Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat Dan Alami Obat Tradisional

November 2, 2016

Sariawan merupakan benjolan pada daerah mulut yang berwarna putih kekuningan. Sariawan bukanlah penyakit yang serius, karena sariawan dapat disembuhkan dengan obat atau tanpa obat. Berdasarkan survey, kaum perempuan adalah yang lebih sering mengalami sariawan dari pada pria.

Pada umumnya, jumlah sariawan di mulut lebih dari satu dan keberadaannya sangat mengganggu, ketika sedang makan dan tersentuk makanan terasa sangat sakit. Apabila Anda mengalami sariawan yang tidak seperti biasa, secepatnya Anda lakukan konsultasi ke dokter gigi, agar Anda dapat mengetahui apa penyebab dan bagaimana cara untuk menyembuhkannya.

Kekurangan vitamin C adalah penyebab sariawan yang paling umum, yang biasanya lebih sering terjadi dan dialami oleh kaum wanita. Sedangkan menurut drg. Natalia Astina, bahwa faktor penyebab sariawan tidak diketahui secara pasti dan tidak hanya terlihat dari satu faktor saja, melainkan didukung oleh banyak faktor lainnya seperti hormon, genetik, stres, defisiensi nutrisi, rokok, pasta gigi, obat kumur dan jarangnya melakukan perawatan mulut.

Cara Mengobati Sariawan
cara mengobati sariawan

Jika hingga saat ini masalah sariawan yang Anda alami tidak juga kunjung sembuh, berikut ini adalah cara mengobati sariawan dengan melakukan perawatan juha dengan minum obat herbal yang sudah lama dapat membantu penderita lain yang mungkin kondisinya jauh lebih parah dari Anda.

Cuka Apel

Sari buah apel telah diklaim sebagai tips untuk menghilangkan sariawan yang dapat Anda lakukan di rumah. Dengan menggunakan cuka apel, bakteri yang menyebabkan sariawan dapat dibunuh, namun tips ini hanya untuk orang dewasa saja.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan satu sendok cuka sari apel yang mentah ke dalam setengah gelas air hangat, kemudian minum hingga habis. Cuka sari apel memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat berguna dalam meningkatkan imunitas dan memberi pertahanan tubuh terhadap jamur candida.

Yoghurt

Salah satu produk olahan susu ini dianggap sebagai obat sariawan yang reaksi pengobatannya ditargetkan langsung menuju akar infeksi. Sariawan adalah salah satu infeksi yang disebabkan oleh bakteri sehingga Anda harus menunjukkan pengobatan langsung pada titik sumber. Yoghurt bisa membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi dalam waktu yang singkat, yaitu hanya dua hari saja.

Cara menggunakan yoghurt sebagai obat sariawan cukup mudah. Anda hanya cukup melakukan berkumur saja dengan menggunakan yoghurt selama 30 detik. Yoghurt yang dapat Anda konsumsi dalam sehari adalah sebanyak dua gelas, jadwalkan tiap gelas yang diminum dalam rentang waktu yang cukup lama, misalnya antara pagi dan sore. Selain itu, yoghurt yang harus dipilih tidak mengandung gula karena dapat memicu bakteri.

Asam Borat (Boric Acid)

Asam borat merupakan senyawa kimia yang dapat larut dengan mudah di dalam air. Asam borat memiliki banyak manfaat untuk pengobatan ruam ringan, jerawat, juga sariawan dengan bertindak sebagai antiseptik yang efektif dalam membunuh virus yang menyebabkan masalah kesehatan tersebut. Cara menggunakannya untuk mengatasi sariawan bisa dilakukan dengan mencampur 1/4 sendok teh asam borat ke dalam secangkir air, lalu jadikan sebagi obat kumur dan tidak untuk ditelan.

Peringatan:

Asam borat merupakan senyawa yang cukup berbahaya jika sampai tertelan, oleh sebab itu usahaka agar terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan asam borat sebagai obat sariawan.

