Diet Sehat Turunkan Kolesterol Dengan Jeruk Nipis

November 12, 2016

Diet Sehat Turunkan Kolesterol Dengan Jeruk Nipis – Saat ini banyak orang yang mengalami masalah kesehatan karena disebakan oleh kadar kolesterol yang tinggi. Kolesterol yang tinggi adalah salah satu penyebab terjadinya penyakit serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular.

Untuk menurunkan kadar kolesterol dengan waktu yang cepat, seringkali obat-obatan yang terbuat bahan kimia menjadi solusi. Tetapi, efek samping yang disebabkan oleh obat-obatan yang terbuat bahan-bahan kimia tidak dapat dihindarkan, justru kelak akan menimbulkan masalah baru untuk kesehatan.

Sebenarnya ada beberapa cara yang aman dan juga efektif untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada dalam tubuh.

Cara ini tidak memiliki efek samping jangka panjang yang buruk untuk kesehatan, justru cara ini memiliki efek jangka panjang yang baik dalam mengedalikan kolesterol pada tubuh Anda, yaitu dengan cara berdiet dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Diet Sehat Turunkan Kolesterol

Sebelum Anda mengetahui bagaimana proses berdiet untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh Anda, ada baiknya Anda luangkan waktu sejenak untuk membaca dan memahami penjelasan di bawah ini, mengenai bagaimana kolesterol itu terbentuk di dalam tubuh Anda.

1. Kolesterol berasal dari mana?

Kolesterol Tinggi

Dari mana datangnya kolesterol ?

Sumber utama kolesterol dalam tubuh yaitu dari tubuh itu sendiri dan dari jenis makanan yang dikonsumsi. Semua hewan dapat memproduksi kolesterol mereka sendiri dari dalam tubuhnya, dan produk hewani adalah salah satu jenis makanan yang dikonsumsi manusia yang mengandung kolesterol secara alami.

Sedangkan pada hati manusia memproduksi kolesterol darah untuk melaksanakan fungsi-fungsinya yang bekerja di dalam tubuh. Dalam sebuah studi menunjukan, sebanyak 75% kolesterol dalam tubuh manusia berasal dari hasil produksi hati., sedangkan 25% lainnya berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Kolesterol yang bersumber dari makanan yang dikonsumsi disebut sebagai kolesterol makanan.  Sementara itu, kolesterol yang berasal dari produksi hati merupakan salah satu komponen penting untuk tubuh,

karena melaksanakan banyak fungsi dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung kolesterol berlebih, akan menyebabkan Anda terkena penyakit jantung.

2. Pentingnya menjaga kolesterol

Jika Anda mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung, sebenarnya tidak masalah hanya saja tidak mengkonsumsinya dengan berlebih, dan asal tidak dicampur dengan makanan yang mengandung lemak yang jenuh, karena itu akan menyebabkan masalah bagi kesehatan.

Jenis makanan yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuh Anda. Dalam hal ini berarti tubuh mendapatkan kolesterol tambahan, yang mengendap dalam arteri,

yang akhirnya dapat menyebabkan aliran darah normal menjadi terbatas, membuat arteri menjadi tersumbat, dan dapat mengakibatkan terjadinya penyakit stroke.

membuat arteri menjadi tersumbat

arteri menjadi tersumbat

Oleh karena itu, menjaga kadar  kolesterol yang sehat sangat penting , dengan menyeimbangkan diet kolesterol dan lemak jenuh yang terdapat di dalam makanan.

Menyeimbangkan diet merupakan langkah pertama Anda untuk dapat mencapai gaya hidup yang sehat dan pola makan yang sehat pula.

Langkah kedua yaitu dengan tetap menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh dengan cara melakukan latihan fisik yang rutin dan teratur.

3. Menu Diet yang Rendah Kolesterol

Mengubah pola makan Anda adalah cara yang tepat, agar dapat terhindar dari kemungkinan terkena penyakit jantung. Berikut ini adalah menu makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol :

Baca Juga  Manfaat Bekam Bagi Kesehatan
  • Buah dan sayuran
    Semua jenis buah dan sayuran adalah makanan yang sehat karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, tidak mengandung lemak yang jahat dan juga rendah kadar kalorinya.Selain rendah kalori, buah dan sayur adalah jenis makanan yang kaya serat, sehingga mampu untuk mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.
    Mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin dapat dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol, dan penyakit jantung juga stroke pun dapat menjauh.
  • Mengkonsumsi daging tanpa lemak
    Anda dapat memasukan daging tanpa lemak ke dalam daftar menu makanan rendah kolesterol Anda. Contoh daging tanpa lemak adalah kalkun, ayam, dan ikan. Jika Anda ingin mengkonsumsi jenis daging merah, usahakan dalam proses memasaknya dilakukan dengan benar dan juga khusus, agar dapat mengurangi kadar lemak dan kolesterol yang ada pada daging tersebut.
  • Padi-padian
    Sebisa mungkin Anda harus dapat menghindari produk dari tepung putih. Tepung putih memiliki tingkat karbohidrat yang cukup tinggi dan mengkonsumsi jenis makanan ini dapat menyebabkan kolesterol dalam tubuh menjadi meningkat. Pada biji-bijian diketahui memiliki kandungan serat makanan dan juga energi yang tinggi. Selain itu, yang dapat menurunkan kadar kolesterol adalah sereal biji-bijian, kacang-kacangan, roti cokelat, pasta, dan juga kentang.
  • Produk susu
    Produk susu-susu skim atau susu rendah lemak, saat ini sudah banyak ditemukan di pasaran. Susu adalah salah satu jenis makanan yang banyak dihindari oleh penderita kolesterol tinggi, padahal susu sangat bermanfaat untuk kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya penderita kolesterol harus tetap mengkonsumsi susu, hanya saja jenis susu yang berbeda, yaitu susu  yang rendah lemak.
  • Minyak dan lemak
    Jika Anda sudah mulai menjalani program diet kolesterol, maka hindari penggunaan minyak jenuh. Jenis minyak jenuh dapat Anda temui pada mentega, margarin,  dan jenis minyak yang memiliki kandungan lemak jenuh. Anda dapat  menggantinya dengan menggunakan minyak ikan untuk dikonsumsi sebanyak 3-4 kali dalam seminggun untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Gunakanlah minyak zaitun, jika Anda ingin membuat makanan dengan digoreng. Karna pada minya zaitun tidak terdapat kandungan minyak jenuh dan juga kaya akan polifenol, yaitu senyawa yang mampu mengurangi peradangan dan juga mengurangi resiko pembekuan darah dalam tubuh.

