Ciri Hamil Sehat yang baik Anda Tahu

February 7, 2016

Kesehatan Ibu hamil dan bayi yang berada dalam kandungan harus-benar-benar diperhatikan selama masa kehamilan. Oleh karena itu, seorang wanita yang sedang hamil bukan hanya memikirkan kesehatan dirinya, tetapi juga bayi yang berada dalam kandungan. Kehamilan membutuhkan perempuan yang sehat, yang meliputi sehat secara fisik, tidak memiliki berat badan yang kurang atau berlebih dan diet gizi seimbang serta menjalani olahraga teratur.  Jika wanita hamil mengalami kesehatan yang baik, maka akan menghindari resiko terjadinya gangguan kehamilan dan penyakit kronis.

Ciri hamil yang sehat

Ciri Hamil Yang Sehat

  • Gula darah dan tekanan darah normal

Tekanan darah dan gula darah memang mengalami kenaikan pada masa kehamilan.  Namun tidak mengalami lonjakan intens yang terlalu tinggi. Tekanan darah dan kadar gula darah bisa menjadi indikator utama dari kehamilan sehat bila dipantau pada trimester yang berbeda.

  • Kondisi rahim dan plasenta

Kondisi plasenta  dan rahim harus tetap sehat sampai melahirkan untuk menjaga janin dalam rahim. Seharusnya plasenta melekat dengan baik pada dinding rahim, sebab jika tidak akan menyebabkan bayi lahir prematur atau terjadi keguguran.

Baca Juga  5 Tips Penting untuk Wanita Hamil yang Bekerja
  • Pertumbuhan janin

Pertumbuhan janin yang baik akan menentukan kesehatan bayi nantinya. Untuk mengetahuinya dapat dilakukan dengan memeriksa berat badan Ibu hamil secara rutin atau melalui pemeriksaan USG. Jika pertumbuhan janin kurang baik, ini bisa jadi pertanda kekurangan oksigen di dalam rahim sehingga mengakibatkan gangguan fungsi plasenta.

  • Berat badan selama hamil

Wanita hamil seharusnya berat badannya naik. Meski begitu, kenaikannya juga harus wajar. Naiknya berat badan yang berlebih pada wanita hamil dapat menjadi pemicu preeklamsia. Untuk wanita yang memiliki berat badan normal, sebaiknya peningkatan 13-15 kilogram selama kehamilan. Sedangkan untuk yang mengalami berat badan di atas normal, sebaiknya kenaikannya jangan terlalu besar. Lebih lanjut Anda bias membaca tips cantik dan sehat saat hamil.

  • Kadar hormon

Perempuan yang sedang hamil bisa menghasilkan progesteron lebih dari 400 mg, hal ini tentu lebih banyak dibanding orang yang tidak hamil. Hormon estrogen  dan progesteron mengatur endometrium untuk penempelan janin di rahim dan menjaga rahim dari kontraksi selama kehamilan. Hormon estrogen juga membantu membangun jaringan, dan membuat rahim lebih kuat.

  • Gerakan janin
Baca Juga  5 Hal Ini Dapat Menjadi Penyebab Bayi Lahir Prematur

Biasanya gerakan janin akan terasa ketika kehamilan memasuki usia enam hingga sepuluh minggu. Gerakan janin ini dapat memastikan bahwa janin baik-baik saja dan mendapat cukup oksigen.

Ciri hamil yang sehat di atas seharusnya ada pada wanita hamil. Jaga selalu kesehatan Anda agar buah hati dapat terlahir dengan sempurna.

Tags: , ,

Related to: Ciri Hamil Sehat yang baik Anda Tahu