Cara Mendiagnosis Kanker Hati Periksa Sebelum Terlambat

November 12, 2016

Kanker hati merupakan bagian dari terjadinya insiden penyakit menjadi lebih tinggi, tetapi juga menyebabkan kerugian yang besar. Beberapa gejala kanker hati yang signifikan telah mengirimkan sinyal sebagai tanda-tanda ke dalam tubuh, agar melakukan pemeriksaan untuk melakukan identifikasi gejala tersebut, apakah terjadi kanker hati atau tidak. Setelah Anda menemukan kelainan fisik pada diri Anda dalam kehidupan sehari-hari, Anda perlu melakukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk melakukan diagnosis.

Seorang ahli dari Modern Cancer Hopital Guangzhou mengatakan, setelah melakukan pendeteksian kanker hati sejak dini dan melakukan pengobatan, tingkat kelangsungan hidup pasien dalam 5 tahun ke depan dapat meningkat 70%, sedangkan pada pasien yang mengalami keterlambatan dalam melakukan diagnosis, kesempatan dalam bertahan hidup yang dimiliki hanyalah setengah saja. Oleh sebab itu, dapat memahami diagnosis dalam sebuah gejala sangatlah penting, karena diagnosis dan pendeteksian sejak dini dapat membantu proses pengobatan.

Mendiagnosis Kanker Hati

Apa Saja Metode Yang Digunakan Untuk Diagnosis Kanker Hati?

kanker hati

1.    Pemeriksaan USG : USG merupakan pemeriksaan yang diperlukan untuk diagnosis kanker hai. USG adalah metode pemeriksaan non invasif yang tidak membahayakan tubuh manusia,  metode ini dapat menghasilkan hasil pemeriksaan yang akurat sebesar 84%, selain itu hasil USG dapat menemukan tumor ukuran kecil dengan diameter 2 cm atau lesi dengan ukuran yang lebih kecil. Anda dapat melakukan pemeriksaan ini, jika Anda mengalami kelelahan, kehilangan atau penurunan berat badan, sakit hati dan gejala lain yang dicurigai.

Baca Juga  Awas Kanker Getah Bening Mengancam Orang berpola Hidup Tidak Sehat!!

2.    Melakukan pemeriksaan CT-scan : CT-Scan memiliki resolusi yang cukup tinggi, yakni sekitar 1.0 cm, sehinggga dapat mendetksi kanker hati sedini mungkin, dan CT-Scan memiliki hasil akurasi dari diagnosis hingga 90%. Jadi tidak bisa diterapkan sebagai pengobatan yang universal, karena memiliki biaya yang sangat mahal.

3.    Pemeriksaan MRI : Pemeriksaan MRI memiliki ketersediaan jaringan hati crosscutting, dapat meningkatkan hasil deteksi dari karsinoma hepatoseluler kecil, kanker hati dan nodul hiperplastik lokal, adenoma hati dan dapat membantu untuk mendeteksi gejala lainnya. Juga berfungsi sebagai pelengkap dalam melakukan pemeriksaan CT.

4.    AFP : Metode pemeriksaan ini sangat sederhana dan praktis, pada umumnya alha fetoprotein selalu digunakan dalam mendiagnosis kanker hati.

5.    Selektif celial arteri atau disebut juga arteri angiografi hapatik : kanker sejenis pembuluh darah, metode ini terkadang dapat menunjukkan tumor atau lesi sebesar 0.5 cm dari penyakit tersebut, tingkat akurasi dari hasil diagnosis dapat mencapai 90%. Anda dapat melakukan metode pengobatan yang terbaik untuk dapat mengetahui lokasi lesi atau tumor, ukuran dan distribusi.

Baca Juga  Tanda-Tanda dan Penyebab Kanker Otak Stadium 1

6.    Biopsi hati : Biopsi hati merupakan salah satu metode yang langsung digunakan untuk melakukan pemeriksaan atau diagnosis dari penyakit tersebut. Tetapi, karena memiliki rasa sakit saat melakukan metode pengobatan ini, biasanya sebelum melakukan pengobatan, selalu diadakan komunikasi yang lebih rinci antara pasien dan dokter yang menangani, untuk mendapatkan kesepakatan pengobatan.

Diagnosis atau pendeteksian sejak dini merupakan pengobatan yang efektif sebagai prasyarat kondisi. Dengan kemajuan teknologi di bidang kedokteran, maka metode pengobatan yang komprehensif dengan menggunakan efek terapi HCC, hasil diagnosi awal pun dapat meningkat secara signifikan.

Untuk dapat melihat keadaan dan kondisi pasien yang memburuk, maka diperlukan pengobatan fisik dan psikologis, seperti yang dikutip dari Modern Cancer Hospital Guangzhou. Faktor-faktor mengenai metode pengobatan dapat mempengaruhi kelangsungan hidup pasien. Jika pada awal pengobatan, pasien memilih metode pengobatan HCC yang wajar dan efektif, kemungkinan kesempatan dari kelangsungan hidup pasien sangat besar.

Tags: , , ,

Related to: Cara Mendiagnosis Kanker Hati Periksa Sebelum Terlambat