Download Data Penelitian Kemenkes Secara Gratis Memudahkan Masyarakat

August 2, 2016

Download Data Penelitian Kementrian kesehatan (Kemenkes) – Sebuah informasi meskipun telah memasuki era keterbukaan informasi masih saja tetap sulit, apalagi bagi mahasiswa maupun masyarakat umum. Informasi mengenai penetian apalagi di sebuah kementerian tidaklah mudah. Sampai akhirnya tidak sedikit yang menggunakan data luar negeri untuk dijadikan referensi karena dinilai lebih mudah diakses dan juga diunduh.

Namun sekarang, sebagai langkah dan terobosan di era keterbukaan informasi publik, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) saat ini telah meluncurkan sebuah aplikasi dengan nama e-Riset. Hal ini dianggap penting seperti yang disampaikan oleh Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek.

Download Hasil Penelitian Kemenkes

Download Hasil Penelitian Kemenkes

“Saya kira hal ini bagus sekali, kita era digital, dan kedua data yang kita kumpulkan ada baiknya banyak orang lain mengetahui, sehingga sosialisasi menjadi lebih cepat dan juga akurat,” ujarnya pada peluncuran e-Riset di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Kuningan, Jakarta Selatan, tanggal 20 Juli 2016.

Menteri Kesehatan juga menjelaskan, peluncuran aplikasi ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan agar publik ikut serta mengawasi seluruh proses penelitan yang ada di Kementerian Kesehatan, termasuk plagiarism.

Baca Juga  6 Kesalahan dalam Melakukan Perawatan Kecantikan

“Tadi saya sekilas membaca tidak ada plagiat. Jadi itu betul-betul sebuah data yang dimiliki dan memang dapat diambil dan bisa disosialisasikan atau ingin digunakan lagi.”

Dengan adanya aplikasi ini tentu akan membuat dan mempermudah bagi siapapun seperti misalkan mahasiswa yang ingin melakukan riset, karena untuk melakukan riset di bidang kesehatan data yang dibutuhkan tentu harus memiliki sumber yang jelas dan tidak asal-asalan. Menteri Kesehatan sendiri mengaku bahwa aplikasi dan hal semacam inilah yang tentu dibutuhkan oleh mahasiswa maupun masyarakat umum.

“Ada data yang mesti diteliti lagi. Dan misalkan mau ujian S1, S2, S3 dapat dimanfaatkan. Ini merupakan mimpi saya ketika di fakultas,” tambahnya.

Aplikasi yang diluncurkan ini merupakan aplikasi e-riset yang memiliki semua hasil-hasil dan data semua penelitian dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), baik yang akan, sedang ataupun yang telah berjalan melalui tautan e-riset.litbang.kemkes.go.id, dan juga layanan data gratis dengan tautan devinfo.litbang.kemkes.go.id.

Related to: Download Data Penelitian Kemenkes Secara Gratis Memudahkan Masyarakat