Daftar Makanan Untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

January 25, 2015

Penyakit darah rendah di tandai dengan kepala pusing, lemah, lesu dan mudah depresi. Penyakit darah rendah yang dibiarkan terlalu lama akan mengganggu aktifitas dan menyebabkan penyakit lain menyerang tubuh. Bagi anda yang saat ini sedang menderita penyakit darah rendah, alangkah baiknya jika mengkonsumsi makanan untuk tekanan darah rendah berikut ini :

Makanan Untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

1. Kacang-Kacangan

Semua jenis kacang-kacangan seperti buncis, kacang hijau, kacang merah dan jenis kacang-kacangan lainnya merupakan makanan untuk tekanan darah rendah yang sehat untuk dikonsumsi setiap harinya. Kacang-kacangan tersebut akan membantu menaikkan tekanan darah rendah anda dengan lebih cepat.

2. Daging Ayam

Daging ayam tergolong dalam makanan untuk tekanan darah rendah karena mampu meningkatkan pembentukan sel darah merah. Mengkonsumsi daging ayam sebanyak 3 kali dalam seminggu akan membantu mengatasi penyakit darah rendah anda. Tapi sebelum mengkonsumsinya, buanglah terlebih dahulu bagian lemaknya agar terhindar dari penyakit kolesterol.

3. Gandum Dan Sereal

Makanan yang terbuat dari bahan dasar gandum dan juga sereal bisa dijadikan menu makanan untuk tekanan darah rendah, karena zat besi yang terkandung di dalam gandum dan sereal akan membantu memperbanyak produksi sel darah merah yang ada di dalam tubuh. Disamping itu, gandum dan juga sereal juga dapat menguatkan pembuluh darah.

Baca Juga  Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

4. Bayam

Bayam menjadi salah satu sayuran untuk tekanan darah rendah yang sehat karena di dalamnya terkandung kalium yang cukup tinggi. Selain kalium, bayam juga mengandung asam folat dan sodium. Semua nutrisi yang ada di dalam bayam tersebut akan membuat peredaran darah di dalam tubuh menjadi semakin lancar. Bayam juga bisa merangsang pembentukan sel darah merah menjadi lebih banyak, sehingga anda akan terhindar dari penyakit darah rendah.

5. Air Mineral

Air mineral yang anda konsumsi dalam jumlah yang cukup, yaitu minimal 8 gelas per hari akan membantu menghindarkan anda dari kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Kekurangan cairan dalam tubuh juga mempengaruhi tekanan darah.Semakin sedikit cairan dalam tubuh, semakin sedikit juga produksi sel darah merah di dalam tubuh.

6. Kopi

Tekanan darah rendah anda bisa meningkat dengan mengkonsumsi 1 hingga 2 gelas kopi setiap hari.

7. Lemak nabati

Makanan untuk tekanan darah rendah yang mengandung lemak nabati akan lebih baik dibandingkan dengan makanan yang mengandung lemak hewani. Karena lemak nabati akan lebih mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, lemak nabati juga tidak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Lemak nabati juga bisa digunakan untuk meningkatkan tekanan darah anda.

Baca Juga  10 Manfaat Daun Kelor Cek Yuk Obat Herbal Dengan Sejuta Khasiat

8. Garam

Untuk penderita tekanan darah rendah sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan untuk tekanan darah rendah yang banyak mengandung garam. Karena garam akan membantu pembentukan sel darah merah. Sehingga tekanan darah anda pun akan meningkat.

Selain dengan mengkonsumsi semua makanan untuk tekanan darah rendah di atas, anda juga harus mengimbanginya dengan olahraga teratur.

Tags:

Related to: Daftar Makanan Untuk Penderita Tekanan Darah Rendah