Cara Menghilangkan Keloid Dengan Berbagai Cara

November 10, 2016

Definisi Keloid Pada umumnya, keloid merupakan bekas luka yang timbul di atas permukaan kulit di mana yang sebelumnya sudah terdapat luka. Keloid adalah pertumbuhan parut yang menonjol, memanjang serta melebar dengan permukaan yang licin apabila disentuh dengan telapak tangan.

Keloida bisa timbul di bagian mana saja, tetapi lebih sering terjadi dan ditemukan di daerah bahu, dada bagian atas, leher, serta area sekitar wajah atau yang lebih tepatnya berada di sekitar rahang bawah.

Penyebab Keloid

penyebab keloid

keloid di tubuh manusia

 

Keloid bukan penyakit yang membahayakan di mana untuk kesembuhan dan penanganannya membutuhkan bantuan dokter. Masalah yang timbul karena keloid ini lebih condong kepada segi penampilan. Oleh sebab itu banyak orang yang menghilangkan keloid dengan cara operasi.

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan keloid.

  1. Pecahnya jerawat yang meninggalkan bekas.
  2. Akibat luka bakar.
  3. Bekas cacar.
  4. Luka karena tergores benda tajam.
  5. Luka bedah atau operasi.
  6. Lubang tindikan pada telinga.
  7. Suntikan vaksinasi untuk mencegah suatu penyakit.

Seperti yang disampaikan oleh National Center For Biotechnology Information, pada umumnya keloid terjadi pada seseorang yang berusia 10 hingga 20 tahu. Keloid dapat terjadi karena dipengaruhi oleh faktor keturunan atau genetik, seorang anak akan lebih mudah memilikin keloid karena sebelumnya bapak atau ibunya mengalami hal yang sama saat lukanya telah sembuh.

Cara Mencegah Keloid

Hanya ada satu cara untuk mencegah agar jumlah keloid tidak menyebar ke bagian permukaan kulit yang lainnya, yaitu sebisa mungkin hindari luka, termasuk prosedur operasi jika keadaannya tidak terlalu genting, seperti operasi plasik, operasi pemancungan hidung dan lain-lain.

Cara Menghilangkan Keloid Dengan Medis

penyebab keloid medis

Pengobatan keloid secara medis

 

Berikut ini adalah cara yang terbukti efektif untuk menghilangkan keloid dengan medis.

  1. Suntik cortisone (injeksi steroid intralesi)

Cara yang pertama ini terbilang cukup efektid. Dengan cara bertahap menggunakan obat suntik keloid dapat mengecilkan bekas luka yang menonjol tersebut. Untuk menjalani cara ini Anda tidak perlu khawatir, karena cara ini sangat aman dan tidak begitu menyakitkan.

Suntik cortisona pada umumnya dilakukan sebulan sekali hingga mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan bertahap keloid pun akan mengecil dan kempes, dalam beberapa kasus suntikan steroid ini juga dapat membuat keloid menjadi rata dan berwarna kemerahan. Hal tersebut terjadi karena suntikan steroid tersebut dapat merangsang terjadinya pembentukan pembuluh darah yang lebih dangkal, kalau sudah seperti itu keadaannha dapat ditangani dengan menggunakan laser.

Meskipun keloid sudah tidak terlihat menonjol, sekalipun hasil terbaik pun tetap akan meninggalkan bekas luka di kulit yang dapat terlihat oleh mata, permukaan yang agak kasar, dan kulit memiliki warna yang yang berbeda dibandingkan dengan warna kulit normal di sekitarnya.

  1. Laser
Baca Juga  12 Makanan Enak Ini Dapat Mengatasi Penderita Sulit Tidur

Dengan menggunakan terapi laser, keloid dapat mengecil dan warna kemerahan pada keloid akan memudar sesuai dengan jumlah terapi laser yang Anda lakukan. Karena menghilangkan keloid dengan cara menggunakan laser, maka membutuhkan beberapa sesi terapi. Kebanyakan orang memilih cara yang lain karena pengobatan ini butuh tahapan terapi sehingga memakan biaya yang tidak sedikit.

  1. Crytotherapy

Cara menghilangkan crytotherapy ini terbilang cukup aman, tetapi akan membuat Anda yang suka berdandan enggan untuk memilih cara ini. Karena crytotherapy dilakukan dengan membekukan keloid menggunakan nitrogen cair, dengan nitrogen cair ini keloid akan menjadi rata. Tetapi akan meninggalkan warna gelap pada kulit Anda.

  1. Fluorouracil

Fluorouracil ini digunakan untuk membunah sel-sel keloid dengan cara kemoterapi yang menggubakan obat keloid. Cara melakukan metode ini yaitu dengan menyuntikkan agen kemoterapi, baik secara sendiri atau bersamaan dengan steroid.

