Cara Mencegah Obesitas Dengan Makan Secara Teratur

August 20, 2016

Obesitas atau masalah kegemukan ternyata bisa menyerang dengan cara-cara yang hampir tak terduga. Salah satunya adalah melalui kebiasaan buruk anda yang lupa sarapan dan melewatkan makan siang. Melewatkan dua jatah makan yang amat penting ini akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan anda. Masalah kecil seperti maag hingga masalah kompleks seperti obesitas bisa menyerang anda jika tak memperbaiki pola makan anda. Menurut beberapa penelitian, tak hanya makanan yang tak sehat saja yang akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh seseorang. Waktu makan yang tak teratur juga menjadi salah satu masalah yang amat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang.

Penyakit obesitas

Penyakit yang ditimbulkan obesitas

Makan yang teratur akan membawa anda pada beberapa masalah kesehatan yang cukup mengkhawatirkan seperti obesitas, maag, darah tinggi, diabetes tipe 2 hingga liver. Penyakit-penyakit ini bisa muncul karena beberapa hal. Antara lain pola makan yang tak teratur akan membuat kadar kolesterol dan insulin seseorang menjadi tidak stabil. Hal inilah yang akan membuat mereka menjadi bermasalah dengan berbagai penyakit seperti obesitas hingga diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang makan enam kali sehari secara konsisten memiliki kadar insulin dan kolesterol yang cenderung stabil daripada mereka yang makan tak teratur, sebagai contoh di hari pertama mereka makan tiga kali sehari dan di hari berikutnya mereka makan enam kali sehari.

Baca Juga  Bocah Obesitas Asal Palembang Saat Ini Sedang Koma

(Baca Juga : Penyakit – Penyakit Ini Yang Akan Mengancam Bocah Obesitas Rizki Asal Palembang )

Para peneliti pun mengambil kesimpulan yakni frekuensi makan yang teratur ataupun tak teratur akan sangat berpengaruh terhadap berat badan. Hal ini dikarenakan metabolisme tubuh hubungannya sangat erat dengan ritme sirkadian tubuh. Setiap proses metabolisme tubuh adalah sebuah alunan ritme yang terus berulang dalam waktu 24 jam. Jika anda tidak memberikan apa yang tubuh anda butuhkan atau dalam kata lain anda makan secara tak teratur maka bisa dipastikan kesehatan tubuh anda akan menurun. Pola makan yang tak teratur akan sangat berpengaruh buruk terhadap jam biologis tubuh. Salah satu efek dari terganggunya jam biologis tersebut adalah naiknya berat badan dan juga beberapa masalah kesehatan lainnya.

Meskipun penelitian ini belum diakui secara resmi oleh dunia kesehatan namun kasus-kasus yang sudah sering terjadi sepertinya cukup menjadi bukti bahwa pola makan tak teratur membawa dampak yang buruk bagi kesehatan. Yang patut menjadi perhatian anda adalah jangan sampai anda mengganggu ritme sirkadian tubuh anda dengan terlambat makan atau makan secara tak teratur. Risiko obesitas akan menghantui anda jika ritme sirkadian dari tubuh anda terganggu. Sebenarnya cara mengatasi hal ini cukup mudah. Anda bisa mempersiapkan makanan cadangan saat anda mengetahui bahwa di hari tersebut anda akan cukup sibuk sehingga akan menyita waktu makan siang anda. Salah satu pilihan terbaik adalah dengan membawa roti gandum ke mana pun anda pergi.

Baca Juga  Waspadai dan Hindari Penyebab Kanker Getah Bening

Selain roti gandum anda juga bisa membawa buah-buahan di dalam tas anda. Buah seperti apel merah sangat baik untuk memberikan tenaga cadangan bagi tubuh anda. Hal ini dikarenakan buah-buahan mengandung gula alami yang akan sangat baik untuk dijadikan sebagai sumber energi cadangan bagi tubuh. Selain itu biasakan juga untuk banyak mengonsumsi air putih secara teratur. Konsumsi air putih yang cukup dan teratur akan memberikan dampak kesehatan yang baik bagi anda. Risiko obesitas pun bisa semakin menjauh dari kehidupan anda. Jangan lupa untuk selalu makan tepat waktu, ya!

Tags:

Related to: Cara Mencegah Obesitas Dengan Makan Secara Teratur