Cara Mengurangi Nyeri Saat Kontraksi dalam Persalinan

January 31, 2015

Kontraksi merupakan salah satu proses yang akan dialami Ibu hamil menjelang persalinan. Banyak dari wanita hamil yang mengalami kontraksi palsu atau menurut istilah kedokteran disebut Braxton Hicks. Kontraksi palsu yaitu kondidi di mana rahim mulai mengencang namun mengendur lagi. Secara sederhana dapat digambarkan seperti ketika Anda mengalami kram perut pada waktu menstruasi. Tapi bedanya, dengan kotraksi pada saat akan melahirkan, intensitasnya lebih kuat dan lebih sering terjadi pada waktu yang lama.

Saat terjadi kontraksi seperti ini, tentu wanita yang akan melahirkan merasa tidak nyaman atau takut bagi yang baru pertama kali melahirkan. Sebenarnya, rasa nyeri akibat kontraksi seperti ini dapat dikurangi. Berikut caranya.

Tips mengurangi nyeri kontraksi

Cara Mengurangi Nyeri Saat Kontraksi

Lakukan hal yang menyenangkan

Tubuh akan melepaskan hormon oksitosin, yaitu hormon yang menyebabkan kontraksi. Hormon ini juga dilepaskan ketika Anda  orgasme, jatuh cinta, dipijat, dan saat Anda merasa aman. Sebenarnya hormon ini termasuk hormon intim, namun jika Anda merasa takut maka bisa memperlambatnya. Tanpa menguasai gerakan yoga pun Anda tetap dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Cukup ciptakan suasana yang nyaman dan aman ketika Anda mulai kontraksi.

Baca Juga  Simak Pentingnya Menjaga Kandungan pada Awal Kehamilan

Lakukan pijatan

Untuk dapat mengurangi rasa sakit saat akan melahirkan juga dapat dilakukan dengan melakukan pijatan yang benar dan konsisten. Dengan memeluk bantal dan bersandar pada kursi, posisikan pasangan Anda untuk memijat pinggul dan punggung Anda. Lakukan latihan memijat sejak jauh-jauh hari sebelum tiba saatnya melahirkan.

Benamkan diri di air

Anda juga bisa melakukan terapi untuk menghilangkan rasa nyeri saat kontraksi dengan membenamkan diri ke air hangat. Tekanan dan rasa sakit dapat dikurangi saat Anda berada di bathtub karena duduk tanpa beban. Sedangkan manfaat air hangat bisa merelaksasi otot dan syaraf yang tegang. Jika di rumah sakit tempat Anda melahirkan tidak tersedia bathtub, Anda bisa menyirami perut dengan shower air hangat. Tekanan lembut dari shower juga bisa mengatasi masalah nyeri punggung yang terjadi selama kehamilan.

Mengubah posisi

Cobalah buat posisi yang tidak melawan gravitasi, seperti membuka panggul. Caranya, duduk saja dan bersandar pada dinding, atau bersandar pada kursi, bisa juga bersandar pada tubuh suami. Mengubah posisi saat melahirkan sangat efektif mengurangi nyeri. Tapi ketika dokter melakukan tindakan, sebaiknya Anda jangan bergerak sebab dokter akan terus melakukan pantauan terhadap sang bayi.

Baca Juga  8 Penyebab Diare Pada Bayi Orang Tua Wajib Mengetahuinya

Minta dukungan orang terdekat

Ibu hamil yang akan melahirkan pasti ditemani oleh keluarga dan orang terdekat sebelum waktunya mengejan dan dokter belum mensterilkan ruangan melahirkan. Saat itu, mintalah dukungan dan doa pada semau yang ada. Anda juga butuh ditemani ketika merasakan sakit dan merintih, dengan begitu Anda akan lebih kuat dan merasa nyaman.

Cara mengurangi rasa sakit saat kontraksi ini dapat Anda praktekkan ketika akan melahirkan. Semoga bermanfaat dan Anda bisa melahirkan tanpa rasa sakit yang parah.

Tags: , ,

Related to: Cara Mengurangi Nyeri Saat Kontraksi dalam Persalinan