  1. Radiasi

Berdasarkan hasil riset dari para dokter, bahwa radiasi adalah salah satu cara yang paling efektif dan aman dalam menghilangkan keloid. Tetapi untuk prosesnya sendiri belum diketahui betul bagaimana caranya, kecuali dokter yang khusus mengatasi masalah ini.

Cara Menghilangkan Keloid Dengan Alami

Meskipun cara menghilangkan keloid dengan medis terbukti efektif, tetapi cara menghilangkan keloid dengan alami pun tidak bisa disangkal sangat efektif dan terbilang sepadan dengan aspek pengobatan medis.

Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

  1. Cuka Sari Apel Murni

Apel murni yang sudah diolah dan menghasilkan sari dapat Anda gunakan untuk menghilangkan keloid. Fungsi cuka sari apepl murni adalah untuk mengecilkan dan menghilangkan warna kemerahan pada bekas luka yang menonjol. Cara ini adalah metode tradisional yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Barikut langkah-langkah pengobatannya.

  • Oles bekas luka yang menonjol dengan menggunakan kuas, kemudian pijat lembut beberapa saat agar cuka sari apel murni dapat diserap ke dalam kulit
  • Tungga hingga sari apel tersebut mengering.
  • Agar proses pemulihan menjadi lebih cepat, lakuka metode ini 3 kali dalam sehari.

Jika kulit Anda sensitif pada penggunaan cuka sari apel, misalnya terjadi iritasi, maka segera beralih dengan cara lain atau Anda juga bisa mengencerkan sari apel murni dengan sedikit air.

  1. Baking Soda

Baking soda dapat digunakan sebagai cara mengilangkan keloid dengan alami. Peranan baking soda adalah sebagai pengelupas juga untuk menghaluskan kulit.

Berikut cara menggunakan baking soda sebagai cara menghilangkan keloid :

  • Buat dengan mencampurkan dua bahan yaitu baking soda san tiga bagian hidrogen peroksida.
  • Kemudian oleskan pasta yang telah siap pada daerah keloid, ini berfungsi untuk mengurangi peradangan juga untuk mempercepat proses pemulihan.
Baca Juga  Buah Penurun Kolesterol Paling Cepat Dan Paling Ampuh

Gunakan metode alami ini sebanyak tiga sampai empat kali dalam sehari, sesuai dengan tingkat parah atau tidaknya bekas luka tersebut.

  1. Jus Lemon

Di dalam jus lemon terdapat kandungan vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan, yang berfungsi untuk menunjang kesehatan tubuh serta untuk kecantikan kulit. Selain itu, jus lemon juga efekti untuk menghilangkan keloid dengan alami dan beberapa jenis luka yang lainnya.

Berikut ini cara mengobati keloid dengan menggunakan jus lemon :

  • Buat jus lemon tetapi airnya jangan terlalu banyak, agar sari lemon tersebut masih agak kental.
  • Kemudian oleskan jus lemon pada daerah yang terdapat keloid.
  • Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat sampai tidak lengket.

Seiring dengan berjalannya waktu, maka keloid tersebut akan menghilang secara signifukan. Namun Anda harus konsiten untuk melakukannya.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut saja, lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengobati keloid secara alami. Kandungan yang dimiliki lidah buaya dapat membantu mengurangi peradangan, menjaga kulit tetap lembab, juga untuk menyembuhkan kulit yang rusak.

Berikut cara menggunakan lidah buaya untuk mengobati keloid :

  • Bersihkan terlebih dahulu area bekas luka dengam air hangat.
  • Lalu tempelkan gel lidah buaya pada keloid.
  • Biarkan selama 30 menit, kemudian bersihkan dengan menggunakan air dingin.

Lidah buaya adalah bahan alami untuk menghilangkan keloid yang paling mudah dan tidak banyak mengeluarkan uang juga tenaga dalam prosesnya.

  1. Madu

Madu memiliki sifat pemulih, sehingga penggunaannya sebagai obat alternatif untuk mengobati keloid sangat dianjurkan oleh para pakar. Menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan madu pada daerah yang terdapat keloid dengan rutin selama beberapa minggu, dengan bertahap keloid pun akan mengecil dan warna bekas keloid akan memudar.

Demikianlah pembahasan tentang cara menghilangkan keloid dengan medis dan alami.  Anda tidak perlu bingung untuk pilih yang mana, karena Anda dapat memilih salah satu cara untuk mencobanya. Jika hasilnya positif, maka Anda dapat melanjutkan cara tersebut, begitupun dengan sebaliknya.

 

Tags:

Related to: Cara Menghilangkan Keloid Dengan Berbagai Cara