Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Alami dan Cepat

October 25, 2016

Kantung mata atau yang biasa disebut mata panda adalah gangguan kesehatan yang terjadi pada kulit di sekitar mata yang mengalami masalah penipisan juga mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap. Penyebab terjadinya kantung mata biasanya karena sering begadang atau kurang tidur.

Secara tidak langsung kehadiran kantung di bawah kelopak mata Anda membuat penampilan menjadi kurang menarik, selain itu juga mengurangi rasa percaya diri Anda. Agar kantung mata bisa hilang, Anda harus melakukan perawatan secara berkala.

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Kantung Mata

Kantung Mata

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan kantung akibat begadang yang berhasil dirangkum dari beberala artikel serupa.

  1. Kompres Dengan Es Batu

Apakah Anda pernah melihat para pegulat yang matanya menjadi hitam atau bengap? Biasanya saat ronde selesai, para perawat akan segera mengompres mata pegulat tersebut dengan es batu. Tujuan mengompres mata dengan es batu adalah untuk mengurangi memar pada mata.

Berdasarkan dari kasus tersebut, ternyata es batu juga dapat digunakan untuk mengembalikan kesegaran mata. Cukup Anda berbaring sejenak sebelum tidur, lalu sediakan basko yang berisi beberapa bongkahan es batu, kemudian Anda tempelkan di bawah kelopak mata. Biarkan es batu tersebut menyejukan mata Anda selama 10 menit, kemudian bersihkan mata Anda dan bergegaslah untuk tidur, rasa kesegarannya pada esok hari.

  1. Masker Kentang

Kentang memiliki kandungan asam fosfar dan asam sitrat yang mampu meringankan peradangan atau inflamasi dan kentang pun tidak mengandung astrigent. Oleh karena itu banyak ahli yang merekomendasikan para penderita kantung mata untuk menggunakan masker yang terbuat dari kentang.

Baca Juga  Berikut Ini Adalah 7 Selebitis Yang Meningal Akibat Serangan Jantung

Cara membuat masker dari kentang untuk menghilangkan mata panda:

Kantung Mata

  • Sediakan satu buah kentang yang kulitnya sudah dikupas, lalu dicuci bersih.
  • Kentang diiris tipis dan ditumbuk hingga halus.
  • Kentang yang sudah halus digunakan untuk mengompres area sekitar mata.
  • Biarkan selama 30 menit, lalu kentang diangkat dan mata dibersihkan.

Cara menghilangkan kantung mata dengan masker kentang ini cukup efektif.

  1. Bengkoang

Buah bengkoang kaya akan vitami  C dan B1, mineral di mana setiap nutrisi yang terkandung di dalam kentang baik untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Selain itu, bengkoang juga memberikan kesegaran pada kulit, menghilangkan lingkaran hitam atau mata panda dengan menggunakan bengkoang pun terbukti efektif.

Anda cukup memarut buah bengkoang, lalu gunakan dengan cara mengompres atau sebagai masker. Diamkan selama 15 menit, kemudian dibersihkan. Lakukan cara ini dengan rutin sampai kantung mata Anda hilang dan bila cara ini dirasa kurang efektif, Anda bisa mencoba tips berikutnya.

  1. Kantung Teh Celup Bekas

Mungkin selama ini Anda mengira ampas pada kantung teh celup yang sudah dipakai tidak memiliki manfaat. Sebenarnya, ampas kantung teh dari teh hitam ataupun dari teh hijau memiliki manfaat, yaitu dapat mengencangkan kulit karena di dalamnya memiliki kandungan zat tannin. Selain itu, fungsi dari zat tannin juga dapat melancarkan pembuluh darah.

Baca Juga  Penyebab Sakit Kepala dan Daftar Obat Sakit Kepala

Hubungan dari kantung teh celup bekas dengan kantung mata adalah sama seperti bahan yang lainnya, yaitu digunakan untuk mengompres mata dan menghilangkan kantung mata akibat begadang. Caranya cukup sederhana, sediakan sepasang kantung teh yang sudah dipakai, direndam terlebih dahulu ke dalam air dingin. Jika sudah, Anda dapat mengompresnya langsung ke area bawah mata setiap pagi hari dan menjelang tidur.

  1. Timun

Buah timun juga bisa Anda gunakan untuk memudarkan  warna hitam pada area sekitar mata Anda. Tidak hanya itu saja, buah timun juga memiliki manfaat untuk melancarkan sistem aliran darah di dalam tubuh. Cara menggunakan timun untuk mengompres mata sangat mudah.

  • Timun diiris tipis-tipis, lalu setiap dua irisan timun ditempelkan pada kedua mata.
  • Lakukanlah perawatan ini dengan menutup mata atau memejamkan mata.
  • Jika cara tidur Anda rapi, lebih baik lakukan cara ini sambil tidur agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghilangkan kantung mata akibat begadang. Semoga serangkaian cara yang telah dijelaskan di atas dapat bermanfaat. Sebenarnya, cara yang paling efektif untuk menghilangkan mata panda adalah dengan menambah jam tidur atau setidaknya waktu tidur harian Anda tercukupi, yakni selama 7-8 jam dalam sehari.

 

Tags:

Related to: Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Alami dan Cepat