi) dalam waktu dekat juga beresiko tinggi mengalami anemia. Sebab cadangan zat besi sudah digunakan untuk pembentkan janin lagi sebelum Anda pulih dari kehamilan sebelumnya. Begitu juga bagi mereka yang hamil pada usia terlalu muda. Umumnya usia terlalu dini yang mengalami kehamilan masih rentan terserang stres dan depresi.

Baca Juga  Nutrisi Wajib Ibu Hamil Trimester Pertama

Sebenarnya masalah anemia masih bisa dibilang normal dan aman jika hanya mengalami  gejala yang ringan. Namun beberapa wanita hamil dengan kondisi tertentu dikhawatirkan akan mengalami gejala anemia berat sehingga bisa membahayakan kondisinya sendiri dan bayi yang dikandung. Gejala awal anemia yang mungkin terjadi pada orang hamil biasanya berupa nafsu makan yang berkurang, sehingga berpengaruh pada berkurangnya stamina. Gejala lain yang bisa terjadi yaitu berupa mata berkunang, mudah infeksi, dan wajah tampak pucat. Jika anemia yang terjadi cukup berat, bisa menimbulkan sesak napas dan jantung lemah. Kondisi ini dapat membahayakan kehamilan yang beresiko pada keguguran, bayi lahir prematur dan kelahiran cacat.

Mencegah dan mengobati anemia Ibu hamil

  • Perbanyak makan yang mengandung zat besi misalnya unggas dan ikan, daging merah atau sayuran yang memiliki daun hijau gelap, telur dan kacang-kacangan.
  • Mengonsumsi buah yang tinggi kandungan Vitamin C. Vitamin C berperan membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh.
  • Pilih makanan yang memiliki kandungan asam folat tinggi misalnya sayuran berdaun hijau, kacang kering, salmon, roti, sereal.
  • Minum susu secara teratur siang atau malam, susu akan mencegah Anda terserang penyakit anemia.
  • Jika Anda terkena anemia yang cukup  berat, konsultasikan dengan dokter atau petugas kesehatan lain.
Baca Juga  ASI Terasa Pedas Apabila Ibu Makan Makanan Pedas? Fakta Atau Mitos

Cara mencegah dan mengobati anemia Ibu hamil sangat penting diketahui, apalagi bagi Anda yang memiliki penyakit anemia. Jadi diharapkan dengan membaca tips di atas, Anda dapat selau sehat selama masa kehamilan dan terhindar dari anemia.

Tags: ,

Related to: Cara Mencegah Anemia pada Ibu Hamil