Cara Mencegah Terjadinya Bungkuk (Kifosis) Dengan Olah Raga

December 23, 2015

Olah Raga dan Cara Mencegah Terjadinya Bungkuk (Kifosis) – Bungkuk atau dalam istilah medis disebut dengan Kifosis adalah suatu kelain tulang belakang dimana ada sebagian ruas tulang yang maju atau sedikit keatas. Kifosis bisa dialami oleh siapa saja, baik muda maupun tua. Namun kelainan tulang ini kebanyakan diderita oleh para wanita yang berusia lanjut.

48.Olah Raga dan Cara Mencegah Terjadinya Bungkuk (Kifosis)

Secara umum kifosis dibedakan menjadi dua, yakni kifosis ringan serta parah. Dalam keadaan yang masih ringan, kifosis tidak terlalu berdampak buruk bagi anggota tubuh yang lainnya. Namun jika sudah dalam keadaan parah, bungkuk bisa memengaruhi kesehatan organ paru-paru dan saraf.

(Baca Juga : Ciri-Ciri Kanker Paru-paru stadium 4 )

Terdapat banyak jenis penyebab bungkuk, namun secara umum bungkuk disebabkan oleh suatu penyakit. Misalnya saja penyakit degenerasi disk, osteoporosis, ataupun scheuermann. Jika anda serta keluarga ingin terhindar dari masalah tulang yang satu ini, anda bisa menerapkan beberapa olahraga dibawah ini.

  1. Peregangan dada

Olahraga pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan melakukan peregangan dada atau biasa disebut chest stretch dalam ilmu olahraga.

Latihan ini juga tergolong mudah untuk dilakukan dimana saja. Karena anda hanya perlu berdiri tegak disamping tiang. Selanjutnya anda harus pegang tiang tersebut dengan tangan kanan serta posisikan kaki kanan didepan kaki kiri. Setelah itu anda hanya perlu menggerakkan dada kedepan dan kebelakang secara berkali-kali.

  1. Upper back dengan foam rolling
Baca Juga  Ketahui 1000 Manfaat Jahe Alami

Foam roll adalah sebuah busa yang berbentuk tabung cukup kuat dan sering digunakan dalam olahraga senam ataupun yoga.

(Baca Juga : Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Jantung )

Untuk cara penggunaannya sendiri, anda hanya perlu berbaring diatas foam roll dan memposisikannya ditengah punggung anda. Setelah itu lipat tangan anda sambil memegang leher bagian belakang. Selanjutnya gerakkan punggung secara maju mundur dengan bantuan kaki.

  1. Posisi huruf Y

Cara mencegah terjadinya kifosis selanjutnya yaitu dengan melakukan gerakan peregangan otot dengan posisi gaya membentuk huruf Y. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu tengkurap dan memposisikan dada pada bagian bawah. Selanjutnya serongkan tangan kanan dan kiri kedepan membentuk huruf Y. Setelah itu anda harus mengangkat bagian kepala, kaki serta tangan keatas. Usahakan hanya bagian dada yang menyentuh lantai.

  1. Tidur dengan posisi yang benar

Penyebab lainnya dari kifosis adalah posisi duduk serta tidur yang salah. Namun menurut penelitian, kifosis lebih banyak disebabkan oleh posisi tidur yang salah dari pada posisi duduk yang salah. Oleh sebab itu pastikan anda tidur dengan keadaan yang nyaman, diantaranya adalah dengan meletakkan bantal tepat dileher atau kepala. (Baca Juga : Fakta Menarik Penyakit gigi berpengaruh pada jantung)

  1. Menggunakan bola pijat

Bola pijat secara efektif mampu meningkatkan fleksibilitas otot dada. Jika tidak memiliki bola pijat, anda bisa menggunakan bola tenis sebagai penggantinya.

Baca Juga  Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung Tetap Sehat Alami

Cara untuk melakukan latihan ini juga cukup mudah, yakni dengan cara memegang bola pijat dengan kedua tangan serta meletakkannya diatas dada sebelah kiri atau kanan. Posisikan kaki kanan didepan kaki kiri serta arahkan bola menjauh dan mendekati dada secara berkali-kali. Lakukan latihan ini selama 3 menit.

  1. Konsultasi kedokter

Seperti yang sudah disebutkan diawal, jika salah satu penyebab kifosis adalah penyakit. Oleh sebab itu segera konsultasikan ke dokter jika anda mengalami gejala kifosis. Maka dokter akan memberikan pengobatan yang tepat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Bungkuk dapat dicegah dengan melakukan berbagai macam langkah secara preventif. Selain bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, bungkuk juga bisa menyebabkan anda kurang percaya diri. Oleh sebab itu anda perlu melakukan beberapa kegiatan olahraga yang sudah disebutkan diatas untuk mencegah terjadinya kifosis.

Tags: , , , , ,

Related to: Cara Mencegah Terjadinya Bungkuk (Kifosis) Dengan Olah Raga