Duduk Sering Merasa Gelisah dan Tidak Nyaman? Waspada Gejala Batu Ginjal

August 2, 2016

Saat duduk anda sering merasa gelisah dan juga merasa tidak nyaman, apalagi ditambah dengan rasa nyeri di bagian pinggang. Anda patut waspada. Pakar mengatakan hal tersebut bisa jadi merupakan gejala batu ginjal.

Salah satu dari beberapa gejala batu ginjal adalah rasa tidak nyaman dan bahkan rasa sakit yang berasal di bagian pinggang. Karena rasa sakit dan tidak nyaman ini biasanya akan membuat orang merasa sulit duduk dengan tenang. Hal itu disampaikan oleh dr Charles Martamba Hutasoit, SpU dari RS Siloam Kebon Jeruk.

a548f162374af164feae6b8eff545fde

“Bila batu ginjal bisa ada di ginjal, di saluran kencing atau berada di kandung kemihnya. Biasanya jika terdapat batu ginjal maka gejala awalnya pinggang akan terasa sakit, ketika duduk tidak enak kemudian disertai dengan gelisah dan lama kelamaan menjadi kolik atau rasa sakit,” ucap dr Charles, ketika pertemuan di RS Siloam Kebon Jeruk Jakarta pada hari Rabu (20/72016).

dr Charles menjelaskan bahwa adanya perbedaan rasa sakit pinggang pada penderita batu ginjal dengan sakit pinggang yang diakobatkan oleh masalah otot. Sakit pinggang yang diakibatkan dari gejala batu ginjal, perasaan nyeri atau rasa tidak nyaman ada setelah mengubah posisi duduk.

Baca Juga  Susu Kecoa Banyak Mengandung Protein Sebagai Minuman Manusia Masa Depan

“Berbeda dengan rasa nyeri karena sakit biasa maka setelah ganti posisi duduk maka akan hilang rasa sakitnya. Namun kalaurasa sakit pada batu ginjal maka rasa nyeri pinggang tidak hilang meskipun berganti posisi duduk seperti dimiringkan ke kiri, ke kanan dan lain-lain,” ucapnya.

dr Charles melanjutkan penjelsannya bahwa gejala batu ginjal akan muncul kapan saja dan biasanya pada usia di atas 45 tahun. Yang menyebabkan adanya batu ginjal yaitu dari endapan sisa metabolisme tubuh (urine) yang telah terkristalisasi dan mengeras sehingga membuatnya seperti mirip dengan batu.

Di samping sakit pinggang, ada beberapa gejala batu ginjal lainnya seperti ketika buang air kecil, kencing berdarah ataupun anyang-anyangan atau kecing tidak tuntas. dr Charles juga mengatakan bila gejala ini telah berlangsung beberapa hari, dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter.

“Setelah melakukan pemeriksaan maka akan diketahui penyebabnya serta jenis dari batu ginjal yang dialamai serta bagaimana metode pengobatannya, apakah cukup dengan obat atau harus dilakukan operasi,” jelasnya.

Baca Juga  Obat Hepatitis C : Penemuan Baru Untuk Menyembuhkannya

Di samping itu dr Johanus W Soelistyo, SpU RS Siloam Kebun Jeruk menambahkan salah satu teknik operasi yang dapat dilakukan bagi penderita batu ginjal yang cukup populer yaitu Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL). Dengan menggunakan gelombang kejut, upaya penghancuran batu ginjal agar menjadi pecahan kecil supaya dapat keluar melalui saluran kencing.

“Jadi ditembakkan dengan gelombang suara kejut ya. Kemudian batu hancur dan nanti dia keluar sendiri melalui kecing. Sehingga praktis tanpa pembedahan,” ungkapnya.

Tags:

Related to: Duduk Sering Merasa Gelisah dan Tidak Nyaman? Waspada Gejala Batu Ginjal