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Diet Sehat

Lemak adalah salah satu momok yang menakutkan juga membahayakan yang dapat mengakibatkan terjadinya berbagai gangguan dan masalah pada kesehatan.

Terjadinya penimbunan lemak pada tubuh akan membuat tubuh menjadi kegemukan atau mengalami obesitas, selain itu dapat menyebabkan terjadinya berbagai jenis penyakit kronis, seperti terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi, bahkan terjadi serangan jantung.

Dengan kondisi bobot tubuh yang berlebih karena tibunan lemak, sehingga membuat tubuh menjadi gemuk, dan akhirnya banyak orang dengan tubuh yang gemuk melakukan berbagai cara untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, seperti yang didambakan oleh kebanyakan orang yang gemuk.

Mulai dari melakuka olahraga yang ekstrim hingga mengkonsumsi obat pelangsing, yang memiliki efek samping yang dapat membahayakan kesehatan.

Baca Juga  Terapi Jus Untuk Asam Urat

Tanpa harus mengkonsumsi obat pelngsing, ada salah satu jenis buah yang dapat digunakan atau dikonsumsi untuk membantu membasmi lemak dalam tubuh, yaitu buah jeruk nipis.

Siapa yang dapat mengiranya, jika ternyata buah yang biasa digunakan untuk pelengkap berbagai jenis masakan ataupun buah yang biasakan digunakan untuk minuman jus, ternyata memiliki khasiat untuk mengurangi jumlah lemak jahat yang ada di dalam tubuh.

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang cukup besar, dan vitamin C merupakan aset terbesar yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu jeruk nipis juga memiliki kandungan antioksidan, juga memiliki kandungan polisakarida non pati atau disebut juga dengan serat makanan, dan kandungan lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu, jeruk nipis dapat digunakan untuk program diet yang sehat.

1. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Program Diet Sehat

perasan air jeruk nipis

perasan air jeruk nipis

Ambilah perasan air jeruk nipis, dan campurkanlah dengan segelas air hangat, lalu minumlah setiap pagi hari dengan rutin. Pada jeruk nipis memiliki kandungan zat kimia yang bernama limonin.

Limonin yang terdapat dalam jeruk nipis dapat berfungsi untuk mencegah sel-sel pada hati manusia dalam menghasilkan zat apo B.

Zat apo B adalah senyawa yang saling berkaitan atau berhubungan dengan kadar kolesterol yang terdapat di dalam tubuh. Apabila tubuh terlalu banyak memproduksi senyawa zat apo B, maka yang terjadi adalah kadar kolesterol di dalam tubuh menjadi meningkat.

Jika kadar kolesterol dalam tubuh meningkat atau berlebih, tentu menyebabkan terjadinya berbagai penyakit, seperti stroke dan penyakit jantung koroner.

Segelas air perasan jeruk nipis yang diminum dapat membantu dalam penghambatan produksi senyawa apo B, selain itu manfaat jeruk nipis memegang peranan yang cukup penting untuk melakukan program diet yang sehat.

2. Ramuan Jeruk Nipis Untuk Melakukan Diet Sehat

Anda dapat merasakan berbagai manfaat dari perasan air jeruk nipis, jika Anda mengkonsumsinya dengan teratur dan setiap hari.

Senyawa yang terdapat pada jeruk nipis, mampu menstimulasi kinerja usus, sehingga membuat lancar proses pencernaan dan terhindar dari masalah pencernaan.

Pada saat sedang melakukan buang air besar, maka secara bersamaan racun dan lemak yang terdapat di dalam tubuh pun akan ikut hancur melalui feses yang dikeluarkan.

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, sebaiknya hindari mengkonsumsi obat pelangsing, karena obat pelangsing memiliki efek samping yang dapat membahayakan kesehatan.

Juga hindari diet ekstrim, karena diet ekstrim adalah diet yang salah dan tidak dianjurkan, diet seperti itu akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Dalam beberapa penelitian telah membuktikan, bahwa jeruk nipis sangat baik digunakan untuk diet yang sehat.

Tags: , , , , , , , ,

Related to: Diet Sehat Turunkan Kolesterol Dengan Jeruk Nipis