Cara Mengobati Wasir / Ambeien Secara Alami Pada Ibu Hamil

February 16, 2016

Anda yang mengalami penyakit wasir bisa melakukan pengobatan dengan cara yang mudah dan sederhana. Bahkan anda bisa melakukan cara mengobati wasir secara alami ini di rumah. Wasir ini menyerang bagian lubang pembuangan yang rasanya sangat sakit, terlebih jika anda sedang buang air besar.

Anda pasti kenal yang namanya ambeien atau yang lebih dikenal dengan sebutan wasir merupakan gejala pelebaran pembuluh darah balik yang ada di anus.

Sebetulnya ambeien dapat sembuh dengan sendirinya satu atau dua minggu lamanya, namun jika ambeien yang diderita sudah bengkak dan sudah adanya iritasi tentu akan menganggu anda. Apalagi jika Anda sedang dalam kondisi hamil, tentu saja sangat menjengkelkan!

Ambeien tidak hanya selalu diderita oleh pegawai kantoran saja. Namun Ibu hamil pun sering mengalami ambeien dan hal tersebut dikatakan wajar.

Mengapa Ibu hamil dikatakan wajar mengalami ambeien? bagaimana cara menyembuhkan ambeien ketika masa kehamilan? Tulisan ini akan membantu anda menemukan jawabannya dan juga akan membahas 9 rahasia menyembuhkan ambeien saat masa kehamilan.

Mengapa Ambeien Mudah Dialami Ibu Hamil?

Ketika berdiri merasa pegal, ketika duduk pun juga rasanya tidak nyaman. Nah, itulah yang dirasakan ketika menderita ambeien.

Gejala yang selalu dialami yaitu nyeri, keluar cairan, gatal pada bagian anus, sulit ketika buang air besar dan juga bahkan seringkali terjadi perdarahan ketika buang air besar.

Akibat gejala seperti itu, maka tidak heran ambeien menjadi salah satu alasan bagi seorang wanita tidak ingin mengandung untuk kedua kalinya. Lalu mengapa wanita hamil wajar mengalami ambeien?

Inilah faktor penyebabnya ambeien.

  • Perubahan hormon
    Ketika hamil, kadar hormon progesteron pada Ibu hamil akan mengalami peningkatan. Sekalipun hormon tersebut bermanfaat dalam memperkuat atau menahan janin yang ada di dalam rahim, tapi hormon tersebut juga dapat menghambat gerak peristaltik otot pencernaan.
    Sedangkan otot tersebut memiliki fungsi  untuk melancarkan perjalanan makanan dari saluran pencernaan ke saluran pembuangan.
  • Ukuran janin yang makin besar
    Ketika usia kehamilan terus bertambah, janin dan rahim pun akan ikut membesar sehingga mengakibatkan terjadinya tekanan di rongga perut dan panggul.
  • Sembelit
    Penelitian yang dilakukan oleh dr Bradley dari Departemen Kebidanan Universitas Iowa, Amerika Serikat. Menemukan bahwa 25 persen Ibu hamil akan menderita sembelit dan kondisi ini bisa terus berlanjut hingga 3 bulan sehabis melahirkan. Apabila sembelit tidak langsung ditangani, resiko terjadinya kerusakan otot panggul menjadi besar.
Baca Juga  Inilah 5 Bahaya yang Timbul Akibat Memakai Bra Saat Tidur

9 Rahasia Menyembuhkan Ambeien pada Masa Kehamilan

Memang menyembuhkan ambeien ketika sedang melahirkan lebih sulit dibandingkan setelah melahirkan. Maka dari itu, seorang pakar kebidanan dan kandungan dari Mayoclinic, Roger W. Harms, M.D. Mengeluarkan 9 cara berikut untuk menyembuhkan ambeien.
1. Duduk berendam di air hangat
Air hangat cukup efektif dalam mencairkan pengumpalan darah yang membeku. Lakukanlah secara rutin sekitar 10-15 menit, dengan air hangat bersuhu 40-60 derajat celcius.

