Cara Naik Berat Badan Untuk Anak-Anak Agar Tetap Sehat

March 7, 2016

Cara Naik Berat Badan Untuk Anak-Anak – Seorang anak yang mempunyai masalah dengan gizi, dapat dilihat dari kondisi tubuhnya yang kurus dan dilihat dari berat badan anak tersebut yang berada dibawah normal atau tidak sesuai dengan standart. Untuk dapat mengetahui keadaan atau kondisi tersebut, maka dapat dilakukan pengukuran indeks massa tubuh (IMT) melalui perbandingan tinggi dan berat badan seorang anak berdasarkan standart angka kecukupan gizi di Indonesia.

Cara Naik Berat Badan Untuk Anak-Anak

Menurut seorang profesor pediatri dari Children’s Hospital Medical Center, yaitu Prof. Stephen R Daniels, MD, PhD, mengatakan, bahwa berat badan pada seorang anak bersifat dinamis, berat badannya dapat berubah sesuai dengan pertumbuhannya.

Tips Cara Naikan Berat Badan Untuk Anak

Sedangkan di Indonesia memiliki standart angka kecukupan gizi, berikut ulasannya :

  • Anak usia 1-3 tahun memiliki berat badan yang normal 12 kg, dan tinggi 90 cm.
  • Anak usia 13 bulan memiliki berat badan yang normal 9-10 kg.

Dan, apakah saat ini anak Anda sudah memiliki kecukupan gizi yang sesuai dengan standart?
Jika anak Anda belum memiliki kecukupan gizi yang sesuai dengan standart, maka berat badan anak Anda harus dinaikkan. Untuk menaikkan berat badan pada anak Anda, maka perhatikanlah energy dan nutrisi yang dibutunkan oleh anak.

Berikut ini adalah contoh dari kebutuhan gizi seorang anak yang berusia 1-3 tahun.
Kebutuhan gizi anak berusia 1-3 tahun:

  • Zat besi yang dibutuhkan sebanyak 8 mg.
  • Protein sebanyak 25 gram.
  • Energy sebanyak 1000 kkal.
  • Kalsium sebanyak 500 mg.
Baca Juga  Empat vitamin untuk meningkatkan kecerdasan Otak Anak

Sedangkan kandungan nutrisi yang dibutuhkan adalah karbohidrat, seperti roti, mie, nasi, pasta, kentang, yang dapat memberikan tenaga serta memberikan rasa kenyang pada perut anak.

Untuk kebutuhan protein anak dari lauk hewani, bisa Anda dapatkan dari daging ayam, sapi, telur, ikan, serta dari bebek. Sedangkan untuk kebutuhan protein dari lauk nabati, Anda dapat memberikannya tahu, tempe, kacang merah, kacang hijau, susu, serta kacang kedelai. Hal ini sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangannya, daya tahan tubuh anak serta antibody pada anak.

Sedangkan untuk vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh anak, dapat ditemukan dari buah dan sayuran, yang berwarna terang. Buah-buahan berguna untuk mengatur dan pelindung serat bagi tubuh anak, yang sangat baik untuk pencernaannya.

Dan terakhir adalah lemak, yang merupakan sumber energy untuk anak serta sebagai zat pelarut vitamin A, E, D, dan K. Setelah Anda mengetahui beberapa jenis makanan yang merupakan sumber protein serta sumber nutrisi, yang dapat membuat berat badan anak Anda naik, maka berikut ini adalah tips dan cara menaikkan berat badan anak.

Tips Menaikkan Berat Badan Anak :

  1. Dalam sehari, berikan anak Anda makan dengan porsi nasi lunak kurang lebih sebanyak 16 sendok makan.
  2. Berikan lauk hewani, sebanyak 2-3 porsi. Contonya adalah  memberikan ikan dengan ukuran sebesar korek api, serta daging sapi dan ayam.
  3. Berikan tambahan lauk nabati pada menu makan anak Anda, seperti tempe atau tahu.
  4. Berikan sayur, kurang lebih 2-3 mangkuk dalam sehari.
  5. Berikan buah-buahan sebagai tambahan pada menu makan anak Anda, seperti buah jeruk atau pepaya.
  6. Berikan susu sebanyak 4 gelas dalam sehari atau sebanyak 600 ml.
Baca Juga  Inilah Mengapa Asam Folat Sangat Penting Untuk Ibu Hamil

Selain itu, yang perlu Anda ketahui, dalam memilih makanan untuk anak atau balita, maka sesuaikan dengan pertumbuhan gigi geligi pada anak Anda, agar anak Anda dapat mencerna makanannya dengan optimal. Dan, berikan kesempatan pada anak Anda untuk memiliki jenis masakan atau makanan yang ia suka.

Karena dengan begitu, nafsu makan anak Anda akan bertambah, dan anak akan memakannya dengan lahap. Porsi makan yang ideal untuk anak 1-3 tahun yaitu sepertiga dari porsi makan orang dewasa.

Demikianlah tips untuk menaikkan berat badan pada anak, cukup mudah bukan cara untuk menaikkan berat badan anak? Silahkan Anda mencobanya di rumah, semoga dapat bermanfaat untuk semua orang yang membacanya.

Tags: , ,

Related to: Cara Naik Berat Badan Untuk Anak-Anak Agar Tetap Sehat