Cara Mencegah Kanker Rahim Dengan Pap Smears

November 12, 2016

Wanita yang telah menikah atau yang belum apabila telah melakukan hubungan seksual, wajib melakukan pap semars. Apa tujuan melakukan pap smears? Pap semars bertujuan untuk mencegah terjadinya kanker serviks (kanker mulut rahim). Melalui pap mears yang merupakan sebuah tes medis, maka akan diketahui keadaan sel-sel pada leher rahim dan juga vagina.

Hal itu dikatakan dr Er Hamzah SpOG dalam seminar program promotif preventif deteksi dini penyakit kanker leher rahim serta pemeriksaan gratis Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Pap Smears. Dalam seminar yang diikuti mayoritas ibu-ibu tersebut dilakukan di Kecamatan Langsa Barat berlangsung di puskesmas setempat.

papsmear-gratis-bpjs

Er Hamzah berkata, penyakit kanker serviks merupakan salah satu dari jenis kanker yang menyerang pada bagian mulut rahim, karena disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) tipe 16 dsb 18. Human papillomavirus (HPV) merupakan kelompok virus-virus yang terdiri lebih dari 150 jenis tipe virus yang saling berhubungan. Mereka semua disebut papillomaviruses karena jenis tertentu pun bisa menyebabkan kutil kelamin, atau disebut papillomas. Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang tergolong paling ganas nomor dua yang menyerang kaum wanita.

Baca Juga  6 Tips menghilangkan jerawat kecil

“Namun, di Indonesia sangat disayangkan banyak wanita yang tidak secara rutin memeriksa diri untuk melakukan pap semar. Melakukan pendeteksian secara dini tentu dapat mencegah kanker serviks dengan melalui pap smear,” ucap Er Hamzah.

Melalui pemeriksaan rutin, sebutnya, perubahan sel-sel yang mungkin dapat berkembang menjadi kanker ataupun telah menjadi kanker dapat terdeteksi. Untuk itu pap smears wajib untuk wanita yang telah menikah ataupun yang belum apabila wanita itu telah berhubungan seksual. Minimal pap smears dilakukan satu hingga dua kali setahun.

Dia menambahkan, kanker serviks bisa dicegah melalui pemberian vaksin HPV yang dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk dapat memproduksi antibiotik. Cara lain yang dapat dilakukan adalah tidak melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan karena penyakit ini termasuk salah satu PMS serta juga menjaga pola hidup yang sehat, upaya deteksi dini dapat melalui skrening dan pap smear.

Tag : papmears
Tags: ,

Related to: Cara Mencegah Kanker Rahim Dengan Pap Smears