Cara Mengatasi Sembelit saat Hamil

February 17, 2016

Sembelit dan susah buang air besar yang dialami saat hamil merupakan hal yang bisa dibilang cukup biasa. Ini akibat kondisi perut dan rahim yang membesar menyebabkan usus tertekan dan menyebabkan sembelit.

Sembelit saat hamil juga dapat terjadi akibat perubahan hormon dan konsumsi zat besi yang cenderung berlebihan selama hamil.

Mungkin juga akibat perubahan pola makan yang tidak teratur saat hamil. Sembelit saat hamil tidak membahayakan selama itu tidak parah.

Sembelit yang disebabkan oleh perubahan hormon akan sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan. Sedangkan sembelit yang disebabkan perubahan pola makan akan sembuh setelah pola makan yang menyebabkan sembelit itu diperbaiki.

Gambar Cara Mengatasi Sembelit saat Hamil

Untuk mengatasi sembelit dan susah buang air besar saat hamil dapat dilakukan dengan beberapa cara;

  • Olahraga yang teratur

Dengan melakukan olahraga ringan secara teratur bagi ibu hamil dapat melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit. Olahraga yang bisa dilakukan misalnya cukup dengan berjalan kaki 30 menit setiap pagi.

  • Perbanyak minum air putih

Saat hamil tubuh memerlukan lebih banyak air yang akan diserap oleh usus. Air itu juga dibutuhkan untuk pertumbuhan janin. Sehingga memperbanyak minum air putih saat  hamil akan menjadikan fases mengandung cukup air dan menjadi mudah untuk dikeluarkan.

  • Mengonsumsi suplemen hamil yang tepat

Beberapa suplemen yang dikonsumsi oleh ibu hamil dapat menjadi penyebab sembelit. Misalnya suplemen yang mengandung tinggi zat besi untuk menambah darah, dan antasida yang memiliki kandungan aluminium dapat menyebabkan sembelit. Karena itu suplemen-suplemen tersebut sebaiknya dihindari. Sedangkan jika harus mengonsumsi suplemen kalsium, pilihlah suplemen yang mudah larut. Dan untuk memastikan apakah suplemen yang dikonsumsi selama hamil aman atau tidak, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

  • Memperbanyak asupan serat

Mengonsumsi buah dan sayur serta makanan yang mengandung cukup serat setiap hari akan membuat fases lebih lunak dan licin sehingga ketika melewati usus menjadi lebih lancar. Buah pepaya merupakan buah yang mengandung cukup banyak serat dan baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

  • Menyantap makanan/minuman yang panas dan dingin bergantian

Ternyata menyantap makanan/minuman panas dan dingin secara bergantian dapat menjadi cara alami mengatasi sembelit. Misalnya saja meminum es buah setelah menyantap pisang goreng hangat.

  • Jangan menunda buang air besar
Baca Juga  Nutrisi Wajib Ibu Hamil Trimester Pertama

Keinginan buang air besar yang ditunda-tunda akan membuat fases tertahan dan semakin keras karena kandungan airnya terus diserap oleh usus. Untuk itu jangan ditunda jika ada keinginan untuk buang air besar.

  • Gunakan pelunak fases

Jika sembelit dirasa semakin parah dan cukup mengganggu, maka cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan bahan/obat pelunak fases yang aman bagi ibu hamil.

Obat ini memiliki fungsi sebagai surfaktan yang dapat menurunkan tegangan permukaan antara fases dan dinding usus sehingga fases lebih lunak dan mudah dikeluarkan.

Ramuan Obat Tradisional untuk Mengatasi Sembelit

Kebanyakan orang saat sembelit mengkonsumsi obat-obatan pencahar atau pelancar BAB tetapi dengan mengkonsumsi obat-obatan seperti itu kemungkinan besar menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi tubuh.

Sebaiknya gunakan bahan-bahan alami seperti mengkonsumsi buah papaya saat sembelit dan juga mengkonsumsi banyak air putih sebanyak 2-4 gelas untuk mengencerkan feses dan dapat dikeluarkan dengan lancar.

Walaupun sembelit termasuk hal yang sepele tetapi jika tidak segera diatasi dapat menganggu sistem pencernaan yang bisa sampai berakibat fatal seperti kanker usus.

Maka dari itu sebaiknya jaga kesehatan pencernaan dengan cara mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan juga mineral.

Tetapi selain dengan cara diatas masih ada lagi ramuan oba tradisional yang dapat mengatasi sembelit yang tentunya tidak mnimbulkan efek samping bagi tubuh dan bahannya yang mudah untuk di dapat.

6 Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Sembelit

1. Buah Mengkudu

Buah Mengkudu

Buah Mengkudu

Mengkudu adalah bauh yang banyak mengandung khasiat dan biasanya diolah menjadi ramuan tradisional salah satunya adalah obat tradisional untuk mengatasi sembelit.

Buah yang sering disebut dengan pace ini terkandung alkaloid triterpenoid dan juga moridom yang merupakan zat warna merah yang berguna sebagai pencahar feses dan juga sangat ampuh dalam mengatasi sembelit.

Untuk mengkonsumsinya cukup dengan mengkonsumsi air perasaannya saja dengan mencuci bersih buah mengkudu lalu diparut sampai halus kemudian tambahkan sedikit garam dan aduk hingga rata.

Setelah semua tercampur saring dan peras ampas dari buah mengkudu tadi dan sarinya dikonsumsi dua kali dalam sehari.

Baca Juga  Penyebab Hamil Di Luar Kandungan

2. Daun Kejibeling
Mungkin untuk daun yang satu ini sedikit asing bagi kita karena tidak pernah mendengarnya. Daun kejibeling ini sangat bagus untuk mengatasi sembelit karena berfungsi sebagai pancahar dan diuretik yang baik bagi penderita sembelit.

Untuk mengkonsumsinya cukup dengan rebus daun kejibeling dengan 2 gelas air dan direbus hingga tersisa 1 gelas dan diminum.

3. Ketepeng Cina
Daun ketepeng cina ini memiliki sensasi rasa pedas dan hangat jika dikonsumsi serta memiliki kandungan zat samak yang bersifat laksatif.

Selian itu daun ini dapat digunakan obat cacing dan obat kelianan kulit. Untuk mengkonsumsinya cukup dengan merebus 7 daun ketepeng cina dengan dua gelas dan direbus hingga tersisa 1 gelas dan diminum.

4. Daun Wungu
Di dalam kandungan daun wungu alkaloid non toksik, steroid, tannin, dan saponin. Saponin adalah kandungan yang dapat menjadi sebagai obat pencahar ringan bagi penderita sembelit. Cara mengkonsumsinya sama dengan mengkonsumsi daun ketepeng cina.

5. Temulawak
Temulawak ini memiliki kandungan antisembelit, antiradang, diuretik, dan bakteriostatik yang bagus dikonsumsi bagi penderita sembelit.

Cara mengolahnya cukup dengan menghaluskan temulawak dengan biji sesawi dan beri sedikit air kemudian peras lalu diminum.

6. Lidah Buaya
Lidah buaya dapat menjadi pencahar yang ampuh karena getah lidah buaya merupakan perantara pembersih yang kuat namun untuk mengkonsumsi lidah buaya harus hati-hati karena bisa menimbulkan efek diare dan kram usus.

Cara mengatasi sembelit dan susah buang air besar saat hamil di atas dapat Anda coba dan praktekkan agar kehamilan Anda tetap sehat. Namun jika sembelit yang dialami tidak kunjung sembuh, segera hubungi dokter.

Tags: , ,

Related to: Cara Mengatasi Sembelit saat Hamil