Dari Hasil Penelitian Beginilah Cara Membuat Anak Anda Cerdas

August 2, 2016

Setiap orang tua tentu sangat mendambakan memiliki buah hati yang cerdas. Banyak cara pasti akan dilakukan, mulai dari makanan yang diberikan sampai dengan memberikan pendidikan yang berkualitas baik bagi si anak.

Namun sebelumnya, sebenarnya ada hal yang amat penting yang perlu anda ketahui. Dari hasil penelitian yang menemukan bahwa untuk meningkatkan IQ anak, membuat memorinya kuat serta aktif sebenarnya dapat dilakukan dengan memberinya ASI.

minum-asi_20160730_154851

Penelitian yang diterbitkan melalui Journal of Pediatrics ini cukup menarik. Tim peneliti dari Brigham and Women’s Hospital melaporkan, seorang bayi yang tumbuh dan dibesarkan dengan susu formula memiliki niali buruk pada matematika, memori, IQ dan tes fungsi motorik pada usianya yang ke tujuh tahun jika dibandingkan dengan anak lain yang memperoleh ASI minimal enam bulan pertama kehidupannya.

Dari penelitian ini semakin menguatkan tenaga medis dalam mengkampanyekan pentingnya memberikan ASI kepada anak.

“Data kami mendukung setiap orang tua supaya mau memberikan ASI walaupun bayi lahir dalam kondisi prematur,” kata pemimpin penulis, Dr. Mandy Brown.

Baca Juga  Manfaat ASI Untuk Bayi Dan Ibu Yang Wajib Anda Ketahui

Pada studi ini, peneliti mempelajari bayi yang lahir sebelum 30 minggu kehamilan yang terdaftar di Victprian Infant Brain Studies Kohort 2001-2003.

Mereka menilai, dari beberapa bayi yang memperoleh ASI kemudian mereka mengukut volume otaknya menggunakan scan MRI pada enak bulan pertama serta di usia tujuh tahun. Begitu anak-anak tersebut sampai tujuh tahun, maka mereka akan menjalani serangkaian tes IQ, matematika, membaca, memori, fokus, bahasa, persepsi visual serta gerakan fisik.

Halnya sungguh manakjubkan, bayi yang memperoleh ASI jauh lebih cerdas jika dibandingkan dengan yang memperoleh susu formula pada enam bulan pertama kehidupannya.

“Banyak ibu serta bayi prematur mengalami kesulitan ketika memberikan ASI untuk bayi mereka. Tapi, kami akan bekerja keras agar memastikan ibu ini dapat memberikan sistem kekebalan terbaik serta memaksimalkan kecerdasan mereka,” ucap Belfort.

Meskipun demikian, peneliti mencatat keterbatasan pada penelitian ini, termasuk pada masalah onservasional. Sebab menurut peneliti, terdapat faktor lain juga yang dapat mempengaruhi seperti pendidikan si ibu serta keterlibatan ibu ketika merawat bayi.

Baca Juga  Bayi Prematur Dapat Lebih Pintar Apabila Di Beri ASI Selama Sebulan

Walau bagaimanapun, penelitian ini menunjukan asupan ASI bisa mempengaruhi struktur dan fungsi otak pada si anak demi masa depan yang cemerlang.

Tag : cara hasil anak
Tags: ,

Related to: Dari Hasil Penelitian Beginilah Cara Membuat Anak Anda Cerdas