2. Gunakan es batu
Es batu dapat dimanfaatkan untuk meredakan rasa nyeri dan mengurangi aliran darah dan pembuluh darah yang melebar.

3. Kurangi tekanan perut dengan “SOS”
SOS itu maksudnya sleep on side atau berbaring dengan posisi miring.

4. Jaga kebersihan di area dubur
Bersihkan area dubur anda sebersih mungkin ketika habis buang air besar.

5. Rutinlah mengkonsumsi sayur dan buah-buahan setiap hari
Makanan yang dibutuhkan oleh penderita ambeien adalah makanan yang banyak mengandung serat dan vitamin. Mengkonsumsi buah seperti papaya atau bayam sangat direkomendasikan.

6. Perbanyaklah minum air putih
Dianjurkan meminum air putih 1,5 – 2 liter perhari untuk membantu menyembuhkan ambeien.

7. Sering lakukan olahraga ringan
Olahraga ringan seperti berjalan kaki 30 menit atau berenang sangat baik untuk ibu hamil.

8. Dibiasakan untuk tidak menahan buang air besar
Jangan biasakan menahan buang air besar karena dapat mengakibatkan feses mengeras dan sulit untuk keluar.

9. Coba bahan alami untuk menyembuhkan wasir
Lidah buaya merupakan tanaman alami yang cocok untuk menyembuhkan wasir.

Tips Mengobati Wasir

gejala-penyakit-ambeien-cara-pengobatan

Awal terjadinya penyakit wasir ini biasanya terjadi pada disebabkan karena penyakit sembelit yang sudah menahun. Biasanya hal ini disepelekan oleh sebagian orang, padahal akibatnya sangat fatal, kemungkinan terjadinya penyakit wasir.

Baca Juga  Penyebab Munculnya Gejala Kanker Usus Besar

Bagian lubang pembuangan akan timbul tonjolan, yang disertai peradangan pada pembuluh darah di sekitar lubang pembuangan. Tips mengobati wasir ini bisa dilakukan dengan cara berendam pada air hangat 3 kali dalam sehari untuk mengurangi rasa nyeri pada anus.

Selain itu, anda pun bisa memanfaatkan lidah buaya untuk mengobati wasir. Cara mengobati wasir secara alami ini dimulai dengan mengoleskan daging lidah buaya yang mengandung lendir pada area anus.

Hal ini akan mengurangi peradangan di sekitar lubang pembuangan yang terasa nyeri. Adapun cara lain mengobati wasir ini dengan mengompres es di bagian lubang pembuangan.

Cara ini bisa anda lakukan ketika anus terasa nyeri setelah buang air besar. Lakukan pengobatan ini 3 kali dalam sehari.

Cara Mengobati Wasir Tanpa Operasi

Cara pengobatan diatas merupakan cara mengobati wasir tanpa operasi, khususnya bagi anda yang takut dengan pengobatan melalui operasi.

Anda bisa mengandalkan berbagai tanaman sekitar rumah atau cukup melakukan pengompresan saja. Adapun cara mencegah terjadinya penyakit wasir adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Sebab serat dapat membantu melakukan pencernaan dengan baik.

Konsumsilah air putih setidaknya 2 liter dalam sehari sehingga buang air besar menjadi rutin. Jika suka, untuk menghindari penyakit tersebut bisa mengkonsumsi yoghurt yang dapat meningkatkan kerja usus.

Pada saat buang air besar, usahakan tidak mengejan agar tidak menyebabkan pembengkakan darah di bagian lubang pembuangan. Itulah cara mengobati wasir secara alami dan langkah pencegahan yang bisa dilakukan.

Tags: , , , , , , , ,

Related to: Cara Mengobati Wasir / Ambeien Secara Alami Pada Ibu Hamil