3 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami Lengkap

December 23, 2015

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami – Pori-pori yang besar di wajah memberikan kesan tidak nyaman, selain tidak enak untuk dipandang, pori-pori yang besar juga dapat menjadi penyebab masalah pada kulit wajah.

2920_T00567_7linesholiday_co_id_wpcontent_uploads_2015_07_taman_safari_indonesia

Pori-pori yang seperti ini sering menyebabkan timbulnya jerawat, pendapat ini telah banyak diunkapkan oleh para dokter dan penliti kulit. Lantas apa saja yang menyebabkan pori-pori wajah kita membesar. Berikut penjelasanya :

Penyebab Pori-Pori Wajah Membesar

Pasti setiap orang pernah memiliki pori-pori yang besar pada wajah, dan tentunya merasa jengkel akan masalah tersebut. Walaupun itu masalah sepele, tetapi jika masalah tersebut letaknya di wajah, tentunya setiap orang pasti akan kebingungan dibuatnya.

(Baca Juga : 6 Tips Menghilangkan Jerawat Es Batu )

Apalagi yang bekerja pada dunia hiburan dan pelayan masyarakat. Lalu apa saja penyebab pori-pori tersebut membesar, berikut ini adalah beberapa faktornya :

  1. Faktor Genetika
  2. Produksi Minyak pada Wajah yang Berlebih
  3. Sinar Matahari
  4. Kurang pandai dan rajin menjaga kebersihan kulit wajah
  5. Bakteri
  6. Kotoran (Debu, Polusi dan Sisa Make Up)

Cara Mengatasi Pori-Pori yang Besar pada Wajah Secara Alami

Bagaimana, apakah beberapa faktor penyebab pori-pori anda membesar ada pada salah satu faktor diatas. Jika ada, lalu bagaimana cara mengatasi pori-pori yang besar pada wajah secara alami, berikut adalah beberapa tipsnya :

  1. Madu + Minyak Zaitun

Madu memang dari dulu sudah terkenal akan khasiatnya yang dapat membuat kulit menjadi kenyal dan halus. Jika madu tersebut dicampur dengan minyak zaitun, khasiatnya akan semakin bagus pula yaitu untuk mengecilkan pori-pori dan menjadikan kulit semakin halus.

Baca Juga  Sedikit ulasan Jenis penyakit jantung faktor genetik

Lantas bagaimana cara menggunakannya?. Untuk cara pembuatan cukup mudah yaitu campur satu sendok teh madu dan minyak zaitun, kemudian aduk hingga memiliki kekentalan seperti pasta.

Sebelum dijadikan masker, pastikan anda mencuci wajah anda terlebih dahulu dan pastikan lembab.Lalu oleskan secara merata dengan gerakan memutar disertai pijatan lembut pada kontur wajah, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

  1. Mentimun + Apel

Mentimun adalah sayur yang bersifat astrigen. Buah dan sayur yang bersifat astrigen menurut penelitian berguna untuk mengecilkan pori-pori. Jika sayur tersebut dipadukan dengan buah apel, maka khasiat yang dihasilkan pun semakin sempurna. Ini dikarenakan apel diklaim memiliki antioksidan alami dan dapat menyerap minyak pada wajah yang berlebih.

  1. Es Batu
Mengecilkan Pori-Pori dengan Es

Mengecilkan Pori-Pori dengan Es

Es batu atau sering juga orang bilang batu es, biasanya hanya digunakan untuk mendinginkan minuman ataupun mengawetkan kesegaran ikan.

(Baca Juga : Tips Mengatasi Jerawat Dengan Es Batu )

Tetapi ternyata es batu tersebut memiliki manfaat yang lain yaitu untuk mengecilkan pori-pori dan memberikan efek kesegaran pada wajah. Selain itu, benda tersebut juga mampu mengurangi produksi minyak yang berlebih. Untuk menggunakan benda tersebut, anda hanya perlu menggosokan secara perlahan pada wajah selama 15-30 menit,

Baca Juga  Cara Alami Agar Wajah Terlihat Awet Muda Tanpa Efek Samping

tetapi sebelumnya pastikan anda telah membersihkan wajah anda dahulu, karena bila tidak dibersihkan, kotoran tersebut dapat menyumbat pori-pori dan dapat menimbulkan jerawat. Kemudian gunakan es batu yang bersih atau lebih amannya anda membuat sendiri.

  1. Jus Tomat

Buah yang kaya akan vitamin C, antioksidan dan potasium ini sudah lama diketahui mengenai khasiatnya yang dapat mengecilkan pori-pori. (Baca Juga : Cara mengecilkan Pori-pori wajah Dengan tomat)

  1. Putih Telur

Putih telur memiliki kemampuan seperti zat perekat alias lem. Karena hal itu, putih telur dapat membuat kulit wajah menjadi kencang sekaligus mengecilkan pori-pori.

  1. Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang cukup besar dan memiliki antioksidan alami, membuat buah yang satu ini dapat membersihkan kulit dari pori-pori bekas jerawat dengan sangat baik.

Semoga artikel ini membantu.

Tags: , , , , ,

Related to: 3 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami Lengkap