Cara Mencegah Kanker Otak

November 12, 2016

Seperti diketahui, kanker otak merupakan penyakit berbahaya, mematikan dan banyak ditakuti. Namun sayangnya, penyakit ini justru semakin banyak terjadi pada masa sekarang. Mungkin akibat pengaruh gaya hidup tidak sehat akibat modernisasi sehingga banyak orang yang kurang memperhatikan kesehatannya. Oleh karena itu Anda perlu tahu cara mencegah kanker otak agar bisa terhindar dari penyakit ini.

Cara Mencegah Kanker Otak

Kanker otak menjangkiti otak pada bagian luar, yaitu tiga bagian lapis selaput otak dan bagian tulang tengkorak. Pada dasarnya kanker yang menyerang pada area tersebut merupakan tumor jinak. Tapi karena bagian yang diserang adalah otak yang mana menjadi pusat pengendali seluruh syaraf dalam tubuh, hal ini tentu sangat berbahaya. Kanker otak dapat merusak serta  mengganggu fungsi struktur susunan saraf pusat yang terdapat pada rongga tengkorak. Mengingat begitu bahayanya kanker otak, maka hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah mencegah kanker otak tumbuh.

Sel kanker yang terus berkembang di dalam otak akan membuat jaringan otak membesar dan membuatnya tertekan. Padahal, ukuran volume rongga otak sangat terbatas, oleh karena itu akan membuat kepala terasa sakit dan pusing. Jika rasa sakit kepala yang terjadi cukup kuat dan tidak bisa sembah dalam waktu tertentu, maka dikhawatirkan ini merupakan gejala kanker otak pada tahap awal.

Baca Juga  Gejala Penyakit Sinusitis dan Ciri-ciri yang Mudah Dikenali

Gejala kanker otak pada mulanya biasa dimulai dengan rasa sakit kepala yang luar biasa dan tempo yang lama, disertai muntah atau mual. Kemudian akibat sistem syaraf terganggu, penglihatan pun makin terganggu. Gangguna pendengaran, gangguan konsentrasi dan gangguan keseimbangan pun tak luput ikut dirasakan oleh penderita kanker otak. Memang tanda-tanda yang muncul tersebut tidak lantas membuktikan bahwa orang yang mengalaminya terkena kanker otak. Harus  dilakukan pengecekan lebih mendalam oleh dokter ahli untuk memastikan apakah gejala yang timbul merupakan gejala kanker otak atau gejala lain.

Penyebab kanker otak umumnya dikarenakan dua faktor. Yaitu faktor dari dalam  dan faktor yang berasal dari luar. Untuk faktor yang berasal dari dalam misalnya karena faktor keturunan, jadi jika ada orang yang pernah memiliki riwayat terkena kanker otak maka bisa menularkan ke generasi berikutnya. Penyakit kanker otak juga bisa diakibatkan karena benturan, jika benturan menyebabkan trauma pada jaringan otak maka dapat memicu timbulnya jaringan yang tidak normal pada otak. Faktor luar yang menyebabkan kanker otak antara lain gaya hidup yang buruk seperti merokok, minum minuman keras dan pengaruh radiasi.

Baca Juga  5 GEJALA KANKER HATI, no 1 nya Banyak Orang Mengabaikan

Cara mencegah kanker otak dapat dilakukan dengan meminimalkan penggunaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Bahan kimia dan pengaruh radiasi berpengaruh besar terhadap rusaknya jaringan otak seseorang. Sebaiknya Anda juga perlu konsumsi makanan yang mengandung zat anti kanker. Misalnya saja bawang putih dan makanan yang mengandung asam lemak Omega-3. Penyebab kanker juga bisa karena pola hidup yang tak sehat seperti merokok dan minum alkohol, karena itu Anda harus menghindari kebiasaan tersebut untuk mencegah kanker otak.

Tags: , , ,

Related to: Cara Mencegah Kanker Otak