Cara Mengolah Kulit Manggis Untuk Obat

May 7, 2017

Cara Mengolah Kulit Manggis – Seiring berjalannya waktu, bahan pengawet dan kimia seperti pewarna buatan serta buruknya gaya hidup dan pangan manusia, ini semua berakibat mudahnya terkena penyakit kanker, kolesterol, darah tinggi dan diabetes.

Sudah tidak asing terdengar, dimana-mana maraknya kasus masyarakat terserang penyakit tersebut. Namun siapa sangka, buah manggis yang sering kita jumpai di pasaran, memiliki berbagai khasiat, terutama pada kulitnya. Terbukti terdapat berbagai macam kandungan yang mampu menguatkan anti bodi dan tentunya menjaga kesehatan tubuh.

cara mengolah kulit manggis

Kulit Manggis yang sudah di olah

Menurut studi yang telah dilakukan di berbagai negara membuktikan bahwa ternyata terdapat cukup banyak manfaat dari kulit manggis untuk kesehatan.

Studi untuk berbagai manfaat kulit manggis ini dilakukan di seluruh dunia tersebar di empat benua, 12 negara dan hasilnya semua memberikan hasil yang positif.

Hal ini cukup mengagetkan bagi kita semua. Beberapa peneliti mengatakan bahwa kulit manggis bermanfaat mengatasi berbagai macam penyakit. Ini disebabkan oleh adanya senyawa xanthone yang terdapat dalam kulit manggis.

Xanthone merupakan bioflavonoid yang bersifat anti oksidan, bakteri, tumor, alergi, inflamasi dan histamin. Di dunia ini terdapat sekitar 200 jenis xanthone dimana 50 jenis diantaranya berada pada buah manggis (garcinia mangostana). Senyawa itu tersebar pada biji, kulit batang, kulit buah, daun serta sebagian kecil pada daging buahnya.

Buah manggis adalah nama lokal dari tanaman yang memiliki nama latin Gracinia Mangostana L. Buah manggis diketahui banyak terdapat di Indonesia dengan memiliki berbagai manfaat kesehatan yang sangat baik, terutama pada bagian kulitnya.

Beberapa manfaat kulit manggis :

  1. Mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  2. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi (bersifat anti-hypertensive).
  3. Melawan radikal bebas seperti bakteri dan virus yang akan menyerang tubuh.
  4. Membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.
  5. Membantu dalam pengobatan kanker (bagi penderita kanker).

Bagaimana cara mengolah kulit manggis?

cara mengolah kulit manggis

Bagi anda yang ingin mencoba kasiat dari kulit manggis, dapat mengolahnya dengan cara membuat teh kulit manggis. Kini minuman alami yang kaya khasiat tersebut sudah dapat ditemui di supermarket maupun toko herbal terdekat. Namun jika anda ingin lebih menghemat, anda bisa membuat teh kulit manggis sendiri di rumah. Karena cara pembuatannya  begitu mudah dan simple.

Berikut, cara-cara membuat teh kulit manggis :

Pertama, Anda harus membuat kulit manggis menjadi serbuk kecil terlebih dahulu. Adapun cara untuk menjadikan kulit manggis menjadi serbuk ialah sebagai berikut :

  • Keringkan kulit manggis dengan menggunakan mesin pengering dengan tipe drum berputar. dengan suhu maksimum 50 derajat celcius. Hal ini penting, supaya kadar airnya pada kisaran 10-12%.
  • Jika proses pengeringan dengan tenaga matahari, jemurlah kulit manggis dengan alas bamboo dengan jarak 60 cm dari permukaan tanah selama 1,5 jam. Dan sebaiknya ditutup dengan menggunakan kain tipis berwarna hitam.
  • Kulit manggis yang sudah kering dihancurkan hingga menyerupai serbuk. (persiapan dan olahan yang baik, akan menghasikan xanthone yang tinggi)

Kedua, Setelah kulit manggis menjadi serbuk, kemas serbuk kulit manggis dalam kantong yang menyerupai kantong the celup.

Ketiga, setelah dikemas. Kantong yang sudah dimasuki serbuk kulit manggis direkatkan hingga rapat.

Keempat, setiap kantong berisi kurang lebih sepuluh gram serbuk kulit manggis.

Kelima, siapkan air mendidih. Dan teh celup kulit manggis pun siap dihidangkan. Bagi anda pecinta manis. Anda juga bisa menambahkan gula atau madu secukupnya. Teh kulit manggis pun dapat diminum bersama teman maupun keluarga Anda, selamat mencoba.

Tags: , , , ,

Related to: Cara Mengolah Kulit Manggis Untuk Obat