Cara Mengatasi Bau Mulut Dengan Bahan – Bahan Alami

October 20, 2016

Dari sekian banyak cara menghilangkan bau mulut  termasuk ke dalam pencegahan aroma napas yang tidak sedap. Tetapi dalam bagian ini, akan dijelaskan lebih banyak lagi mengenai tips mencegah bau mulut.

  • Di dalam tas atau kantong Anda selalu sediakan perment mint. Karena perment mint dapat memberikan aroma napas yang segar pada mulut Anda, walaupun hanya untuk sementara waktu.
  • Jika tidak ingin mengalami masalah ini, berikan asupan yoghurt. Berdasarkan hasil sebuah penelitian, yoghurt plain (tanpa gula) dapat mengurangi jumlah bakteri yang sudah menumpuk di dalam mulut. Hasil olahan dari susu yang difementasi ini juga mampu mengurangi plak pada gigi.
  • Cara mencegah bau mulut selanjutnya yaitu makanlah keju, selain rendah karbohidrat tetapi memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Keju jenis ini mampu meningkatkan produksi air liur sehingga dapat meringankan bau mulut.

Jika Anda ingin percaya diri berbicara di depan orang banyak, Anda dapat mencoba beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas. Hanya untuk mengingatkan saja, ketika Anda menjalani cara menghilangkan bau mulut dengan menggunakan bahan alami, sebaiknya pilih salah satu saja dari cara di atas dan jalani dengan rutin juga konsisten. Jangan ganti-ganti bahan jika belum ada reaksi apapun dari bahan yang digunakan, begitupun dengan bahan yang lainnya.

[xom-related]

Setelah mengatasi masalah bau mulut, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan pencegahan dengan mengikuti beberapa cara mencegah bau mulut yang sudah dijelaskan. Alhasil, napas Anda pun akan menjadi segar sepanjang hari.

Untuk mengatasi masalah bau mulut cukup mudah, Anda hanya perlu menggosok gigi setiap kali mandi, dan berkumur saat menjelang tidur dan bangun tidur. Tetapi untuk lebih jelasnya mengei cara menghilangkan bau mulut, Anda dapat menyimak tips di bawah ini yang merupakan hasil rangkuman dari beberapa situs kesehatan yang terpercaya.

Baca Juga  10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Dan Cepat

Cara Mencegah Bau Mulut

Bau mulut

Bau mulut

Bila Anda sudah merasa bosan dengan permen karet tanpa rasa, Anda dapat mencoba konsumsi buah segar yang memiliki rasa manis, seperti buah apel. Berikut ini adalah contoh buah-buahan yang dapat menghilangkan bau mulut :

Stroberi

Stroberi adalah buah yang memiliki rasa asam dan juga ada yang manis, yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut. Hal ini dikarenakan oleh kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah stroberi mampu membunuh bakteri atau kuman yang bersarang di dalam mulut.

Lemon

Buah lainnya yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut yang tidak sedap adalah lemon. Rasa asam yang dimiliki lemon dapat menetralisir bakteri penyebab bau mulut.

Pir

Buah pir memiliki tekstur yang sedikit keras, sehingga buah pir menjadi buah pembasmi sisa makanan yang menyelip pada permukaan gigi.

Jambu biji.

Jambu biji sebagai cara menghilangkan bau mulut, entah ini hanya sekedar pendapat belaka atau bukan. Namun berdasarkan pada kasu yang sudah-sudah, banyak orang yang membuktikan keberhasilannya menghilangkan bau mulut dengan mengkonsumsi jambu biji.

Minum Green Tea

Semakin ke sini, nama minuman teh hijau semakin populer. Ini karena teh hijau memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Di sini teh hijau digunakan sebagai pelindung gigi dari kerusakan, yaitu dengan cara menghilangkan plak juga membunuh bakteri yang melekat pada gigi atau pada mulut dengan senyawa aktir bernama catechin yang berada di dalam teh hijau. Saat mengalami bau mulut, minumlah teh hijau sebanyak 2-3 cangkir dalam sehari.

Mengkonsumsi Vitamin C

Banyak sekali buah-buahan yang menjadi sumber dari vitamin C, salah satu contoh yang sangat terkenal yaitu buah jeruk. Vitamin C dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan vitamin C dari suplemen seduhan.

Baca Juga  Akibat Seringnya Terkena Sariawan Pada Lidah & Mulut

Menggunakan Bahan Alami

Menghilangkan bau mulut dengan menggunakan bahan alami tidak memiliki efek samping, tentu semua orang mau. Apabila Anda adalah salah satu orang dari mereka, berikut ini adalah beberapa pilihan bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut.

Ketumbar

Ketumbar dapat Anda gunakan untuk mengurangi bau napas yang tidak sedap. Caranya yaitu rebus ketumbar, lalu saring airnya dan saat sudah dingin diminum airnya.

Jeruk Nipis dan Madu

Jeruk nipis dan madu ini juga bisa diminum untuk mengobati batuk. Carnya yaitu campurkan kedua bahan ke dalam gelas kecil, lalu aduk rata dan minum.

Daun Sirih dan Lengkuas

Kedua bahan ini sangat mudah untuk didapatkan, Anda juga bisa membelinya di tukang sayur terdekat. Cara menghilangkan bau mulut dengan menggunakan bahan alami ini yaitu pertama daun sirih dan lengkuas direbus dulu, kemudian gunakan air rebusannya untuk berkumur.

Kayu Manis

Kayu manis memiliki khasiat yang dipercaya oleh masyarakat sebagai obat untuk beberapa jenis penyakit. Selain itu, kayu manis ternyata juga berguna untuk meredakan bau mulut. Caranya yaitu kayu manis diseduh ke dalam teh hangat, lalu diminum 2 kali dalam sehari.

Kencur

Cara menggunakan kencur untuk menghilangkan bau mulut yaitu rebus 10 gram potongan kencur, tanaman adas, pinang, dan 15 gram daun sirih temu ros bersama air sebanyak setengah liter. Saat sudah mendidih, airnya disaring dan diminum menjelang tidur malam. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali dam satu minggu.

Tags: , ,

Related to: Cara Mengatasi Bau Mulut Dengan Bahan – Bahan Alami