Beberapa Jenis Minyak

Beberapa jenis minyak yang terbuat dari bahan alami seperyi cengkeh, lavender, oregano juga pohon teh memiliki sifat anti-infeksi yang dapat membantu untuk meringankan sariawan pada orang dewasa. Cara menggunakannya yaitu dengan menamahkan setetes minyak dari salah satu bahan alami ke pasta gigi dan lakukan ini sebelum menggosok lidah atau bagian lainnya yang terdapat sariawan. Gosoklah lidah Anda dengan perlahan dalam waktu beberapa detik, lalu setelah itu berkumur dengan air tawar.

Baca Juga  Cara 6 Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami Dengan Cepat

Selain itu, minyak ini juga dapat Anda jadikan sebagai obat kumur dengan mencampurkan beberapa tetes saja pada secangkir air hangat. Lakukan pengobatan ini du sampai tiga kali dalam sehari, dan lamanya proses berkumur dapat Anda tentukan sendiri.

Air Garam

Air garam juga dapat Anda jadikan sebagai obat kumur untuk meredakan sariawan. Selain itu, Anda juga harus menambahkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air, lalu berkumurlah selama beberapa kali dan buanglah airnya. Dalam sehari lakukan perawatan ini sebanyak tiga kali.

Jaga Mulut Tetap Bersih
cara mengobati sariawan

Jika ingin mulut yang sehat, maka kebersihannya harus dijaga. Dengan begitu maka masalah seperti sariawan dapat terhindarkan. Dokter selalu menyarankan untuk menggosok gigi dalam sehari minimal dua kali, namun dalam pelaksanaannya juga jangan berlebihan.

Tidak hanya itu saja, sikat gigi pun harus diganti dalam beberapa bulan sekali, karena dalam hal ini dikhawatirkan bakteri gigi masih menempel pada sikat. Selain itu, dalam memilih sikat dan pasta pun harus Anda perhatikan, jika ingin mudah maka Anda dapat memilih sikat gigi elektrik.

Anda juga harus menyediakan obat kumur untuk mengoptimalkan kesegaran mulut juga kebersihan gigi. Yang harus Anda perhatikan dalam hal ini adalah jangan menggunakan satu sikat gigi bergantian dengan anggota keluarga lainnya. Maka peringatkan mereka untuk tidak menggunakan sikat gigi yang juga Anda pakai.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu agen pembunuh jamur juga bakteri yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai obat sariawan, baik untuk orang dewasa maupun untuk anak-anak. Pengobatan ini dapat dilakukan di rumah, caranya pun cukup mudah dan siapapun bisa melakukannya.

Pertama, Anda harus berkumur-kumur terlebih dulu dengan menggunakan air hangat. Kemudian oleskanlah minyak kelapa ke seluruh bagian mulut, terutama pada  bagian yang terdapat sariawan. Lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit, setelah itu berkumur-kumur lagi dengan menggunakan air hangat.

Konsumsi Makanan Yang Sehat

Sebenarnya cara ini lebih menagarah pada cara untuk mencegah sariawan, yakni dengan meningkatman sistem imun tubuh. Sistem imun atau kekebalan tubuh akan menjadi lebih kuat bila tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang dan tidak kurang. Dengan cukupnya gizi harian, imunitas akan lebih kuat dan mampu untuk melawan bakteri penyebab penyakit.

Saat terkena sariawan, perbanyaklah asupan buah dan sayur yang tinggi akan vitamin seperti buah jeruk dan apel. Karena kandungan vitamin di dalamnya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan pola hidup yang sehat, seperti melakukan olahraga yang rutin setiap hari.

Dengan menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat juga seimbang, membuat Anda akan berada pada puncak di mana tubuh menjadi benar-benar lebih sehat dan kebal dari berbagai penyakit. Jadi, jika Anda kedatangan tamu berupa penyakit tidak perlu khawatir, karena mereka sudah diusir lebib dulu oleh imun tubuh.

Minyak Jarak (Kastor) dan Susu Hangat

Cara pengobatan sariawan secara tradisional dengan menggabungkan susu hangat adalah yang direkomendasikan oleh para ahli. Caranya yaitu cukup dengan meneteskan atau menambah satu sendok makan minyak jarak atau kastor ke dalam secangkir yang berisi susu hangat sebelum Anda tidur malam.

