Waspadalah Ciri Penyakit Jantung Jangan Anggap Sepele Sebelum Terlambat

March 10, 2016

Waspadalah Ciri Penyakit Jantung  – Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang dialami oleh orang-orang di dunia ini. Ciri-ciri dari gejala awal seseorang menderita penyakit jantung sangat bervariasi, dan tergantung dari jenis penyakit jantung yang diderita oleh orang tersebut. Banyak orang yang mengartikan, bahwa penyakit jantung dan serangan jantung adalah penyakit yang sama. Tentu, hal ini adalah yang berbeda.

Sakit jantung adalah kondisi di mana fungsi jantung tidak memiliki kemampuan untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan, serangan jantung adalah kondisi di mana terjadi penyumbatan atau pengecilan pada pembuluh darah yang membawa sari makanan dan oksigen yang menuju ke jantung. Namun dengan demikian, terlepas dari semua perbedaan tersebut, tetap saja keduanya masih memiliki hubungan yang sangat erat.

Ciri Penyakit Jantung

ciri penyakit jantung

Berikut ini adalah ciri-ciri dari gejala sesorang yang terkena penyakit jantung :

  1. Merasakan sakit pada bagian kepala, jika terkena sinar matahari bagian kepala menjadi terasa sakit, hal ini bisa saja ciri-ciri dari orang tersebut memiliki masalah dengan jantungnya. Ini dapat mempengaruh denyut jantung menjadi cepat ataupun menjadi lambat. Pada wanita, jika mengalama sakit migrain harus waspada. Seperti yang dikutip dari hasil penelitian American Academy Of Eurology, bahwa sakit kepala yang dialami oleh penderita sakit jantung dapat disebabkan oleh terjadinya penyimpanan sirkulasi darah.
  2. Nyeri pada dada, rasa nyeri pada bagian dada bisa saja menjadi ciri-ciri gejala dari seseorang yang menderita sakit jantung. Tetapi, rasa sakit pada bagian dada tidak hanya gejala dari penyakit jantung, mungkin saja disebabkan dari adanya penyakit lain. Untuk dapat memastikan hal tersebut, maka diperlukan pemeriksaan medis oleh dokter ahli. Karena rasa nyeri pada bagian dada seseorang yang terkena penyakit jantung, disebabkan oleh terjadinya sumbatan pada arteri yang mengakibatkan darah tidak dapat mengalir dengan baik menuju ke seluruh tubuh.
  3. Merasakan sakit pada bagian tubuh, karena terjadinya sumbatan pada arteri, akhirnya menyebabkan rasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Seperti, misalnya terjadi pada seorang wanita, maka ia akan merasakan sakit pada bagian tangan kiri, atau pada bagian tangan kanannya. Sedangkan pada laki-laki biasanya akan merasakan pada bagian tangan kirinya. Selain rasa sakit pada bagian tangan, bagian tubuh lainnya juga yang akan terasa sakit adalah bahu, punggung siku, dan leher di mana rasa sakitnya dapat datang juga pergi sewaktu-waktu.
  4. Merasa mudah lelah, ciri-ciri gejala penyakit jantung yang satu ini, memang seperti gejala dari penyakit anemia. Seperti, saat seseorang baru saja bangun dari tidurnya dan tidak melakukan aktivitas berat apapun, tetapi sudah merasakan kelalahan. Jika hal ini terjadi pada Anda, maka segeralah pergi ke dokter untuk melakukan konsultasi dan memastikan kondisi tubuh Anda tidak terjadi apapun, kalaupun ada suatu penyaki yang menyerang Anda, segera lakukan pengobatan.
  5. Sesak napas, seseorang yang mengalami sesak napas bisa saja disebabkan oleh terjadi oleh terhambatnya pembuluah darah saat melakukan pendistribusian darah keseluruh bagian tubuh, sehingga membuat denyut jantung menjadi tidak teratur, terjadi penebalan pada otot dan terjadi kelainan pada katup jantung.
  6. Merasakan mual, mual merupakan salah satu gejala dari penyakit jantung selanjutnya. Penderita sakit jantung akan merasakan mual, sehingga menyebabkan menurunnya nafsu makan, pembengkakan pada bagian perut saat awal terjadinya gejala, sehingga perut bagian dalam pun merasakan mual juga.
  7. Rasa cemas, biasanya seseorang yang terkena serangan jantung akan mengalami trauma, sehingga dapat menimbulkan rasa tegang, katakutan dan juga rasa cemas. Tentu saja hal tersebut harus dihindari, karena dapat memicu terjadinya kembali serangan jantung. Oleh sebab itu, penderita penyakit jantung harus selalu berada dalam keadaan tenang dan tidak cemas.
  8. Pembengkakan, merupakan salah satu ciri dari gejala penyakit jantung. Seseorang yang menderita sakit jantung, akan mengalami pembengkakan pada bagian tertentu pada tubuh, seperti pada bagian perut atau pembengkakan pada bagian pergelangan kaki, hal ini terjadi karena disebabkan oleh cairan yang menumpuk di dalam tubuh.
  9. Keluar keringat, permasalah dari jantung yang lainnya adalah saat tubuh mengeluarkan keringat, tetapi sedang tidak melakukan olahraga atau aktivitas berat apapun, maka hal ini harus diwaspadai karena merupakan salah satu ciri dan gejala dari penyakit jantung.
Baca Juga  Penyebab Dan Cara Menghilangkan Rambut Beruban

Jika seseorang mengalami gejala seperti yang telah disebutkan di atas, jangan langsung memberikan kesimpulan, bahwa gejala tersebut adalah gejala penyakit jantung, karena bisa saja yang terjadi gejala tersebut adalah gejala dari penyakit yang lainnya, yang hampir sama dengan gejala sakit jantung.

Melakukan penanganan dini adalah cara yang baik dan juga tepat, sehingga sangat dianjurkan sekali dapat mengetahui dan membaca gejala tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk yang membacanya, menjaga kesehatan adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Tags: , , ,

Related to: Waspadalah Ciri Penyakit Jantung Jangan Anggap Sepele Sebelum Terlambat