Cara Mengatasi Dan Pencegahan Diare Pada Bayi Dan Balita

August 22, 2016

Berikut ini adalah cara penanganan diare dan mencegah terjadinya kondisi yang lebih buruk yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi diare pada bayi.

Cara Mengatasi Diare pada Bayi

Mengatasi Dan Pencegahan Diare Pada Bayi

Mengatasi Dan Pencegahan Diare Pada Bayi

Menjaga Agar Tetap Terhidrasi

Yang pertama harus Anda lakukan yaitu memastikan bahwa anak Anda terhindar dari masalah dehidrasi. Cara yang bisa Anda lakukan sebagai berikut :

  • Berikan ASI secara terus menerus pada bayi yang berusia di bawah tiga tahun, agar cairan yang dibutuhkan bayi tetap terjaga.
  • Jika sudah tidak mengkonsumsi ASI, maka Anda dapat menggantinya dengan susu yang bebas laktosa (bukan susu formula) sehingga diarenya bisa terhenti.
  • Jangan memberikan minuman yang manis seperti jus, apalagi jenis minuman yang berkarbonasu.
  • Jaga ruangan agar tetap sejuk dan juga tidak membawa bayi keluar rumah ketika matahari sedang naik, hal ini dilakukan agar bayi terhindar dari keringat.

Berikan Yoghurt

Untuk mengurangi frekuensi buang air besar ketika terjadi diare pada bayi, cara yang efektik dan cukup aman untuk menghentikannya adalah memberikan yoghurt. Yoghurt ini merupakan produk fermentasi yang mudah dicerna dari pada susu. Yoghurt dapat membuat sistem imun meningkat juga dapat menyembuhkan gangguan pencernaan.

Baca Juga  RESEP OBAT PUSING YANG AMAN UNTUK IBU HAMIL

Yoghurt memiliki jumlah laktosa yang sangat sedikit sehingga cocok dijadikan sebagai obat diare yang alami bagi bayi, anak balita, atau orang dewasa sekalipun. Bayi yang terkena diare karena efek dari antibiotik sangat cocok diberikan yoghurt sebagai obat. Karena cara kerja yoghurt yang dapat meminimalisir efek dari antibiotik yang membunuh bakteri baik yang berada di dalam usus. Sebaiknya pilihlah yoghurt yang memiliki kandungan lactobacillus atau kultur bakteri hidup.

Konsumsi Oralit

Selain itu, Anda juga dapat meberikan bayi cairan oralit setiap buang air besar. Jika oralit tidak ada, Anda dapat menggantinya dengan air matang, air tajin atau kuah sayur. Berikanlah oralit dengan teratur bersamaan dengan makanan bayi seperti ASI ataupun susu formula hang dicampur dengan air.

Langkah Pencegahan Diare

Berikut ini adalah langkah pencegahan diare yang bisa Anda lakukan.

  1. Cuci tangan yang rutin, terutama saat anak selesai bermain dengan benda-benda yang kurang steril.
  2. Ajari anak mencuci tangan sebelum makan denga menggunakan sabun dan air yang mengalir.
  3. Mengutamakan pemberian ASI hingga bayi berusia 6 bulan. Setelah usianya lewat dari 6 bulan, agar perut bisa beradaptasi diperlukan makanan tambahan. Maka berikanlah Makanan Pendamping ASI atau MPASI dengan bertahap, dan pastikan MPASI tetap lembut dan porsinya pun tidak terlalu banyak.
  4. Ajari anak agar terbiasa buang air besar di WC.
  5. Selalu menjaga lingkungan rumah agar tetap bersih, dan membuang sampah pada tempatnya.
  6. Membuang air limbah rumah tangga di saluran pembuangan limbah yang telah disediakan.
  7. Menjaga anak agar tifam bermain di tempat yang kotor atau dengan benda-benda yang kotor.
  8. Jika terdapat makanan sisa hari kemarin yang bisa diberikan kepada bayi, maka sebaiknya dihangatkan terlebih dahulu atau lebih baik diganti dengan makanan yang baru.
Baca Juga  Berikut ini 6 macam Ciri-ciri dan tanda awal Kehamilan
Tags: ,

Related to: Cara Mengatasi Dan Pencegahan Diare Pada Bayi Dan Balita