Baca Juga  5 Mengobati Sariawan Dengan Obat Alami Secara Ampuh

Lakukan pengobatan ini selama minimal satu minggu, walaupun pada hari kedua atau hari ketiga sariawan sudah mulai menghilang. Tujuannya yang pertama adalah untuk menjaga kelembaban bibir dan mencegah sisa bakteri yang menyebabkan sariawan menjadi kembali berkembang, yang nantinya akan memicu sariawan menjadi datang kembali.

Kurangi Asupan Gula

Mengurangi asupan gula bukan berarti tidak mengkonsumsi gula sama sekali. Anda hanya perlu untuk membatasi konsumsi gula dalam sehari-hari dari makanan atau dari minuman jenis apapun. Hal ini juga dapat membantu proses kimiawi dari obat sariawan yang telah Anda gunakan.

Alasannya yaitu karena gula merupakan salah satu makanan yang disukai oleb jamur dan juga memiliki efek kontra pada obat anti-infeksi. Gula hanya dapat memperburuk keadaan mulut, seperti membuat gigi menjadi berlubang. Selain itu, mengkonsumsi gula yang berlebihan juga dapat meningkatkan kadar gula darah yang memicu terjadinya diabetes.

Baking Soda

Baking soda adalah bubuk yang memiliki kehebatan dalam menumpas berbagai masalah kesehatan yang memiliki kaitan erat denga infeksi bakteri. Hal ini dikarenakan baking soda meiliki sifat anti-bakteri sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam membunuh mikroorganisme yang berbahaya yang bersemayam di dalam tubuh, seperti jamur candida yang menyebabkan sariawan.

Cara untuk mengobati sariawan dengan baking soda yaitu bisa mencampur 10 ml air dengan 1 sendok teh baking soda, kemudian diaduk sampai berbentuk pasta. Setelah itu poles pasta tersebut ke seluruh area mulut, lalu biarkan sampai mengering, jika sudah mengering baru dibersihkan dengan cara berkumur.

Selain itu, baking soda juga sangat dijadikan obat sariawan untuk anak bayi karena pengobatan dengan baking soda tidak memberikan efek samping yang berbahaya. Namun, setiap anak memiliki tingkat sensitifitas yang berbeda, jadi Anda harus mengingatnya dan jangan sampai salah dalam merawatnya. Apabila Anda ingin memberikannya pada anak, lakukanlah setelah Anda memberikannya ASI.

Ekstrak Biji Anggur

Untuk mengobati sariawan, Anda juga bisa menggunakan ekstrak biji anggur, karena bahan ini memiliki kandungan senyawa yang bersifat anti-mikroba yang dapat membasmi bakteri, virus, jamur, maupun parasit. Cara pengobatan ini bisa diterapkan pada anak bayi yang berusia di atas satu tahun.

Langkah yang pertama, campurkanlah 10 tetes ekstrak biji anggur dengan 30 ml air destilasi. Lalu oleskan ke bagian mulut yang terdapat sariawan dengan menggunakan kapas sesekali setiap jam. Apabila sariawan tidak juga sembuh, Anda dapat menambahkan tetesan ekstrak biji anggur 15 hingga 20 tetes.

Sariawan sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus melakukan pengobatan. Namun prosesnya akan memakan waktu yang cukup lama, apalagi jika dalam keseharian Anda kurang memberi asupan cairan yang dapat menyeret bakteri ke dalam percernaan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda membantu proses penyembuhan dengan menerapkan cara pengobatan yang telah dijelaskan di atas. Tetapi, jika Anda lebih menyukai cara mengobati sariawan dengan menggunakan bantuan obat pabrik, lakukanlah pengobatan tersebut secara rutin berdasarkan prosedur yang tertera dibalik kemasan obat tersebut. Anda juga jangan lupa untuk memperhatikan perkembangannya, karena tidak menutup kemungkinan akan timbul penyakit lainnya yang mengancam dengan gejala yang menyerupai sariawan.

Tags: ,

Related to: Cara Mengobati Sariawan Dengan Cepat Dan Alami Obat Tradisional